Berita : Irham Ajak Wasit Liga 2 Berani Jadi Whistle Blower Match Fixing

Wikimedan– Muhammad Irham, wasit Liga 2 kompetisi Liga Indonesia Baru musim 2018 mengajak rekan-rekan seprofesinya untuk berani menjadi whistle blower. Dia berpesan agar para pengadil lapangan hijau berani menyuarakan perlakuan intimidasi dan ancaman dari oknum-oknum pelaku match fixing.

“Kami mengimbau rekan wasit di seluruh Indonesia, demi kompetisi di level nasional dan internasional. Mari dibuka semuanya, agar kompetisi semakin baik,” tegas Irha  seusai memberikan keterangan di Mapolda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Kamis (10/1).

Satgas Antimafia Bola telah dibentuk oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Beberapa orang yang terindikasi terlibat dalam match fixing juga sudah diamankan oleh tim Satgas.

Irham melanjutkan, langkah Satgas itu merupakan momentum yang telah ditunggu-tunggu. Demi kompetisi berjalan normal dan kondusif. “Kami menantikan adanya hari seperti ini, agar semua pelaku sepak bola membenahi,” ucapnya.

Kuasa hukum Irham, Taufiqurrahman membeberkan, intimidasi dan ancaman yang diberikan pihak tertentu membuat wasit dan perangkat pertandingan tak bisa leluasa bertugas. “Bahkan sejak Liga (Liga 2 musim 2018) itu bergulir, praktik itu sudah berjalan,” bebernya.

Dampak dari praktik tersebut adalah hasil pertandingan yang sama sekali tidak memenuhi unsur sportivitas. Mayoritas klub di Liga 2, lanjut Taufiqurrahman, terlibat match fixing. “Jelas mempengaruhi hasil pertandingan,” lanjutnya.

Sementara itu, Dirrreskrimum Polda DIJ Kombespol Hadi Utomo mengatakan, pihaknya tak bisa mengungkapkan terlalu banyak mengenai pemeriksaan penyidik terhadap Muhammad Irham. Sebab, penyelidikan itu merupakan ranah dari pusat, yakni Satgas Antimafia Bola.

“Polda DIJ hanya selaku Satgas Wil saja. Pak Krishna (Wakil Ketua Satgas Antimafia Bola Brigjen Pol Krishna Murti, Red) memberikan asistensi kepada kami di Satgas Wil untuk melakukan pemeriksaan. Kebetulan ada beberapa orang yang diperiksa di Polda ini,” ucapnya.
Editor           : Dida Tenola
Reporter      : Ridho Hidayat

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/10/01/2019/irham-ajak-wasit-liga-2-berani-jadi-whistle-blower-match-fixing

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *