6 Perbedaan Samsung Galaxy A12 Dan A02s


Berita Teknologi – Di akhir November 2020, salah satu perusahaan ponsel pintar ternama, Samsung kembali mengumumkan anggota barunya yakni Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s. Untuk waktu perilisannya, Samsung Galaxy A12 lebih awal yaitu Desember 2020. Sementara, Samsung Galaxy A02s baru saja melangkahkan kaki di pasaran pada Januari 2021.

Jika dilihat dari tampilan depannya, kedua ponsel pintar ini susah sekali untuk dibedakan. Tidak hanya itu, keduanya juga memiliki sistem operasi yang sama yaitu Android 10. Di balik kemiripan itu, apa ada perbedaan yang menonjol antara Samsung Galaxy 12 dan Samsung Galaxy A02s?

Dengan melihat perbedaan tentunya akan mempermudah bagi para calon pembeli untuk menentukan tambatan yang tepat. Kali ini Wikimedan akan mengupas perbedaan Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy A02s. Yuk, langsung saja kita tengok perbedaanya apa saja!

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

 

  • Rilis: Desember, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS TFT LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

 

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS TFT LCD, 6,1 inci
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s

Ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui antara Galaxy A12 dan Galaxy A02s. Beberapa perbedaan itu dilihat dari bentuk dan spesifikasinya. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Bobot HP

 

Dalam urusan bentuk Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s memiliki desain bak saudara kembar alias mirip, terlebih pada bagian depannya. Bodi kedua ponsel Samsung ini dibangun oleh Glass untuk bagian depannya dan belakang serta bingkai dengan plastik. Juga port SIM yang sama Single dan Dual SIM.

Nah, perbedaannya terletak pada bobot! Berat yang dimiliki Samsung Galaxy A02s adalah 196 g, sementara Samsung Galaxy A12 berbobot 205 g. Jelas, jika ingin mencari ponsel pintar yang ringan dari kedua ponsel ini maka pemenangnya jatuh kepada Samsung Galaxy A02s. Yah, walau terpaut 9 g saja!

Selanjutnya, soal dimensi bodi juga mempunyai perbedaan tetapi sangat tipis. Samsung Galaxy A12 memiliki dimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm, sedangkan 164.2 x 75.9 x 9.1 mm. Bisa dilihat bedanya hanya 0,1/0,2 saja, maka dapat diartikan kalau Samsung Galaxy A02s memiliki dimensi yang cukup luas.

Masih soal bentuk dan desain, kedua ponsel ini memiliki bentuk kamera belakang yang beda. Bila, kamera belakang Samsung Galaxy A12 berada di sisi kiri atas dengan bentuknya yang kotak dan terdapat empat lensa. Sementara, kamera belakang Samsung Galaxy A02s berdasain berderet ke bawah dengan tiga lensa.

2. Ukuran Layar

 

Kedua ponsel ini memiliki tipe layar yang sama yaitu PLS IPS atau IPS Panel, teknologi layar untuk tampilan kristal cair. Selain itu, keduanya memiliki besar ukuran yang sama 6,5 inci. Akan tetapi, kedua ponsel ini mempunyai perbedaan pada rasionya.

Samsung Galaxy A12 menempelkan rasio layar-ke-bodi mencapai 85,8 persen, ini lebih luas dibandingkan dengan besaran rasio layar-ke-bodi yang dimiliki Samsung Galaxy A02s yaitu 81,8 persen. Meski terpaut beberapa persen, rasio layar-ke-bodi yang ada pada Samsung Galaxy A02s masih cukup luas untuk sebuah ponsel pintar keluaran teranyar.

Dilanjut dengan tingkat ketajaman layar, yang rupanya kedua ponsel Samsung ini memegang perbedaan juga. Kepadatan layar yang dimiliki Samsung Galaxy A12 adalah 264 ppi, semantara Samsung Galaxy A02s memiliki kepadatan piksel sebesar 270 ppi. Yap, Samsung Galaxy A02s ulung dan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam pada layar.

3. Identitas Chipset, CPU, dan GPU yang Berbeda

 

Soal sistem operasi Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s jelas akur dengan Android 10. Namun, keduanya memiliki identitas yang berbeda pada Chipset, CPU, dan GPU. Pada bagian Chipset, Samsung Galaxy A12 memasang Mediatek Helio P35 dan Samsung Galaxy A02s dengan Qualcomm Snapdragon 450.

Berdasarkan perbandingan chipset kedua HP, Samsung Galaxy A12 akan juara dalam urusan Chipset. Hal ini karena Mediatek Helio P35 mendukung memori yang lebih cepat, sehingga menghasilkan performa sistem yang cepat pula. Selain itu, memiliki ukuran semikonduktor 2nm lebih kecil, sehingga memberikan kinerja yang lebih dan konsumsi daya yang lebih rendah. Juga dilengkapi dengan teknologi big.LITTLE dan grafik untuk gim yang lebih baik.

Kemudian, kedua ponsel ini dipasangkan prosesor yang sama yaitu Octa-Core dengan arsitektur yang sama pula, Cortex-A53. Hanya saja kecepatan performa Samsung Galaxy A12 lebih kencang dibandingkan dengan Samsung Galaxy A02s. Ini dibuktikan dengan kecepatan prosesor Samsung Galaxy A12 adalah 4×1.8 GHz hingga 4×2.35 GHz, sementara Samsung Galaxy A02s berada di kecepatan 1.8 GHz.

Selanjutnya yang membedakan antara Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy A02s terletak pada unit pemrosesan grafis (GPU). Bila Samsung Galaxy A12 memasang PowerVR GE8320, sedangkan Samsung Galaxy A02s dengan GPU Adreno 506. Meski berbeda “pabrik” tetapi sejauh ini keduanya termasuk ke dalam kasta yang terbilang tinggi dalam urusan kecepatan pemrosesan grafis.

4. Distingsi Ukuran Lensa yang Jauh

 

Dapat dikatakan ukuran lensa kamera dari kedua ponsel pintar besutan Samsung ini, sangat jomplang. Di mulai dengan kamera depannya, Samsung Galaxy A12 menanamkan lensa berukuran 8 MP. Sementara, Samsung Galaxy A02s harus lapang dada dengan ukuran lensa 5 MP. Pastinya membuat hasil dari kamera depan Samsung Galaxy A12 lebih oke dibandingkan Samsung Galaxy A02s.

Dilanjutkan dengan kamera depan dari kedua ponsel ini yang tampaknya memiliki distingsi besar. Kembali, Samsung Galaxy A12 membusungkan dada karena disuplai dengan lensa beresolusi 48 MP untuk kamera wide, 5 MP untuk kemampuan utlrawide-nya, 2 MP untuk kamera makro, dan 2 MP untuk kamera kedalaman.

Sedangkan, Samsung Galaxy A02s hanya disisipkan tiga kamera belakang di antaranya kamera wide berukuran 13 MP, kamera makro berjumlah 2 MP, dan kamera kedalamannya adalah 2 MP sehingga dapat dipastikan kalau kualitas kamera yang dihasilkan dari Samsung Galaxy A02s tidak lebih bagus daripada Samsung Galaxy A12.

Selanjutnya, untuk masalah fitur kamera ada beberapa kekurangan atau tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy A02s yaitu Panorama dan HDR, hanya dibekali oleh LED Flash. Tidak seperti, Samsung Galaxy A12 yang dipasok dengan fitur Panorama, HDR, dan LED Flash.

5. Konektivitas dan Fitur

 

Adapun perbedaan lain yang mungkin tidak terlalu mencolok tetapi ini juga penting untuk dipertimbangkan saat membeli ponsel Samsung Galaxy A12 atau Samsung Galaxy A02s. Seperti, pada segi konektivitas kedua ponsel ini memiliki teknologi Bluetooth dengan versi yang berbeda. Samsung Galaxy A12 memiliki versi yang teranyar yaitu Bluetooth 5,2, sementara Samsung Galaxy A02s masih betah dengan versi 4.0.

Masih di segi konektivitas, Samsung Galaxy A02s tidak menyematkan teknologi NFC seperti halnya Samsung Galaxy A12. Lewat teknologi ini maka, pengguna Samsung Galaxy A12 memungkinkan melakukan membuka kunci ponsel pintar, transfer data, pembayaran digital, melihat saldo e-money, dan mengisi saldo e-money.

Kemudian perbedaan kecil lainnya dari Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s ialah pada fitur sensornya. Samsung Galaxy A12 memiliki fitur sidik jari tipe side-mounted, sensor yang terletak di sisi ponsel. Sayangnya, fitur sidik jari tidak dapat dirasakan pada Samsung Galaxy A02s. Namun, Samsung Galaxy A02s mempunyai fitur sensor proximity (sensor untuk mendeteksi objek benda dengan jarak yang cukup dekat) ini tidak dimiliki Samsung Galaxy A12.

6. Ruang Penyimpanan dan Warna

 

Lanjut, pada sisi ruang penyimpanan internal bahwa Samsung Galaxy A12 memiliki banyak pilihan mulai dari 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB. Berbeda dengan Samsung Galaxy A02s yang mentok sampai kapasitas 64 GB. Sementara, untuk ruang penyimpanan eksternal Samsung Galaxy A02s merangkul microSD (Slot Khusus) yang bisa memuat kapasitas hingga 1 TB dan Samsung Galaxy A12 dengan microSDX (Slot Khusus).

Samsung Galaxy A12 menawarkan empat varian warna mulai dari Black, White, Blue, dan Red. Sedangkan, Samsung Galaxy A02s harus minus dengan Red dan sisanya memiliki varian sama seperti Samsung Galaxy A12. Perihal harga tampaknya kamu harus menyiapkan dana lebih jika ingin mengantongi Samsung Galaxy A12. Bila dengan Samsung Galaxy A02s mungkin terpaut Rp300 ribuan. Namun, keduanya kurang dari Rp3 jutaan, kok!

Simpulan

Simpulan dari kedua ponsel pintar yang dikudai dengan Android 10 ini, bahwa keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika disandingkan maka Samsung Galaxy A12 menjurai dari segi ukuran layar, ruang penyimpanan, kamera, dan konektivitas.

Tidak hanya itu, pada sisi fotografi, secara teknis Samsung Galaxy A12 lebih unggul dengan ukuran sensor yang lebih besar. Dengan demikian, hasil dari foto maupun video pun menjadi lebih tajam dan baik tampak seperti jepretan fotografer profesional.

Sedangkan, Samsung Galaxy A02s harus bangga dari segi bobot yang lebih ringan, dimensi tubuh yang sedikit lebih besar, dan Pixel Density atau kepadatan layar yang lebih tajam . Terkait masalah harga, Samsung Galaxy A02s tampaknya lebih terjangkau di kisaran Rp1,7 – 2,2 jutaan. Dibandingkan dengan Samsung Galaxy A12 lebih mahal yang dipatok dengan harga Rp2,5 jutaan.

Tidak dapat dipungkiri kalau Samsung selalu memberikan terobosan untuk menghadirkan ponsel berkualitas, terkhusus untuk kalangan menengah. Penasaran dengan jenis Samsung lainnya? Coba deh mampir ke artikel yang bertajuk Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Januari 2021, kamu akan diberikan banyak pilihan!

6 Perbedaan Samsung Galaxy A12 Dan A02s

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *