Banyak ATM Berguguran di RI, Bank Sudah Punya Penggantinya

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Banyak ATM Berguguran di RI, Bank Sudah Punya Penggantinya. Popularitas mesin ATM sebagai ‘pintu’ transaksi keuangan kian menurun di Indonesia. Hal ini terungkap dari laporan terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertajuk ‘Laporan Surveillance Perbankan Indonesia’.

Dalam laporan tersebut, tertera jumlah bank umum konvensional (BUK) di Indonesia berkurang 4.676 unit pada triwulan IV-2023 menjadi 115.539.

Dari jumlah tersebut, jaringan kantor terbanyak didominasi oleh terminal perbankan elektronik (ATM/CDM/CRM), yakni 91.412 unit.

Jumlah itu sejatinya sudah menyusut 1.417 unit dari setahun sebelumnya sebanyak 92.829 unit.

Pengamat Perbankan & Praktisi Sistem Pembayaran Arianto Muditomo mengatakan tren penurunan jumlah jaringan kantor bank dan ATM tak hanya terjadi di Indonesia.

Arianto mengatakan penyebabnya bisa diamati dari beberapa sudut pandang. Salah satunya karena adopsi layanan digital yang kian ramai.

“Kenyataan bahwa transaksi telah bergeser ke layanan digital (mobile banking dan app) yang mudah digunakan dan mudah diakses dari beragam tempat pilihan nasabah,” kata Arianto saat dihubungi CNBC Indonesia beberapa saat lalu.

Lebih lanjut, Arianto mengatakan biaya investasi dan perawatan mesin ATM relatif tinggi. Di saat bersamaan, nasabah memiliki kebiasaan baru dalam melakukan transaksi via mobile banking dan mobile apps.

Meski demikian, Arianto mengatakan penting untuk dicatat bahwa ATM masih tetap menjadi layanan penting bagi banyak nasabah, terutama di daerah yang belum memiliki akses internet yang memadai.

Oleh karena itu, ia mengatakan bank perlu terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan nasabah. Menurutnya, bank tetap perlu menyediakan layanan ATM yang aman, mudah diakses, dan memenuhi kebutuhan nasabah di era digital ini.

“Pada saatnya nanti akan ditemukan kesetimbangan baru atas penhgguna layanan digital penuh, ATM dan gerai cabang fisik,” Arianto menuturkan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *