Berita : Blusukan, Jokowi Bisa Menggerus Suara Prabowo di Ranah Minang

Wikimedan – Sejak kalah telak di Pilpres 2014 silam, Sumatera Barat (Sumbar) disebut-sebut sebagai ‘zona merah’ oleh tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf menuju kursi Pilpres April mendatang. Sebab, Prabowo-Hatta kala itu unggul hampir 80 persen dari pasangan Jokowi-JK.

Pengamat Politik Sumbar Elva Rona menyebutkan, Prabowo memiliki karisma yang mampu memikat warga Sumbar dan menjadi idola di tanah Minangkabau. Buktinya, capres nomor urut 02 itu mampu mengantongi kemenangan 77 persen saat berhadapan dengan Jokowi pada Pilpres 2014 silam.

“Tapi, jika Prabowo (tim) tidak mempersiapkan diri dengan pendekatan-pendekatan yang lebih baik di Ranah Minang, bisa jadi kantong suara dan pendukungnya melemah. Apalagi, Sumbar diprediksikan menjadi fokus utama tim pemenangan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin,” kata Rona, Senin (14/1).

Pengajar Universitas Andalas (Unand) itu menerangkan, Jokowi acap kali mendatangi dan blusukan ke wilayah Sumbar sejak dilantik menjadi Presiden. Sedangkan Prabowo jarang datang ke Sumbar, kecuali saat meramaikan kampanye paslon Cagub-Cawagub Irwan Prayitno-Nasrul Abit pada 2015 silam.

Keadaan ini pun dinilai mampu mempengaruhi dukungan pemilih di Sumbar. “Saya melihat, Jokowi tengah berupaya meraih kemenangan besar di Pilpres 2019. Salah satunya dengan upaya menaklukkan lumbung suara Prabowo Subianto di Pilpres 2014,” katanya.

Tak hanya soal rajin datang ke Sumbar, lanjut dosen Ilmu Komunikasi itu, beberapa kepala daerah juga telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf. Apalagi, partai politik (parpol) Golkar yang menjadi jawara pada Pemilu 2014 di Sumbar juga jor-joran turun untuk memenangkan Jokowi.

Hanya saja, sebut Rona, dukungan kepala daerah dan parpol tersebut tidak bisa dibuktikan sebelum keluarnya hasil Pemilu. Namun, kondisi dukungan itu diprediksi cukup mempengaruhi hasil perolehan suara.

“Faktor religius menjadi penentuan sikap masyarakat Minang dalam memilih pemimpin,” tutup Doktor Komunikasi itu.
Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Riki Chandra

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/14/01/2019/blusukan-jokowi-bisa-menggerus-suara-prabowo-di-ranah-minang

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *