Berita : Debat Pilpres, Sandi: Masalah HAM Bagian dari Politisasi

Wikimedan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menentukan jadwal untuk debat Pilpres. Setidaknya akan ada lima kali debat Pilpres yang melibatkan dua pasangan calon. Jadwal debat pertama rencananya akan diadakan pada 17 Januari mendatang. 

Menghadapi agenda debat yang sudah dijadwalkan tersebut, Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sudah sangat siap untuk mengikutinya. Dirinya sudah melakukan persiapan untuk materi debat yang meliputi masalah hukum dan HAM, terorisme dan juga kasus korupsi.

“Kita akan mengupas dari persepsi Indonesia adil makmur, Pak Prabowo sudah 20 tahun lebih dipermasalahkan dengan hal yang sama,” urainya kepada Wikimedan saat melakukan safari politik di Solo, Minggu (30/12). 

Meski begitu, Sandi menegaskan, pihaknya akan dengan tulus ikhlas menanggapinya. Mengingat hal tersebut sebagai bagian dari politisasi. “Kasus-kasus itu sudah lebih dari lima presiden yang berkesempatan untuk memprosesnya,” ucap Sandi.

Sementara itu, Direktur Materi Debat dan Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said mengungkapkan, bahwa tema debat mengenai masalah HAM menjadi isu yang terus diulang-ulang. Dan selama ini isu tersebut tidak pernah terbukti secara hukum. “Itu adalah isu musiman, dan orang sekarang mulai bicara,” ucapnya.

Sudirman Said justru membandingkan kasus pelanggaran HAM yang dikaitkan dengan Prabowo dengan yang menimpa salah satu penyidik handal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Menurutnya, pelanggaran HAM yang terjadi saat ini justru lebih parah dibandingkan dengan dulu.

“Seorang penyidik handal yang disiram air keras, matanya cacat separo, di depan orang-orang dikatakan mengetahui tetapi sampai sekarang tidak terbuka. Itu dari sisi pembiaran lebih parah mana,” tanyanya.

(apl/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/30/12/2018/debat-pilpres-sandi-masalah-ham-bagian-dari-politisasi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *