Alibaba Cloud Luncurkan 4 Produk Cloud-Native di Apsara Conference 2020


Jakarta, Wikimedan – Pada Apsara Computing Conference ke-12 yang digelar secara virtual, raksasa penyedia layanan cloud, Alibaba Cloud, memperkenalkan Cloud Computer yang seukuran telapak tangan serta meluncurkan Autonomous Logistics Robot untuk jasa pengiriman jarak jauh.

Selain itu, perusahaan turut mengumumkan pembentukan komite teknologi untuk memimpin pengembangan produk dan solusi Cloud-Native pada rangkaian acara Apsara Conference.

Pembentukan komite ini didasari dengan misi membantu jutaan pelanggan global dalam memanfaatkan teknologi Cloud-Native guna mengakselerasi perjalanan transformasi digital selama dan pasca-pandemi.

Yangqing Jia, VP Alibaba Group, GM and Senior Fellow of Data Platform at Alibaba Cloud Intelligence, memaparkan sejumlah produk Cloud-Native yang diluncurkan selama Apsara Conference 2020 berlangsung:

Cloud Lakehouse

Produk ini merupakan generasi baru dari arsitektur big data yang dapat memberikan data yang signifikan berbasis nilai dan intelegensi melalui komputasi lintas platform, intelligent cache, pemisahan hot/cold data, peningkatan kapasitas penyimpanan, dan mengakselerasi kinerja.

Sandboxed-Container 2.0

Cloud-Native Container Service for Kubernetes (ACK) dari Alibaba mendukung cluster yang menyediakan runtime sandboxed-container. Sandboxed-Container 2.0 yang terbaru ini memungkinkan pelanggan untuk menjalankan aplikasi di lingkungan dengan sandboxed yang ringan dengan kecepatan lebih tinggi dan biaya sumber daya runtime yang lebih rendah.

PAI-DSW 2.0

Platform Cloud-Native Machine Learning Interactive Development terbaru dari Alibaba. Produk ini bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang optimal serta mudah digunakan bagi developer, kompatibel dengan plug-in komunitas dan mendukung lingkungan multi-development seperti JupyterLab, WebIDE dan Terminal.

Lindorm

Cloud-Native Database multi-model yang digunakan untuk mendukung Taobao, T-mall, dan Alipay dalam ekosistem Alibaba Group. Untuk pertama kalinya diperkenalkan tahun ini guna memberi manfaat yang lebih luas bagi ekosistem Alibaba Cloud. Dengan penyimpanan yang terjangkau dan karakteristik pemrosesan yang fleksibel, teknologi ini cocok digunakan dalam berbagai skenario seperti Artificial Intelligence of Things (AIoT), penilaian risiko, dan aplikasi.

Global AI Innovation Challenge

Seiring dengan teknologi cloud dan AI yang terus membentuk dan mendorong banyak inovasi bagi semua industri secara global, Alibaba Cloud telah meluncurkan layanan Machine Learning Platform for AI (PAI) untuk memberdayakan developer dan inovator AI serta meminimalisir hambatan teknis dan biaya pengembangan.

Alibaba Cloud Global AI Innovation Challenge adalah kompetisi terbuka bagi developer, peneliti, startup, dan penyedia solusi AI global untuk membuat dan/atau menyempurnakan produk atau proyek mereka berbasis Machine Learning PAI.

Kompetisi ini hadir mengundang proyek-proyek inovatif berbasis machine learning untuk lintas bidang ataupun industri. Jika Anda memiliki atau sedang melakukan proyek berbasis machine learning, daftar Alibaba Cloud Global AI Innovation Challenge sekarang!

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *