Berikut Keuntungan Network Switch Serta Tipe- Tipe Nya

Daftar Indodax

Wikimedan – Berikut Keuntungan Network Switch Serta Tipe- Tipe Nya.  Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Apalagi di dalam suatu organisasi yang terstruktur dengan jaringan yang luas, seperti contoh perusahaan. Di dalam peruahaan tentunya terdapat banyak data yang harus disimpan, dilindungi dan di arsipkan menjadi beberapa kelompok. Sebelumnya mari kita jabarkan sedikit informasi mengenai pengertian switch hub.

Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data . Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub . Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi Hub adalah 100 Mbps . Sementara Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps . Bahkan ada yang hampir mendekati kecepatan 1Gbps . Perbedaan Switch dan Hub juga terletak di tempat keduanya  bekerja . Switch bekerja pada Layer 2 dan Layer 3 . Sementara Hub bekerja pada Layer 1 . Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ) . Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima . Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain .

Hub

Hub adalah bentuk sederhana dari Switch . Hub digunakan untuk jaringan sederhana . Cara kerja Hub adalah menyalin paket data dari sumber yang terkoneksi pada suatu port dan mentransferkannya ke seluruh port yang tersambung pada Hub . Saat ini Hub sudah mulai ditinggalkan karena berbagai kelemahan seperti jangkauan , kecepatan transfer data , dan resiko loss data , yang membuat Switch lebih diminati.

Salah satu brand yang cukup terkenal adalah Alcatel-Lucent Enterprise. Keuntungan Network Switch dalam penggunaannya sangatlah besar. Alat satu ini berdasarkan OSI Model dijalankan untuk menerima dan mengirimkan data dari layer 2. Oleh sebab itu, Switch memiliki peranan yang sangat penting untukmendukung berjalannya sebuah jaringan komputer.

Network switch memiliki beberapa jenis yang beragam yang nantinya akan di sesuaikan dengan penggunaannya. Salah satu jenis pembagiannnya adalah di dasarlan denga jenis konfigurasinya yang di gunakan untuk menginstal serta menjalankan network switch.

Tipe- tipe network switch bedasarkan konfigurasinya terdapat managed switch, unmanaged switch, enterprise managed switch, dan smart switch. Dari beberapa jenis tersebut, jenis network switch yang paling sering digunakan adalah unmanaged switch. Secara umumnya, jenis network switch yang satu ini di jalankan tanpa konfigurasi yang rumit.

Namun demikian hal ini juga memiliki kekurangan, tipe satu ini memiliki keterbatasan dalam kapasitas jaringan serta fitur nya disamping tipe nya yang mudah di operasikan karena tidak adanya konfigurasi yang rumit tadi. Oleh karena itu, network switch tipe satu ini, biasa di gunakan oleh perusahaan yang berskala kecil. Kelebihan lainnya lagi adalah unmanaged switch memiliki harga yang relatif terjangkau di bandingkan network switch tipe lain. Sementara itu, tipe lain switch yaitu managed switch, merupakan tipe yang harus dijalankan dengan menggunakan konfigurasi.

Tipe kali ini memiliki beberapa macam bagian, seperti CLI (line interface) dan SNMP (Simple Network Management Protocol). Keuntungan Network Switch tipe satu ini adalah ada pada kapasitas jaringannya. Kapasitas jaringan dari managed switch terhitung lumayan besar, dengan fitur yang lebih lengkap, serta dilengkapi keamanan yang lebih baik.

Disamping itu, berdasarkan konfigurasinya Network Switch memiliki sub kategori, yaitu enterprise managed switch dan smart switch. Smart switch sendiri merupakan bagian dari managed switch yang memiliki beberapa batasan dalam fiturnya. Network Switch satu ini memiliki sedikit konfigurasi dasar walaupun tidak mempunyai akses CLI. Hal ini menjadikan kapasitasnya kebih besar daripada unmanaged switch.

Harga dari tipe satu ini juga relatif murah ketimbang managed switch. Sementara itu, tipe nya yang satu lagi adalah enterprise managed. Enterprise managed switch merupakan sebuah inovasi dari managed switch yang mana memiliki fitur yang terilang lebih lengkap dari pada managed switch pada umumnya.

Tipe satu ini memiliki akses terhadap SNMP, CLI, dan web interface. Kebanyakan tipe satu ini digunakan pada sebuah institusi atau perusahaan yang memiliki kapasitas jarigan yan sangat besar serta mebutuhkan koneksi yang tepat. Itu lah tipe-tipe yang dimiliki oleh Network Switch. Para pengguna bisa mendapatkan keuntungan netwok switch sesuai dengan tipe yang di butuhkan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *