Akses Tol ke Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung Rampung Bulan Ini

Pasang Iklan Disini

WikimedanAkses Tol ke Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung Rampung Bulan Ini. Pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat di Sumatera Utara semakin dipercepat. Targetnya selesai pada Juli 2023.

Pembangunana jalan tol sepanjang total 143,25 kilometer (Km) akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara dan mempermudah wisatawan akses menuju Distinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Siapa nih yang sudah nggak sabar ingin mengunjungi Danau Toba? Nah, pada Juli 2023 nanti, jalan tol dari Medan menuju Danau Toba ini sudah bisa digunakan loh. Jadi semakin dekat dan mudah, kan?” tulis Instagram pupr_binamarga, Senin (10/7/2023).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, pembangunan seksi 1 hingga 3 akan segera rampung. Yang mana tinggal pengerjaan MCB (Miniature Circuit Breaker), uard rail, penanganan jalan, gate, pekerjaan tebing, dan marka jalan.

Perlu diketahui, pembangunan jalan Tol ini terbagi menjadi 6 seksi dengan nilai investasi Rp13,4 triliun. Seksi 1 sampai seksi 4 dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Seksi 2 dan seksi 3 dibangun oleh PT Wiskita Karya, Seksi 1 dan Seksi 4 dibangun oleh PT Hutama Karya dan Seksi 5 serta Seksi 6 dibangun oleh pemerintah.

Progres pembanguna 6 seksi tersebut yaitu:

Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 20,4 km sudah selesai. Seksi 2 Indrapura – Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 87,2%. Seksi 3 Tebing Tinggi – Serbelawan sepanjang 30 km sudah mencapai 79,3%.

Seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar sepanjang 28 km sudah mencapai 63,7%. Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok sepanjang 22,30 km dalam tahap finalisasi desain. Seksi 6 Seribudolok – Parapat Sepanjang 16,70 km dalam tahap finalisasi desain.

Kementerian PUPR akan melakukan peresmian Ruas Tebing Tinggi – Serbelawan setelah uji laik fungsi pada bulan Juli mendatang, setelah uji laik fungsi, ruas jalan ini bisa dimanfaatkan masyarakat. Jalan Tol ini merupakan bagian dari Trans Sumatera.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *