Berapa Lama Akan Sembuh Setelah Operasi Gigi Geraham Bungsu?

Pasang Iklan Disini

Biasanya, gigi geraham ketiga atau bungsu, yang terletak di paling ujung, akan tumbuh di usia 17-24 tahun. Tak jarang, pertumbuhan gigi bungsu ini tidak normal sehingga menyebabkan impaksi gigi. Kalau sudah begini, Anda harus melakukan operasi gigi geraham bungsu untuk mengobatinya. Kira-kira, butuh waktu berapa lama sampai kondisi tersebut kembali normal, ya?

Berapa lama proses penyembuhan operasi gigi geraham bungsu?

Tumbuhnya gigi geraham bungsu sebenarnya sangat wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Namun, terkadang gigi geraham ini tumbuh ke arah yang salah atau malah terjebak di dalam gusi sehingga sulit keluar. Nah, satu-satunya jalan keluar yang harus ditempuh yakni dengan melakukan operasi gigi geraham bungsu.

Setelah operasi selesai, butuh waktu kurang lebih 2 minggu sampai kondisi gigi Anda kembali pulih seutuhnya. Umumnya, operasi gigi geraham bungsu akan menimbulkan memar, nyeri, dan pembengkakan pada gusi.

Tahapan penyembuhan setelah operasi gigi geraham bungsu, yaitu:

  • 1 hari: terjadi pembekuan darah
  • 2-3 hari: pembengkakan pada mulut dan pipi mulai membaik
  • 7 hari: kontrol untuk melihat kembali kondisi bekas operasi
  • 7-10 hari: rahang yang kaku dan nyeri mulai pulih
  • 14 hari: segala keluhan terkait luka pasca operasi biasanya telah sembuh

Proses penyembuhan tersebut bukanlah patokan mutlak. Masing-masing orang punya waktu pemulihan yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan impaksi gigi atau luka pasca operasi yang dialaminya.

Jika ternyata luka mengalami infeksi, atau ada masalah dengan proses penggumpalan darah, tentu waktu pemulihan bisa lebih lama.

abses gigi

Apa saja yang harus dihindari pasca operasi gigi geraham?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang sebaiknya dihindari guna mempercepat proses penyembuhan setelah operasi gigi geraham:

  • Jangan menyikat gigi pada bagian gigi yang baru saja dioperasi
  • Jangan berkumur untuk sementara waktu
  • Jangan minum minuman panas
  • Jangan makan makanan yang keras
  • Jangan minum pakai sedotan, merokok, dan minum alkohol setidaknya selama 24 jam setelah operasi

Jika setelah operasi gigi geraham, bengkak dan rasa nyeri pada gusi tak kunjung hilang, bisa jadi Anda mengalami infeksi. Apalagi jika Anda juga mengalami demam. Maka itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *