Apa Itu Plitur: Mengenal Lebih Jauh Manfaat Cat Pengkilap Kayu

Pasang Iklan Disini

Apa Itu Plitur: Mengenal Lebih Jauh Manfaat Cat Pengkilap Kayu. Meta Deskripsi: Salah satu pertanyaan yang sering dipertanyakan dalam memilih cat kayu adalah apa itu plitur sehingga ada banyak sekali orang yang merekomendasikan jenis cat ini.

Dalam memilih cat kayu pastinya Anda sering kebingungan apakah hendak menggunakan plitur ataukah pernis, namun tidak sedikit pula yang menyamakan antara kedua jenis cat ini padahal keduanya berbeda dari segi kegunaan dan manfaatnya. Lantas apa itu plitur? Apa manfaat dan kegunaannya sehingga membedakannya dengan pernis dalam pengaplikasian pada kayu?

Untuk menjawab banyak pertanyaan terkait apa sebenarnya plitur tersebut maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir sebab akan dibahas lebih jauh mengenai plitur serta manfaat dan kegunaan dari plitur itu sendiri sehingga membedakannya dengan jenis cat pernis.

Apa Itu Plitur?

Plitur kayu merupakan zat pewarna kayu yang memiliki sifat transparan ketika diaplikasikan pada kayu, sehingga motif dasar kayu yang kadang ingin dipertahankan tidak akan hilang. Untuk bahan dasar dari plitur itu sendiri yakni disebut dengan oker yang merupakan tanah lunak yang sudah mengalami proses oksidasi sehingga mampu menghasilkan warna alami yang cukup bervariasi sehingga sangat cocok sebagai pewarna kayu.

Plitur sendiri memiliki beberapa jenis yang semuanya menonjolkan fungsi sebagai cat pengkilap kayu yang bisa Anda pilih berdasarkan tujuan penggunaan. Terdapat jenis transparan, semi transparan, dan juga opak, sehingga dalam pengaplikasian Anda bisa menggunaannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak hanya memiliki jenis, tetapi juga plitur yang meskipun transparan tetapi juga memberikan nuansa warna yang cukup menarik seperti warna kuning muda, coklat, hingga warna kuning keemasan sehingga bisa disesuaikan dengan warna kayu yang hendak dicat atau dibuat menjadi mengkilap.

Manfaat Plitur

Meskipun sebenarnya terdapat jenis cat kayu yang berwarna tetapi plitur masih menjadi primadona banyak orang, apalagi jika mengusung konsep tradisional estetik maka plitur adalah pewarna yang sangat cocok untuk digunakan. Berikut ini beberapa manfaat serta kegunaan dari cat pengkilap kayu plitur yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Sebagai Pelindung Dari Karat

Manfaat pertama yang bisa dirasakan ketika menggunakan plitur adalah bisa melindungi perabot kayu dari yang namanya karat akibat sering terkena air. Untuk manfaat ini bisa Anda rasakan jika Anda memilih plitur dengan manfaat khusus seperti Citra Kayon yang memang menawarkan manfaat tersebut kepada penggunanya.

Tampilan Warna Kayu Lebih Merata

Mengguna cat plitur sebagai cat kayu akan memberikan kesan warna kayu yang lebih merata dan lebih menarik sebab adanya oker di dalam plitur yang memberikan warna pada kayu meskipun terlihat transparan namun kesan lebih estetik dan rapi akan ditonjolkan pada perabotan yang dicat dengan plitur bila menggunakan produk citra kayon.

Kekentalan Bisa Diatur Sendiri

Plitur yang bahan bakunya terbuat dari bubuk oker serta bahan pengingat pada saat pembuatan tidak ditambahkan bahan pelarut sehingga pada saat Anda ingin mengaplikasikannya maka barulah Anda bisa memberikan bahan pelarut sehingga Anda bisa mengatur kekentalan dari plitur tersebut sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan agar memberikan kesan yang bagus dan menarik pada perabotan kayu yang dimiliki.

Ketahanan Plitur

Berbicara masalah ketahanan dari plitur secara umum memang tidak memberikan jaminan seratur persen sebab untuk masalah ketahanan maka harus dipertimbangkan berdasarkan beberapa factor seperti jenis kayu yang digunakan, suhu, kelembaban, sinar UV, dan juga kondisi lingkungan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai apa itu plitur sebagai Cat pengkilap kayu yang banyak digunakan dalam pewarnaan perabotan kayu yang begitu familiar seperti produk Citra Kayon

Share :