Berita : Tiket Domestik lebih Mahal, Asita Kepri Khawatir Wisnus Keluar Negeri

Wikimedan – Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kepulauan Riau (Kepri) khawatir dengan mahalnya harga tiket penerbangan domestik. Kondisi ini, dinilai berbanding terbalik dengan rencana pemerintah menghadirkan gerak wisatawan nusantara (wisnus).

Mahalnya harga tiket pesawat untuk rute domestik dari pada rute luar ke negeri, khususnya negara tetangga baik itu Malaysia; Singapura; Thailand; dan negara Asean lain, dikhawatirkan memberi dampak pada arus wisnus keluar negeri. Dengan pertimbangan harga yang lebih murah, wisnus juga akan merasa mendapatkan kebanggaan tersendiri dengan bisa bepergian keluar negeri.

Pihak maskapai, kata Ketua DPD Asita Kepri Andika Lim, memiliki peran penting dalam mendukung pemerintah. Seharusnya istilah Low-Cost Carrier (LCC) bisa benar-benar terwujud dalam murahnya harga tiket yang menyentuh ambang batas bawah.

“Kami berharap pihak airline mempertimbangkan kembali. Kalau itu LCC, harus harga Low-Cost Carrier. Untuk sekarang itu kurang fair untuk penumpang,” kata Andika ketika ditemui di Batam Centre, Batam, Jumat (11/1).

Apa yang terjadi sekarang lanjutnya, justru kontra produktif dengan agenda besar Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dimana dorongan bagi tiap-tiap daerah untuk menghadirkan penerbangan murah untuk wisatawan tidak terlihat nyata.

Sebagai perbandingan, untuk penerbangan Batam-Jakarta dengan jadwal penerbangan pada 15 Januari 2019 ini, berada di angka di atas Rp 1 juta. Sementara penerbangan dari Batam-Kuala Lumpur, Malaysia, di hari yang sama justru lebih murah, tepatnya Rp 767 ribu.

Apa yang berlaku di bulan pertama 2019 ini, kata Andika, akan mengganggu target Kemenpar untuk menghadirkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan lebih banyak lagi mobilitas Wisnus di berbagai daerah.

Belum lagi dengan kehebohan yang ditimbulkan atas rencana kebijakan berbayar bagi bagasi penumpang pesawat dari maskapai Lion Air yang efeknya sudah dirasakan pengusaha oleh-oleh di daerah.
Editor           : Budi Warsito
Reporter      : Bobi Bani

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://jawapos.com/jpg-today/11/01/2019/tiket-domestik-lebih-mahal-asita-kepri-khawatir-wisnus-keluar-negeri

Komentar
Loading...

Please rate this

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *