Jangan Panik, Inilah 7 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca – Berbeda dengan tablet yang seringkali hadir dengan varian WiFi-only, smartphone lain cerita. Karena, pengguna umumnya membawa ponsel ke manapun mereka pergi dan tidak selamanya berada di wilayah yang terjangkau WiFi. Untuk itu, butuh menyematkan kartu SIM agar selalu terkoneksi di manapun Anda berada.

Kendati demikian, pemasangan kartu SIM tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang ada saja kendala yang dihadapi, seperti kartu SIM yang tidak mau terdeteksi pada ponsel. Sudah mengotak-atik ponsel pun tetap nihil, dan akhirnya bisa membuat siapapun frustasi. Tapi, jangan buru-buru banting HP Anda, karena kami punya beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah SIM Card yang tidak terbaca.

Pastikan untuk perhatikan cara-cara di bawah dengan seksama ya. Kami akan berusaha menunjukkan cara-cara yang simpel dan efektif supaya Anda tidak perlu buang-buang waktu lebih lama lagi.

Inilah 7 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

1. Restart Ponsel

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca yang pertama yang sebaiknya Anda lakukan jika ada sesuatu yang bermasalah dengan perangkat elektronik. Ya, tidak hanya HP saja, laptop atau PC pun bisa di-restart jika memang terasa ada hal yang ganjil pada perangkat tersebut.

Pasalnya, melakukan restart akan memicu HP untuk melakukan boot dengan kondisi yang segar, dan hal ini sudah sering terbukti dapat mengatasi beragam masalah termasuk SIM Card yang tak terbaca. Dan lagi, ini adalah cara paling simpel sebelum Anda perlu melakukan cara-cara yang lebih sulit. Kalau setelah di-restart masih tidak terbaca juga, berarti memang perlu cara lain.

2. Masukkan SIM Card di Slot Berbeda

Pertama-tama, Anda harus cari tahu dulu apa yang bermasalah dari perangkat Anda. Siapa tahu masalahnya berada di SIM tray atau HP Anda dan bukan pada SIM Card-nya. Kalau slot SIM kedua di HP Anda masih kosong, cobalah pindahkan kartu SIM ke slot kedua.

Kalau terdeteksi di slot SIM kedua, kemungkinan masalah ada pada perangkat yang tidak mau mengenali SIM Card di slot pertama. Namun apabila SIM Card tidak terbaca di kedua slot, setidaknya kini Anda tahu kalau SIM Card-nya lah yang kemungkinan bermasalah. Lanjut ke cara-cara berikutnya di bawah.

3. Pastikan SIM Card Terpasang dengan Benar

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca yang ketiga yaitu pastikan sim card terpasang dengan benar. Ada kalanya orang memasang SIM Card tidak pada posisi yang benar. Biasanya, SIM Card yang dipasang secara terbalik tidak akan muat ke lubangnya, tapi ada saja orang yang memasangnya dengan terburu-buru dan tetap memaksakan agar SIM Card masuk. Kalau sudah begini, tentu saja Anda harus pastikan kalau SIM Card terpasang pada posisi yang benar.

Baca juga : 6 Perbedaan Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro Plus

Terkadang, ada simbol petunjuk untuk memberitahukan posisi SIM Card yang benar pada tray. Namun jika tidak ada, carilah ujung pada sisi SIM Tray yang menunjukkan bentuk yang seperti “terpotong”. Carilah bentuk yang sama pada ujung SIM Card Anda, dan posisikan sesuai dengan bentuk ujung tersebut, seperti sedang bermain puzzle. Lalu, pastikan sudah masuk ke tray dengan rapat dan masukkan ke HP Anda.

4. Bersihkan SIM Card dari Debu

Bisa jadi SIM Card tidak terbaca karena berdebu, dan debu ini bisa menghalangi konektor untuk menyambungkan kartu ke perangkat. Untuk itu, coba lepaskan SIM Card Anda dari tray dan perhatikan bagian yang ada gold plate-nya.

Tidak usah bersihkan pakai air, cukup pakai kain lap saja dan usahakan jangan terlalu keras mengelapnya supaya tidak membuat SIM Card semakin rusak. Kalau sudah, masukkan kembali ke dalam tray dan hidupkan kembali HP Anda dan tunggu beberapa saat hingga SIM Card terbaca.

5. Pastikan Masa Aktif SIM Card Masih Berlaku

Nah, ini yang terkadang sering jadi luput dari perhatian pengguna: masa aktif. Apalagi kalau SIM Card yang pakai merupakan secondary alias SIM Card kedua. Biasanya orang suka lupa mengisikan pulsa sesekali pada kartu SIM ini dikarenakan lebih sering pakai SIM Card pertama.

Kalau tidak dipakai atau diisikan pulsa dalam waktu yang lama, operator akan menonaktifkan SIM Card dan tidak akan lagi terbaca. Cara mengetahuinya cukup mudah, tinggal telepon saja operator menggunakan telepon rumah atau nomor yang masih aktif dan keluhkan masalah Anda.

Biasanya, kalau belum lewat dari sebulan setelah masa aktif SIM Card hangus, Anda masih bisa mengganti SIM Card dengan yang baru namun tetap dengan nomor yang sama. Tinggal kunjungi saja cabang operator terdekat di hari kerja. Namun kalau waktu jedanya sudah terlalu lama, mau tidak mau harus beli nomor baru.

6. Cek Pengaturan SIM Card

Kalau masih belum berhasil juga, mungkin Anda harus masuk ke menu pengaturan SIM Card untuk mengetahui apa yang salah. Setiap ponsel tentu punya cara berbeda-beda, tergantung vendor, versi OS, dan user interface. Namun pada dasarnya tetap sama, Anda perlu menuju menu Setting atau Pengaturan.

Kemudian, pilih menu Network & Internet -> Mobile Network. Nah, barulah di sini Anda akan menemukan pengaturan yang berkaitan dengan SIM Card. Cobalah aktifkan Mobile Data dari sini, siapa tahu SIM Card sebenarnya sudah terdeteksi tapi belum di-enable melalui menu ini.

7. Cek Status Registrasi

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca yang ketujuh adalah cek status registrasi. Di saat pertama kali membeli SIM Card, pengguna diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Salah satu alasan SIM Card tidak terdeteksi mungkin karena ada kendala pada saat proses registrasi sehingga pusat tidak menerima data Anda.

Sama seperti saat mengecek status aktif SIM Card, Anda pun perlu menghubungi call center dari operator yang digunakan. Atau, Anda bisa coba mendaftar kembali dengan mengakses aplikasi SIM Toolkit pada ponsel.

Cara lain untuk melakukan pendaftaran ulang SIM Card adalah melalui SMS. Berikut ini adalah beberapa cara registrasi SIM Card melalui SMS yang dilansir dari PayFazz.

  • Simpati, Loop, dan Kartu As: Ketikkan ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444 untuk melakukan registrasi ulang.
  • XL dan Axis: Ketikkan data Anda dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke nomor 4444.
  • Indosat: ULANG#Nomor NIK#Nomor KK dan kirimkan ke nomor 4444.
  • Tri: ULANG#NIK#Nomor KK ke nomor 4444.
  • Smartfren: Nomor NIK#Nomor KK ke nomor 4444.

Nah, itu tadi adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan kalau SIM Card tidak terbaca. Tetap berhati-hati setiap melepas dan memasang SIM Card akan mencegah masalah ini untuk datang lagi di kemudian hari. Dan juga, pastikan untuk terus menjaga agar masa aktif SIM Card tidak hangus dengan cara mengisikannya saldo pulsa secara berkala.

Itulah sedikit Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca. Kalau masih belum berhasil juga setelah melakukan cara-cara di atas, Anda bisa coba memasukkan SIM Card ke perangkat lain, pergi ke tempat servis, atau beli kartu SIM yang baru. Cara mana yang sudah Anda coba? Dan, cara apa yang berhasil membuat SIM Card Anda terbaca kembali? Bagikan di kolom komentar ya!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *