7 Momen Mudik Lebaran yang Mungkin Tak Ditemui Tahun Ini, Kangen Banget!

Daftar Indodax

7 Momen Mudik Lebaran yang Mungkin Tak Ditemui Tahun Ini, Kangen Banget! – Setelah bulan ramadan, hari raya atau lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Tak heran kalau selalu ada tradisi yang semarak dan meriah untuk merayakannya. Di Indonesia misalnya, ada banyak tradisi dan kebiasaan yang muncul demi menyambut hari kemenangan. Salah satunya adalah mudik atau pulang kampung.

Aktivitas mudik biasanya sudah dilakukan di 7 hari menjelang hari raya lebaran. Banyak orang yang tinggal di kota besar berbondong-bondong pulang ke kampung halaman baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Sayangnya tahun ini mudik ditiadakan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kamu yang tidak bisa mudik tahun ini mungkin akan merindukan hal-hal unik berikut ini.

Macet di mana-mana

Aduh, siapa sih yang bakal kangen kena macet? Rasanya kok nggak ada ya. Tapi macet saat mudik tuh beda banget loh dengan macet di hari biasa. Macet menjelang lebaran biasanya terjadi ketika akan masuk ke tol atau di jalan nasional yang jadi jalur mudik. Pasti tetap bikin capek sih, tapi saat kena macet menuju kampung halaman punya sensasi yang beda, gitu. Sekarang ini mungkin kamu lebih memilih kena macet saat mudik ya ketimbang lebaran sendiri di rumah saja.

Rest area tol yang super penuh

Perjalanan masih panjang, capek kena macet, lapar dan ingin ke kamar mandi jadi alasan pemudik berhenti sejenak di rest area. Tapi sering kali saat akan melipir masuk, ternyata rest area sudah penuh dengan pemudik lainnya. Momen seperti ini bisa bikin panik sih apalagi kalau kamu punya keperluan seperti ingin buang air yang tak tertahankan. Kamu pasti cemas dan segera ngebut ke rest area selanjutnya.

Bertemu pemudik motor yang ekstrim

Rasanya hanya saat mudik nih kita bisa bertemu dengan pengendara motor yang ‘ekstrim’. Bukan karena motornya yang dimodifikasi nyeleneh tapi karena penumpang yang melebihi kapasitas dan barang bawaan yang tak cuma tas tapi juga kardus berisi oleh-oleh. Tidak dipungkiri, banyak orang Indonesia yang memilih menggunakan motor untuk mudik karena lebih hemat. Meski sering kali faktor keamanan jadi tak terlalu dipertimbangkan.

Makan mie instan di warung dadakan

Kalau kamu sering mudik lewat jalur nasional, kamu pasti akan menemui banyak warung mie instan di pinggir jalan. Ternyata banyak dari warung-warung ini yang munculnya dadakan loh. Biasanya sih ada di jalur-jalur yang rawan macet. Penduduk sekitar melihat kemacetan jadi sebuah peluang usaha. Mereka lalu membangun warung-warung yang tentunya bermanfaat juga buat pemudik yang mendadak lapar atau sekadar ingin rehat sejenak karena macet.

Makan ‘pop mie’ di kapal atau rest area

Untuk yang mudik via tol atau pakai kapal laut, ada juga momen unik yang sering muncul saat mudik yaitu makan ‘pop mie’. Fenomena ini memang umum terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan jauh. Mie jenis itu dipilih karena bisa mengganjal perut untuk beberapa saat, harganya juga cenderung lebih murah ketimbang makanan dengan lauk pauk. Ada juga sih yang memilih makan pop mie karena tidak ingin mual karena perut penuh terisi nasi.

Posko mudik yang sediakan takjil hingga pijat

Selain pos yang didirikan oleh polisi untuk memantau lancarnya aktivitas mudik, ada juga posko-posko mudik. Biasanya posko ini dibuat oleh komunitas atau perusahaan merk tertentu. Tak hanya berjualan produknya, yang paling sering sih di posko ini ada layanan gratis untuk pemudik. Ada banyak macam layanan gratis yang disediakan mulai dari takjil, cek kendaraan sampai pijat gratis. Wah, kalau bukan momen mudik sih jarang sekali ada yang seperti ini.

Reporter di jalur mudik

Demi memberikan informasi terbaru dan langsung dari jalur mudik, para reporter diturunkan dan melakukan siaran langsung. Kamu mungkin bisa menemukan mereka baik di tol maupun jalur-jalur yang umum dilalui pemudik. Adanya mereka ini merupakan fenomena yang pasti terjadi saat menjelang lebaran. Yang dilakukan oleh para reporter ini jelas sangat bermanfaat untuk pemudik atau calon pemudik yang ingin tahu situasi terkini jalur mudik.

Sepertinya tahun ini kita tidak akan bertemu dengan beberapa dari momen-momen unik mudik di atas. Sebab pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang peniadaan mudik demi menekan angka penularan COVID-19. Sementara ini tak apalah kita habiskan lebaran di rumah saja. Semoga dengan begitu pandemi bisa segera mereda dan kita bisa leluasa berkumpul dengan keluarga.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *