Berita : Kurangi Penyebaran Hoax Jelang Pilpres, WhatsApp Rilis Fitur Baru

Wikimedan – Platform instan messaging WhatsApp merilis fitur baru. Fitur tersebut adalah Forwarding Limit yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran hoax di WhatsApp melalui metode pesan berantai atau broadcast jelang pemilihan presiden (Pilpres).

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand menjelaskan, terkait dengan tahun politik, yang juga membawa dampak persaingan yang panas antar pendukung masing-masing pasangan calon. ” WhatsApp sudah melakukan serangkaian inisiatif menghadapi pilpres. Salah satunya adalah dengan fitur Forwarding Limit,” katanya di konferensi pers di Jakarta, Senin (21/1).

Menurut dia, fitur tersebut akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu atau hoax (PIxabay)

Lebih jauh, dirinya menyebut fitur tersebut dirilis sebagai upaya WhatsApp mengurangi viralnya pesan yang beredar di WhatsApp. “Caranya dengan fitur Forwarding Limit. Jadi forward atau teruskan pesan dikurangi. Satu pengguna hanya dapat meneruskan atau memforward lima pesan yang sama ke kontak mereka,” jelasnya.

Menurut dia, fitur tersebut akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu atau hoax. Sebab penyebaran informasinya dibatasi dengan Forwarding Limit. Inisiatif ini juga akan membawa dampak positif dan platform WhatsApp akan semakin aman lagi.

Sekadar informasi, fitur serupa sebelumnya sudah dikenalkan WhatsApp di India. Sejak dikenalkan di Negeri Gangga itu, pihaknya menyebut terdapat penurunan perilaku meneruskan pesan hingga 25 persen. Hal tersebut juga berdampak kepada penerusan hoax yang beredar di WhatsApp.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Urusan Publik WhatsApp, Carl Woog menyebut, untuk fitur pembatasan penerusan pesan, pengguna bisa melakukan update WhatsApp. “Jika sudah, sejak minggu ini harusnya sudah berlaku fitur Forwarding Limit,” katanya.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Rian Alfianto

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/teknologi/21/01/2019/kurangi-penyebaran-hoax-jelang-pilpres-whatsapp-rilis-fitur-baru

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *