8 Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadan 2024

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – 8 Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadan 2024. Mulai hari ini, umat muslim sedang menjalankan puasa selama sebulan penuh di bulan suci Ramadhan. Pada saat sahur bisa menjadi momen spesial bagi seorang muslim, karena bisa menjadi waktu berkumpul dengan keluarga untuk makan bersama.

Sahur merupakan waktu makan penting sebelum memulai puasa. Sebab, bukan hanya tentang mengisi perut sebelum puasa, tetapi juga menjadi waktu untuk mengumpulkan energi saat menjalani aktivitas di bulan puasa Ramadhan.

Sehingga, penting bagi kita untuk memilih menu sahur yang bergizi agar kuat menjalani puasa seharian.

Mengutip website detik, Berikut adalah rekomendasi menu sahur pertama saat bulan Ramadhan 2024.

1. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Hal ini bisa terjadi karena makanan berkarbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh.

2. Buah-Buahan

Buah-buahan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sahur. Buah-buahan seperti semangka, apel, melon, dan buah-buahan lain yang mengandung banyak air. Selain itu, buah yang mengandung serat tinggi juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

3. Yoghurt

Yoghurt dapat membantu memberikan energi tubuh ketika berpuasa, karena Yoghurt kaya akan protein, kalsium, dan vitamin.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber protein dan karbohidrat. Makanan ini juga bisa membantu menahan rasa lapar ketika berpuasa. Oatmeal juga bisa dikombinasikan dengan buah atau makanan lain agar mendapatkan gizi yang sempurna.

5. Ikan

Ikan sangatlah cocok untuk dijadikan menu sahur, karena ikan sangat fleksibel untuk diolah menjadi apa saja. Selain itu, berbagai jenis ikan kaya akan omega-3 dan 6 yang sangat baik untuk tubuh.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat diolah menjadi menu makanan yang lezat, salah satunya yaitu sup kacang merah. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung protein yang tinggi serta lemak baik yang dibutuhkan tubuh.

7. Telur

Telur merupakan makanan simpel tapi kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Telur dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, contohnya yaitu sup telur, semur telur, atau bahkan hanya direbus saja.

8. Sayur

Sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur, karena sayur mengandung banyak kadar vitamin yang tinggi. Selain itu, sayuran sangat mudah untuk diolah menjadi segala jenis masakan, seperti sayur asem, sayur lodeh, sayur tumis labu, dan masih banyak lagi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *