Apa Saja Komponen yang Berada di Dalam AC?

Daftar Indodax

Tinggal di negara yang mempunyai iklim tropis membuat kita seringkali merasa panas saat memasuki musim kemarau. Untung saja, di era modern saat ini sudah ada teknologi yang mampu mendinginkan ruangan dengan baik seperti AC atau air conditioner.

Berbicara mengenai AC tentu saja tidak terlepas dari spare part dan komponen di dalamnya. Spare part AC membantu AC untuk bekerja secara maksimal dalam mendinginkan ruangan. Sebut saja kondensor, kompresor, freon, hingga pipa evaporator. Semua itu adalah alat pendukung AC supaya bisa mengeluarkan udara sejuk.

Kendati demikian, jangan sampai spare part-nya ada yang rusak satu pun. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya lakukan servis AC secara rutin. Kamu bisa langsung mendatangi toko Daikin terdekat untuk menyervis AC. Biaya service AC yang harus dikeluarkan pun tidak mahal, mulai dari Rp80.000-1 juta an, tergantung kerusakan yang dialami.

Nah, untuk memudahkanmu saat menyervis AC nanti, sebaiknya pahami terlebih dahulu komponen-komponen di dalamnya:

  1. Kompresor

Komponen ini mungkin sering kamu dengar saat hendak beli AC. Pada dasarnya, kompresor berfungsi sebagai pusat sirkulasi yang mengedarkan dan memompa bahan pendingin atau refrigant ke seluru bagian AC. Di sisi lain, kompresor juga berfungsi membentuk dua daerah tekanan yang berbeda antara tekanan rendah dan tekanan tinggi.

  1. Pipa kapiler

Pipa kapiler adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant serta mengatur aliran refrigerant menuju evaporator.

Fungsi utama dari pipa kapiler dinilai sangat penting karena mempunyai hubungan dengan dua bagian tekanan yang berbeda-beda.

  1. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant. Nanti, wujud cair dari refrigerant akan berubah menjadi gas setelah melalui pipa kapiler.

  1. Kondensor

Kondensor adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penukar kalor. Dalam artian lain, kondensor bertugas untuk mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai menjadi cair serta menurunkan suhu temperature refrigerant.

Bisa dibilang, kondensor merupakan salah satu komponen utama yang punya peran penting untuk AC dalam mendinginkan ruangan.

Share :