Berita : Menkumham Yasonna: Hoaks Puluhan Juta Warga Asing Serbu Indonesia

Wikimedan – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menepis kabar yang menyebutkan Indonesia diserbu oleh puluhan juta orang asing tahun 2018 ini. Menurutnya, kabar itu merupakan kabar bohong alias hoaks.

Saat ini kata Yasonna, terdapat sekitar 20,6 juta orang Indonesia yang keluar wilayah Indonesia sepanjang 2016. Malah, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan arus warga negara asing yang memasuki wilayah Indonesia sejumlah 19,9 juta pada 2018.

“Yang keluar lebih banyak daripada yang masuk. Jadi kalau ada yang menyebut puluhan juta orang asing serbu Indonesia itu hoaks, hoaks yang menakut-nakuti,” ucap Yasonna di Kemenkumham, Jakarta, Kamis (27/12).

Yasonna menegaskan, bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi adalah instansi paling kredibel yang mencatat keluar masuknya individu di wilayah Indonesia.

Kendati demikian, Yasonna mengakui masih ada jalur-jalur ilegal yang digunakan untuk keluar masuk. Namun dia menilai jumlahnya tidak banyak dan digunakan oleh warga Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri.

“Ada lubang-lubang tikus, tapi jumlahnya hanya beberapa dan digunakan oleh TKI kita yang ke Malaysia lewat Sarawak, ke Singapura melalui Batam,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sepanjang 2018 Kemenkumham telah menunda penerbitan paspor bagi WNI sebanyak 5.785 karena diduga akan menjadi tenaga kerja non prosedural.

Selain itu, administrasi keimigrasian telah menerbitkan izin tinggal untuk orang asing sebanyak 395.858. Jumlah tersebut terdiri dari 250.407 izin kunjungan, 2.836 izin tinggal terbatas, dan 142.615 izin tinggal tetap.

(ipp/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/hukum-kriminal/27/12/2018/menkumham-yasonna-hoaks-puluhan-juta-warga-asing-serbu-indonesia

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *