Berita : Trump Buat AS Terancam Shutdown

Wikimedan – Presiden Donald Trump kembali membuat Amerika Serikat (AS) terancam shutdown. Pemerintah akan terpaksa berhenti beroperasi jika senat tidak mendukung proposal pembangunan tembok permanen di perbatasan AS-Meksiko. Sebab, anggaran USD 5,7 miliar (Rp 83 triliun) itu sudah lolos di House of Representatives.

Kamis (20/12) House of Representatives mengegolkan proposal pembangunan tembok yang kontroversial itu. Mereka menyebut anggaran yang diajukan Trump tersebut sebagai anggaran jangka pendek. Kepada media, perwakilan House of Representatives menegaskan bahwa proposal itu terpaksa diloloskan untuk menghindari shutdown. Sebab, jika itu terjadi, pemerintah akan menanggung kerugian yang lebih besar.

”Sekarang terserah Chuck Schumer dan para senator Partai Demokrat lainnya,” ujar Kevin McCarthy, pemimpin kubu Republik di House of Representatives, seperti dilansir Reuters. Dia lantas meminta Demokrat mempertimbangkan masak-masak proposal itu. Sebab, jika mereka bersikeras menegakkan prinsip, pemerintahan akan berhenti beroperasi. Juga, AS gagal memperkuat perbatasan.

Kini Trump menyebut senat sebagai kunci. Dalam jumpa pers, dia mengatakan bahwa sukses tidaknya pembangunan tembok itu bergantung senat. Khususnya, para politikus Demokrat yang duduk di sana. ”Senator Mitch McConnell harus bertarung habis-habisan. Rakyat tidak ingin perbatasan terbuka dan angka kriminalitas meningkat,” ungkapnya.

Untuk meloloskan proposal Trump, 60 anggota senat harus menyatakan dukungan. Dari total 100 senator, 51 orang adalah politikus Republik. Karena itu, Republik butuh suara dari para senator Demokrat untuk mengegolkan anggaran jangka pendek tersebut.

Namun, Schumer bertahan pada prinsipnya. Politikus Demokrat itu akan melakukan segala cara agar proposal Trump tidak lolos. ”Semua tahu kalau anggaran itu tidak akan lolos di senat,” ujarnya. 

(bil/c10/hep)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/internasional/23/12/2018/trump-buat-as-terancam-shutdown

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *