Bahan Alami Ini Bisa Atasi Rambut Rontok

Salah satu permasalahan rambut yang biasa dialami adalah rontok. Penyebab rambut rontok sangat bervariasi, dari yang paling sederhana seperti kekurangan vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks, yaitu tanda dan gejala dari suatu penyakit.

Kamu mau tahu gak sih bagaimana cara mengatasi rambut rontok? Ternyata, banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok, lho! Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Lidah Buaya

Tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam ini dapat digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Berbagai masalah rambut dapat teratasi dengan menggunakan lidah buaya seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan dapat memanjangkan rambut. Cara memakainya yaitu, kupas kulit lidah buaya dan cuci hingga bersih, kemudian aplikasikan lidah buaya pada rambut yang sudah dibersihkan dari kotoran dan sisa rambut rontok. Diamkan beberapa saat dan bilas rambut hingga bersih.

2. Minyak Kelapa

Tak hanya untuk perawatan kulit yang kering, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa mengandung trigliserida, molekul lemak yang sifatnya mirip minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut dan melindunginya dari kerusakan. Manfaatnya untuk pertumbuhan rambut bervariasi, dari sekadar meredakan kerontokan dan kerusakan, hingga benar-benar memicu rambut untuk tumbuh kembali pada bagian kulit kepala di mana folikel rambut menghentikan fungsi alaminya. Caranya, aplikasikan minyak kelapa di kulit kepala menggunakan jari-jarimu setelah membasahi rambut. Pijat kulit kepala selama sekitar tiga menit agar minyak terserap dan memicu pertumbuhan rambut. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa ini sebagai kondisioner. Kandungan proteinnya yang tinggi baik untuk melembabkan dan menurunkan risiko kerusakan rambut seperti rambut yang pecah-pecah atau bercabang.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak penumbuh rambut alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut beruban, dan rambut rontok. Kandungan nutrisi minyak zaitun seperti vitamin K, vitamin E, lemak dan sedikit zat besi sangat berguna untuk cara memakai minyak zaitun untuk rambut. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan minyak zaitun untuk rambut adalah dengan membersihkan rambut dari kotoran serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang sebelumnya digunakan dan menempel pada kepala. Oleskan beberapa bagian minyak zaitun tersebut langsung ke  rambut yang sudah bersih serta sedikit kering. Cobalah untuk menekan-nekan kulit kepala ketika mengolesnya untuk membantu masuknya nutrisi ke dalam rambut. Lalu, gunakan shower cap dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah didiamkan, bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih.

4. Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki kandungan omega dan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala dan menutrisi akar rambut. Dengan begitu rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok lagi. Kandungan asam amino di dalam minyak kemiri ternyata juga mampu menutrisi kulit kepala dan menembus jauh ke dalam akar rambut yang menjadikan rambut lebih sehat ternutrisi. Kamu bisa menggunakan minyak kemiri dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala dan memijatnya perlahan secara rutin untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri yang maksimal bagi rambut.

5. Minyak Jojoba

Minyak jojoba atau jojoba oil (diucapkan ho-ho-ba) adalah cairan yang berasal dari biji Simmondsia chinensis (jojoba), yang merupakan tumbuhan asli Arizona selatan, California selatan dan barat laut Meksiko. Minyak ini dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan rambut sehingga cocok digunakan oleh orang yang mengalami kerontokan atau kebotakan. Jojoba kerap kali dimasukkan ke dalam produk sampo dan kondisioner karena diklaim mampu melembapkan rambut dan kulit kepala dengan baik. Penelitian membuktikan bahwa minyak yang satu ini mampu mencegah kerusakan rambut dan memperkuatnya. Selain itu, bahan yang satu ini juga bisa mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan kulit kepala gatal. Kamu bisa langsung mengaplikasikan minyak jojoba pada rambut. Usapkan secara merata pada setiap helaian rambut hingga ke ujung. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan sampo.

Kategori : Berita Lifestyle

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *