Begini Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Supaya Kulit Tidak Gosong

Pasang Iklan Disini

[ad_1]

Hidup di Indonesia yang beriklim tropis membuat kita harus lebih giat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen (tabir surya). Jika tidak, kulit akan mudah gosong karena terbakar dan lebih cepat menua. Namun demikian, cara pakai sunscreen yang keliru malah tidak akan efektif melindungi kulit. Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara memakai sunscreen yang tepat.

Cara memakai sunscreen yang benar

Sunscreen adalah tabir surya yang bertekstur lebih ringan dan tipis, serta tidak meninggalkan bekas warna keputihan (whitecast) layaknya sunblock. Krim sunscreen bekerja seperti spons yang akan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah terlanjut masuk ke dalam kulit.

Berbeda dengan sunblock yang bekerja langsung begitu selesai dioleskan, sunscreen butuh waktu sekitar 20 menit untuk dapat benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum bekerja melindungi kulit. Sunscreen juga harus sering-sering dioleskan kembali.

Nah ketika akan membeli dan memakai sunscreen, perhatikan dulu kandungan SPF yang tertera di kemasan. Pilih sunscreen yang memiliki minimal SPF 30. Sunscreen ber-SPF minimal 30 dapat menghalagi 97% sinar UVB si penyebab kulit gosong dan terbakar.

Akan lebih baik lagi jika sunscreen Anda juga memberikan perlindungan dari sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Perhatikan kemasan yang tertera. Perlindungan terhadap UVA ditandai dengan PA+, PA++, PA+++.

menggunakan sunscreen

Lalu bagaimana cara memakai sunscreen yang benar? Berikut langkah-langkahnya.

  • Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan. Karena kulit membutuhkan waktu untuk menyerap sunscreen. Jadi jika Anda baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas keluar rumah atau saat berada di bawah sinar matahari, kulit Anda tidak akan mendapatkan perlindungan apa pun dan berisiko terbakar matahari.
  • Kocok sebelum Anda menekan sunscreen keluar. Ini berguna untuk mencampur semua partikel secara merata dalam wadah.
  • Tuangkan sunscreen sesuai kebutuhan kulit Anda. Jangan terlalu sedikit. Biasanya orang dewasa menggunakan sekitar satu ons sunscreen (sekitar 1 cangkir takar obat sirup) untuk dioles seluruh tubuh.
  • Oleskan merata ke seluruh bagian tubuh yang akan terkena sinar matahari. Ini termasuk area yang sering diabaikan seperti punggung, telinga, serta di belakang lutut dan kaki Anda.
  • Oleskan sunscreen beberapa kali dalam sehari. Meski Anda sudah memakainya dari rumah, tapi Anda perlu mengoleskannya kembali. Karena tidak ada sunscreen yang 100% melindungi kulit dari sinar matahari meskipun Anda menggunakan SPF tinggi. Sunscreen akan luntur atau hilang saat Anda berkeringat dan jika terkena air. Karena itu, sebaiknya oleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali.
  • Gunakan sunscreen setiap kali Anda akan keluar rumah, tidak peduli pada cuaca di luar. Meski sinar UVB melemah saat musim hujan, namun sinar UVA menjadi lebih kuat. Baik sinar UVA dan UVB sama-sama dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan sel akibat sinar matahari. Oleh sebab itu, Anda tetap harus menggunakan sunscreen meskipun di musim hujan atau ketika mendung. Memakai sunscreen juga berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga:



[ad_2]

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *