Acara Puncak Peringantan Hari Jadi Kabupaten Nias Barat Ke-10

NIAS BARAT Wikimedan | Diawali dengan upacara resmi, selanjutnya menyanyikan Mars Nias Barat yang dipandu Y. Neri Daeli diteruskan penyerahan petaka Logo Kabupaten Nias Barat dan acara pendahuluan ini diakhiri dengan pemukulan Gong sebanyak 10 kali oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPP SALOM, Mewakili Tokoh Masyarakat Drs. Taroni Hia, Mewakili Camat se-Kabupaten Nias Barat. Senin, (27 Mei 2019).

Selanjutnya diteruskan sapaan dari Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Sc. Hadir dalam acara Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Barat kali ini Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd+Nyonya, Wakil Bupati Khenoki Waruwu dan Nyonya, Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Sc dan Nyonya, Ketua DPRD Kab. Nias Barat dan Nyonya, Danlanal, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Nias Barat, Sekda Kab. Nias Utara Yafeti Nazara, S. Kep, M. Kep, NSpM, Anggota DPRD Provsu Anotona Waruwu, Mewakili Kapolres Nias AKP. Des Jaya Hia, Rektor Unika St. Thomas Dr. Frietz R. Tambunan , Pastor Matias, Tokoh masyarakat diantaranya Ketua DPP SALOM Ir.Yasiduhu Gulo, Dr. Era-Era HIA, MM.,M.Si, Drs. Taroni Hia, Luther Daeli, Siado Zai, SE.,MM, Ketua KPU Kab. Nias Barat Famataro Zai, M.Th, Ketua dan Anggota Komisioner Bawaslub. Sebagai pembawa renungan Pdt. Dr. Yosua Ginting, M.Th.

Sambutan Ketua DPP SALOM Ir. Yasiduhu Gulo “beberapa hal yg patut kita apresiasi sebagai warga Nias Barat adalah patut kita syukuri telah terbentuknya Kabupaten Nias Barat sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB); oleh karena itu perlu kesatuan hati, perlu kesatuan berpikir dan perlu kesatuan dalam bertindak.

Kita harus akui bahwa ada banyak upaya yang telah kita lakukan untuk mencapai harapan bersama yakni kesejahteraan dan untuk mencapai Gol itu kita harus bergandeng tangan; tidak bakal berhasil bila semua elemen dan stakeholder tidak bergandeng tangan mendukung program pemerintah”.

Sambutan Rektor Unika St. Thomas Dr. Frietz R. Tambunan “sejak enam tahun terakhir Pemkab. Nias Barat telah menjalin kerjasama dengan Universitas St. Thomas dalam perekrutan Mahasiswa status beasiswa perkuliahan.

Bahwa pembangunan sesungguhnya adalah pembangunan kharakter diri melalui pendidikan peningkatan SDM. semoga kerjasama ini masih terus terjalin dengan baik, harap Rektor.

Sambutan Tokoh masyarakat Nias Barat yang berdomisili di luar Nias Barat oleh Drs.Taroni Hia (Mantan Kadis Pendidikan Provsu) harapan kami seluruh masyarakat kepada Bupati/Wabup Nias Barat dan jajaran-nya agar masyarakat Nias Barat “tidak lapar, tidak sakit dan tidak bodoh” ternyata hal itu sudah mulai dirasakan dan saya pada kesempatan ini saya ajak kita semua untuk menyelesaikan tugas yang mulia ini dengan menjaga kesatuan dan persatuan serta bergandengan tangan demi Nias Barat yang kita cintai bersama.

Telah terjadi kemesraan antara pimpinan daerah; oleh karenanya diharapkan kemesraan ini janganlah cepat berlalu, pungkas Drs.Taroni Hia.

Sambutan Ketua DPRD Kab. Nias Barat “dalam konteks pencarian jati diri sesungguhnya yang berawal dari dua kali pemekaran daerah mulai dari pemekaran Kabupaten Nias Selatan dan terakhir tahun 2008 secara bersamaan satu Kota dan dua Kabupaten mekar termasuk Kabupaten Nias Barat dan saat itulah Nias Barat merdeka dan menjadi DOB. Tentu dengan ini perlu retrospeksi perjalanannya hingga hari ini berumur 10 Tahun.

Mari kita jadikan sejarah sebagai untaian peristiwa yang bermakna, setiap generasi memiliki warna dan dinamika-nya tersendiri. Dengan hormat kita ucapan terimakasih kepada funding father kita yang telah berjasa dalam pemekaran Nias Barat ini, ujar Nitema Gulo.

Bupati Nias Faduhusi Daely, S.Pd “dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Kemerdekaan Kabupaten Nias Barat telah melakukan kegiatan Pra Hari Jadi Nias Barat dengan menggelar lomba Lagu Nias Terfavorit yakni “Gowirio, Habualano dan Na’ufatou Fangera-ngeragu” serta Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2019 semua ini bertujuan untuk merenungkan kilas balik perjuangan kita dalam membangun Kabupaten Nias Barat yang dimulai dari berbagai keterbatasan yang kita miliki”, ujar Bupati.

Tiga hal mendasar yang telah kami lakukan; meskipun tidak populer yakni “pembebasan Uang Komite di sekolah yang hal ini sangat bermanfaat bagi seluruh Orangtua di Kabupaten Nias Barat dan menjawab masyarakat tidak bodoh;, kemudian pemberian Pupuk Gratis demi menjawab masyarakat tidak lapar dan kita juga sudah membangun Rumah Sakit Rawat Inap plus untuk menjawab masyarakat jangan sakit. Pembangunan Rumah Sakit Umum Kabupaten Nias Barat akan dibangun tahun ini. Artinya kita telah letakkan dasar2 untuk pembangunan daerah; meskipun banyak tantangan dan berbagai permasalahan yang kita hadapi silih berganti.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa kami mengucapkan terimakasih kepada para tokoh-tokoh pemekaran yang telah berjasa untuk memperjuangkan lahirnya Kabupaten Nias Barat. SDM Nias Barat masih belum sempurna. Kita bersyukur Prof. Dr. Fakhili Gulo telah meninggalkan tugasnya sebagai Guru Besar di Palembang dan terpanggil untuk membangun Nias Barat ini sebagai Sekretaris Daerah, mari kita bergandeng tangan untuk membangun Nias Barat ini lebih baik, tandas Bupati.

Event penting akan kita gelar di Nias Barat ke depan yakni YNF dan Sail Indonesia Nias. Untuk Sail Indonesia Nias sebagai jatah kita (Nias Barat) adalah lari maraton dari Pelabuhan Sirombu hingga Muara Sungai Lahomi dan akan ada hadiah sebesar 100 juta bagi pemenang. Untuk YNF Nias Barat adalah tuan rumah yang didatangi banyak tamu dari luar, tentu moment ini kita wajib sukseskan demi marwah Kabupaten Nias Barat. Pemilu telah berlalu dan perbedaan pandangan politik sudah usai, mari kita bersatu kembali untuk membangun Nias Barat, diteruskan pemberian ucapan terimakasih kepada penghibah tanah lokasi Kabupaten Nias Barat dan diakhiri dengan pemotongan Kue Ulang Tahun. (Wardi)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *