Apple Umumkan iPad Pro dengan Desain Layar Penuh Tanpa Tombol Home

Apple memperkenalkan iPad Pro terbarunya yang mengusung banyak perubahan. Salah satu yang paling kentara adalah desainnya yang kini menghilangkan tombol home dan mengadopsi konsep layar penuh dengan bezel atau bingkai ekstra tipis.

Pertama dengan Liquid Retina Display

Apple iPad Pro ini hadir dalam dua pilihan layar, yaitu 11 inci dan 12,9 inci. Apple menamakan layar iPad Pro 2018 ini Liquid Retina Display. Layar dengan desain baru ini memiliki kerapatan pixel 264ppi serta tingkat kecerahan yang lebih baik. Bahkan Apple berani sesumbar bahwa layar iPad Pro yang baru ini merupakan yang paling terang dan paling akurat untuk tablet.

Apple juga memasukkan teknologi ProMotion yang dapat mengatur refresh rate hingga 120Hz secara otomatis. Fitur ini berguna untuk membuat scrolling yang lebih halus dan meningkatkan respons layar agar lebih cepat.

Kedua varian iPad Pro ini memiliki ukuran fisik lebih tipis dibandingkan iPad Pro generasi sebelumnya. Jadi selain bodinya yang kini hanya setebal 5mm, bingkainya juga lebih tipis. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dimensi iPad Pro yang baru ini lebih ringkas kecil sekitar 25%. Tidak dibutuhkan poni alias notch seperti di iPhone Xs, mengingat kamera depan dan sensor iPad Pro masih muat ditaruh di bagian atasnya.

iPad Pro generasi terbaru ini juga merupakan iPad pertama dengan fitur Face ID. Ini penting mengingat hilangnya tombol Home juga berarti hilangnya sensor sidik jari. Yang menarik dari fitur Face Unlock iPad baru ini; Anda tidak perlu menghadap lurus ke kameranya. iPad Pro akan dapat mengenali wajah walaupun tablet sedang diputar.

Peningkatan signifikan lainnya juga ditemukan di sisi chipset. iPad Pro ini menggunakan chip A12X Bionic dengan Neural Engine terbaru. Chipset yang dirancang dengan teknologi 7nm ini memiliki 8 core A12X Bionic yang cepat. Bahkan Apple berani mengklaim prosesor barunya ini mampu mengalahkan kebanyakan laptop PC. Untuk grafis, GPU 7-core terbaru rancangan Apple bisa menyajikan performa grafis 2x lebih baik.

Konektor juga mengalami pergantian. iPad Pro kini menggunakan konektor USB-C 3.1 generasi 2 yang mendukung kecepatan transfer data hingga 10-gigabit. Dengan koneksi USB ini, Anda bisa langsung menghubungkannya ke kamera jika ingin melakukan transfer data.

Keyboard dan pena baru

Keyboard Folio juga diperbaharui sedikit dengan perubahan lokasi Smart Connector. Membuka kunci iPad Pro dengan Face ID juga bisa dilakukan melalui Keyboard Folio. Jadi Anda tinggal menekan tombol spacebar dua kali dan iPad Pro akan terbuka setelah mengenali wajah Anda.

Sama seperti iPad Pro versi sebelumnya, Keyboard Folio ini juga berfungsi ganda sebagai pengaman tablet. Anda tinggal menutup cover untuk mematikan iPad Pro, dan membuka cover untuk menghidupkannya.

Tidak seperti keyboard yang desainnya masih mirip versi terdahulu, Apple Pencil yang baru memiliki desain yang lebih ringkas dan kepintaran baru. Misalnya, Apple Pencil terbaru ini bisa langsung menempel ke iPad Pro untuk melakukan pairing dan mengisi baterainya.

Apple juga telah merancang Pencil agar lebih lancar saat digunakan serta tetap berfungsi dalam beragam sudut memegang pena.

Walaupun bukan fitur yang penting untuk sebuah tablet, Apple iPad Pro telah dilengkapi kamera 12 megapixel yang masuk jajaran TrueDepth.

Harga stabil tapi naik

Rencanannya, Apple akan menjual iPad Pro 11 inci seharga US$799 atau sekitar 12 juta rupiah. Sedangkan versi 12,9 inci akan dijual seharga US$999 atau sekitar 15 juta rupiah. Menurut Apple, iPad Pro akan tersedia mulai tanggal 7 November 2018 di beberapa negara terpilih.

SpesifikasiApple iPad Pro
Media Penyimpanan64GB hingga 1TB
Layar11 inci dengan resolusi 2388 x 1668 pixel, 12,9 inci dengan resolusi 2732 x 2048 pixel
ProsesorA12X Bionic Chip, Neural Egine
KameraDepan 12 megapixel f/1.8

Komentar


Kategori : Berita Teknologi

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *