6 Cara Efektif Mencegah Penularan Hepatitis

Daftar Indodax

6 Cara Efektif Mencegah Penularan Hepatitis – Ada beberapa jenis penyakit yang menular salah satunya adalah hepatitis. Penyakit ini tidak langka ditemukan, mungkin di sekitar Anda ada yang menderita penyakit ini.

Buat Anda yang belum tau penyakit apa itu hepatitis, yaitu penyakit peradaangan hati yang disebabkan oleh virus. Hepatitis terdiri dari jenis A sampai E, semua jenis ini sama-sama beresiko penularan. Hepatitis A termasuk yang paling ringan, hepatitis B dan C dapat menular melalui kontak fisik, berbeda dengan hepatitis E yang menular melalui makanan dan air. Sedangkan hepatitis D adalah tingkat lanjut dari hepatitis B.

Nah, buat Anda yang terlanjur tinggal serumah dengan penderita penyakit menular ini, Anda tidak perlu khawatir di sini kami akan berbagi  bagaimana cara mencegah penularan hepatitis. Apa saja itu?

6 Cara Efektif Mencegah Penularan Hepatitis

Bentuk Kebiasan Mencuci Tangan

Tidak semua orang mudah membentuk kebiasaan ini, khususnya setelah jabat tangan atau lagi ngumpul dengan orang di sekitarnya. Jika Anda termasuk tipikal yang demikian dan kebetulan tinggal serumah dengan penderita hepatitis, mulai sekarang biasakan mencuci tangan sesering mungkin. Karena dengan cara ini, virus hepatitis A dan E yang menempel pada tangan akan menghilang.

Lagi pula, membiasakan diri mencuci tangan tidak hanya mencegah dari hepatitis tapi berbagai jenis penyakit lainnya dapat dicegah. Maka, tidak ada ruginya membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas. Supaya upaya ini lebih efektif, gunakan sabun cuci tangan yang anti virus dan bakteri seperti lifebuoy dan lain-lain.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Mencuci tangan saja tidak cukup untuk mencegah penularan penyakit ini, Anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Untuk itu hindari makanan mentah supaya tercegah dari penularan hepatitis. Sebab, makanan mentah beresiko lebih tinggi dalam penyebaran virus dari penyakit ini.

Selain menghindari makanan mentah, Anda harus perhatikan asupan gizi seperti vitamin, protein, mineral dan kebutuhan tubuh lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus. Begitu pula dengan kehigienisannya, pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang tercuci bersih dan diolah secara higienis.

Segera Lakukan Vaksinasi

Hepatitis A dan B dapat dicegah penularannya dengan cara melakukan vaksinasi. Jika di rumah Anda terdapat orang yang menderita penyakit ini, vaksinasi adalah pertolongan utama untuk menghambat penyebaran virus hepatitis.

Dengan vaksinasi, tubuh Anda akan sedikit kebal. Jadi, ketika virus menyerang potensi tertular penyakit hepatitis kemungkinannya kecil. Itulah kenapa penting sekali untuk vaksinasi seluruh anggota keluarga Anda supaya resiko penularan dapat tercegah.

Pakai Pelindung Tubuh

Tidak menutup kemungkinan, benda-benda di rumah seperti perlengkapan tidur dan peralatan kamar mandi terkontaminasi virus dari cairan tubuh penderita hepatitis. Memakai pelindung tubuh, masker atau sarung tangan ketika berberes rumah atau ketika masuk kamar mandi penderita hepatitis juga termasuk upaya mencegah tertularnya virus hepatitis.

Jika tidak, resiko penularan hepatitis akan tinggi, bisa jadi seluruh anggota rumah Anda akan menjadi korban selanjutnya dari virus hepatitis.

Hindari Berbagi atau Bertukar Barang Pribadi

Kebiasan berbagi dalam lingkup keluarga memang sudah menjadi nilai normatif. Apalagi soal makanan dan barang pribadi lainnya, hal ini pasti juga terjadi di keluarga Anda. Maka dari itu, mulai sekarang, edukasikan ke seluruh anggota keluarga Anda untuk tidak berbagi atau bertukar barang pribadi dengan penderita hepatitis, supaya anggota keluarga yang lain terbebas dari penyakit berbahaya ini.

Hindari Kontak Langsung

Dalam anggota keluarga, pasti yang namanya interaksi dan komunikasi pasti terjalin setiap hari, bahkan lebih dekat daripada berinteraksi dengan masyarakat luar. Buat Anda yang tinggal serumah dengan anggota keluarga yang mengidap penyakit hepatitis, ada baiknya menghindari kontak langsung dengan mereka. Baik berjabat tangan atau ngobrol.

Jika kondisi menuntut kontak langsung, gunakan sarung tangan atau masker atau pelindung tubuh lainnya, supaya virus hepatitis dari penderita tidak menyerang Anda saat menjalin kontak langsung dengan penderita.

Itulah pembaca 6 cara mencegah penularan hepatitis yang bisa Anda terapkan semaksimal mungkin di rumah atau di manapun Anda berada. Cara ini terbukti efektif menekan resiko penularan virus hepatitis. Pastikan diri Anda terlindungi dengan menerapkan kebiasaan baik di atas.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *