Berita : Misteri Dentuman Keras Terungkap, Berasal dari Gunung Anak Krakatau

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Suara dentuman yang terjadi di beberapa daerah di Sumsel kini mulai terungkap. Suara tersebut berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Suwarno membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya memang dentuman suara akibat erupsi itu sangat besar. Sehingga, bukan tidak mungkin terdengar sampai ke Sumsel terlebih lagi arah angin menuju ke Timur.

“Jadi kemungkinan suara dentuman nya sampai kesana dibawa oleh angin,” katanya saat dihubungi, Rabu (26/12).

Ia mengaku kondisi gunung api anak krakatau ini menyebabkan getaran. Bahkan, terjadi hujan petir di sekitara gunung tersebut. Meskipun begitu, dirinya mengaku tidak mencatat besaran getaran karena getaran dicatat oleh BMKG.

Saat ini, ia mengaku erupsi terus terjadi di Gunung Api Anak Krakatau ini. Bahkan, skala waktunya setiap 30 detik hingga dua menit sekali. “Erupsi ini terus terjadi sejak bulan Mei lalu hingga saat ini,” terangnya. 

Disinggung potensi terburuk bagi Sumsel akibat erupsi tersebut, dirinya menambahkan jika Sumsel apalagi Palembang memiliki jarak cukup jauh.

Namun, jika hujan tidak terjadi maka potensi debu dapat terbawa sampai Palembang akibat terbawa angin. Karena itu, dirinya mengimbau jika debu telah sampai Palembang maka masyarakat diharapkan memakai masker.

“Kalau dampak getaran itu jauh dan tidak sampai pada Palembang, Sumsel,” tutupnya.

Seperti diketahui, video berdurasi 40 detik yang tersebar di Instagram mendadak heboh. Pasalnya, video tersebut merekam suara dentuman yang terdengar di langit.

Berdasarkan informasi, kejadian tersebut terjadi pada Senin malam (24/12). Suara tersebut terdengar di beberapa daerah seperti di Ogan Komering Ulu (OKU), Palembang dan beberapa daerah lainnya di Sumsel.

Suara tersebut disertai kilatan dari langit dan terdengar cukup besar. Sehingga, membuat masyarakat terutama di OKU cukup histeris.Salah satu saksi, Irwan, 35, mengatakan jika dentuman tersebut terjadi sejak Sabtu hingga Selasa malam. Dentuman ini terdengar di malam hari, pagi bahkan siang hari dengan skala yang berbeda-beda.

“Kalau Senin itu bunyinyo duo kali, kalau Selasa itu terdengar tiga kali,” katanya saat ditemui, Rabu (26/12).

Warga pun mengira jika ada TNI latihan perang, bahkan ada yang menyangka jika ada mesin yang meledak. Ternyata dugaan tersebut tidak benar. “Jadi warga pun ketakutan kalau dengar dentuman tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, warga Palembang, Herman, 30, juga mengaku mendengar suara dentuman tersebut. Suara tersebut terdengar pada pukul 01.00 WIB. Ia mengira jika suara tersebut suara ban pecah. Namun, suara dentuman kembali terdengar tak lama berselang dentuman pertama.

“Saya dengar hampir dua kali bunyi dentuman tersebut,” singkatnya.

(lim/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/26/12/2018/misteri-dentuman-keras-terungkap-berasal-dari-gunung-anak-krakatau

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *