4 Gejala Anda Alami Gangguan Pendengaran dan Ketulian

WikiMedan – Menjaga kesehatan pendengaran adalah hal yang wajib. Gangguan pendengaran dan ketulian yang Anda alami tidak muncul secara tiba-tiba. Ada gejala-gejala khusus yang bisa Anda kenali ketika pendengaran mengalami gangguan.

dr Soekirman Soekin, SpTHT-KL, Ketua PP Perhimpunan Dokter Ahli Telinga, Hidung, Tenggorok dan Bedah Kepala Leher (Perhati-KL) mengatakan ketulian akibat bising umumnya terjadi bertahap. Dalam artian, kemampuan mendengar akan turun secara perlahan.

“Karena berangsur-angsur jadinya sering tidak diperhatikan. Begitu parah baru kerasa nggak bisa mendengar,” tutur dr Soekiman kepada wartawan, baru-baru ini.

Nah, dr Soekiman menjelaskan ada beberapa gejala yang bisa dilihat ketika mengalami gangguan pendengaran dan ketulian. Apa saja?

1. Bayi
Pada bayi gangguan pendengaran bisa membuatnya menjadi kurang perhatian. Akibatnya bayi mengalami keterlambatan tumbuh kembang, sulit bicara dan sulit berkomunikasi.

Ciri-ciri bayi yang mengalami gangguan pendengaran adalah tidak terkejut ketika mendengar suara keras dan tidak merespons stimulasi suara yang diberikan orang tua.

2. Anak
Anak dengan pendengaran normal akan merespons panggilan dan kalimat dengan sesuai. Sebaliknya, anak dengan gangguan pendengaran tidak merespons panggilan dan perintah dengan baik.
Anak dengan gangguan pendengaran juga tidak memiliki perbendaharaan yang banyak dan sulit bicara.

3. Dewasa
Pasien gangguan pendengaran dan ketulian dewasa memiliki gejala yang sama seperti anak-anak dan remaja, namun dengan derajat yang lebih tinggi. Misalnya, baru bisa mendengar percakapan saat suara lawan bicara dikeraskan.
Seseorang yang memiliki gangguan pendengaran dan ketulian juga biasanya memiliki suara bicara yang keras.

4. Lansia
Lansia yang mengalami gangguan pendengaran biasanya sudah berusia lanjut dan memiliki masalah pendengaran bertahun-tahun. Ciri utamanya adalah mengeluh telinga sakit ketika diajak berbicara dengan suara keras.

 

 

Berikut ini ada sebuah video yang menjelaskan 5 penyakit penyebab gangguan pendengaran. Silahkan simak dan tetap jaga kesehatan.

 

Nah, Itulah Beberapa Gejala Yang Mungkin Anda Alami, apabila ada tambahan anda bisa ketik di kolom komentar.

Saran untuk tetap menjaga kebersihan telinga dengan pemeriksaan rutin agar kamu bisa terhindar dari gejala gejala seperti ini. Ibarat kata pepatah “Kesehatan Mahal Harganya”.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *