Alasan Internet Indosat Dimatikan di Wilayah Baduy

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Alasan Internet Indosat Dimatikan di Wilayah Baduy. Internet di wilayah Baduy Dalam resmi dimatikan. Pembatasan atau penghilangan sinyal internet itu telah diselesaikan pada pertengahan bulan September lalu.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong menjelaskan setelah dilakukan beberapa upaya ditemukan penghilangan sinyal hanya diperlukan untuk Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

“Berdasarkan hasil verifikasi lapangan dan koordinasi dengan operator seluler, ditemukenali bahwa upaya pembatasan/penghilangan sinyal hanya diperlukan untuk Indosat Ooredoo Hutchison (IOH),” kata Usman dalam keterangannya yang diterima CNBC Indonesia.

Dia menambahkan operator seluler juga telah melakukan desain coverage sinyal agar tidak menjangkau wilayah Baduy Dalam. Namun Usman menyatakan tak menutup kemungkinan akan ada pantulan sinyal.

Ini terjadi karena kontur Baduy Dalam tidak ada bloking Sinyal. Penyebabnya tidak terdapat perbukitan di wilayah tersebut.

“Opsel sudah mendesain coverage sinyalnya untuk tidak menjangkau wilayah kampung Baduy dalam tetapi memang kemungkinan masih ada pantulan sinyal internet dari Baduy Luar ke [Baduy] Dalam bisa saja terjadi karena posisi geografisnya Baduy dalam konturnya flat tidak ada bloking sinyal karena tidak ada bukit,” jelasnya.

SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengungkapkan pihaknya mendapatkan permintaan membatasi sinyal di area itu. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kominfo dan pemerintah kabupaten Lebak melakukan langkah lebih lanjut, serta telah melakukan pembatasan sinyal sejak pertengahan bulan lalu.

Pembatasan sinyal akhirnya dilakukan di area Suku Baduy Dalam sejak pertengahan bulan lalu. Dia mengungkapkan pihak IOH menghargai keputusan tersebut.

“Kami menghargai keputusan para tetua adat Baduy untuk mempertahankan budaya masyarakat sekitar,” kata Steve.

“Kami mendukung pelestarian budaya dan kami juga percaya pemanfaatan positif internet akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan memberdayakan Indonesia di masa mendatang,” ujarnya menambahkan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *