5 Museum Dunia yang Menyimpan Benda Sejarah RI, Ada Berlian 70 Karat Asal Banjarmasin

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Pemerintah Belanda diketahui telah berjanji bakal mengembalikan berlian 70 karat asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dulu dirampas secara paksa di era kolonial. Benda berharga yang menjadi saksi sejarah masa lalu itu selama ini tersimpan dengan aman di Museum nasional Belanda, Rijksmuseum.

‘The Banjarmasin Diamond, anonymous, c.1875’, itulah nama yang tertera pada berlian 70 karat tersebut. Sejak zaman penjajahan kolonial, ada banyak benda berharga dan punya nilai sejarah dari tanah nusantara dibawa oleh ke luar negeri. Beberapa di antaranya tersimpan di museum-museum dunia berikut ini.

Benda-benda peradaban Aceh yang tersimpan di Museum Nasional Denmark

Salah satu koleksi Musset National berupa tanduk [sumber gambar]Tidak ada yang menyangka jika Museum Nasional Denmark atau National Museet banyak menyimpan sejarah milik nusantara, yakni etnografi peradaban Aceh. Benda-benda tersebut merupakan gambaran Aceh di masa lalu seperti barang-barang antik, bendera kerajaan yang diperkirakan eksis sejak tahun 1850 sampai dengan tahun 1900, dan benda-benda lainnya.

Keris Kyai Omyang berada di Museum Fur Volkerkunde, Jerman

Ilustrasi keris [sumber gambar]Salah satu koleksi berharga dari Museum Fur Volkerkunde yang berada di Jerman adalah senjata milik Pangeran Diponegoro, yakni Keris Kyai Omyang. Karena memiliki nilai secara spiritual, benda ini menjadi satu dari sekian koleksi berharga dari museum tersebut. Selain itu, ada pula koleksi alat musik berupa gamelan Jawa yang kerap dipamerkan pada pengunjung, berikut cara penggunaannya.

Ribuan benda bersejarah masa lalu Indonesia ada di Tropen Museum Belanda

Benda bersejarah milik Indonesia di Tropen Museum Belanda [sumber gambar]Tropen Museum atau museum antropologi yang berada di kota Amsterdam ini memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah yang berasal dari Indonesia. Rinciannya, ada sekitar 5.500 buah alat musik tradisional khas Indonesia dan benda-benda kesenian tradisional seperti wayang dan topeng, juga sekitar 21.000 buah artefak tekstil khas Indonesia.

Metropolitan Museum of Art di AS simpan banyak benda era Majapahit

Pataka Majapahit yang berada di Amerika Serikat [sumber gambar]Di antara museum dunia lainnya, Metropolitan Museum of Art di Amerika Serikat ini banyak menyimpan kebudayaan Indonesia di era Kerajaan Majapahit. Mula dari patung, aksesoris seperti perhiasan yang terbuat dari emas, mahkota, piring kuno, hingga pedati. Benda-benda tersebut merupakan saksi sejarah yang menggambarkan kemakmuran Majapahit di masa lalu.

Koleksi peradaban suku-suku Indonesia di Museum of Crystal, Rusia

Salah satu koleksi di Museum of Crystal Rusia [sumber gambar]Museum of Crystal yang terletak di kota Gus Khustalny, Rusia, ini menyimpan banyak koleksi benda-benda yang berasal dari peradaban suku-suku di Indonesia seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan juga Papua. Ada sekitar 300 item yang dipamerkan di museum ini. Mulai dari senjata tradisional seperti keris, teknik kaligrafi, pakaian daerah, hingga peta.

Selain nama-nama museum di atas, Rijksmuseum Belanda juga menyimpan banyak benda berharga milik nusantara di masa lalu. Salah satunya adalah berlian 70 karat asal Banjarmasin yang telah di ulas pada paragraf awal. Di mana pemerintah Belanda akan segera memulangkannya ke negeri yang kini bernama Indonesia.

Berlian 70 karat dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan [sumber gambar]
Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *