1. Tidak Ada Audio Jack 3.5 mm

* sumber: www.techradar.com

Sebagus apapun sebuah smartphone, tentunya tak bisa dikatakan sempurna. Karena selalu saja ada kekurangan yang ditemukan pada smartphone tersebut, tak terkecuali pada Xiaomi Mi 9. HP ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah, absennya audio jack berukuran 3.5 mm yang biasa digunakan untuk memasang earphone.

Jadi, Anda harus menggunakan konektor USB tipe-c to 3.5 mm audio jack jika ingin memasang earphone. Hal ini dinilai cukup merepotkan bagi sebagian orang.

2. Tidak Tahan Air dan Debu

* sumber: www.techradar.com

Sangat disayangkan, HP Xiaomi Mi 9 ini sama sekali belum mengantongi sertifikat IP67 ataupun IP68. Artinya, HP ini tidak memiliki resistensi terhadap air maupun debu. Padahal, HP ini merupakan HP flagship dari Xiaomi. Nah, jadi buat Anda yang menginginkan HP Xiaomi terbaru yang tahan air dan debu, Xiaomi Mi 9 ini bukanlah pilihan tepat.

3. Tidak Ada Slot Micro SD

* sumber: www.expertreviews.co.uk

Selain tak dilengkapi audio jack 3.5 mm, HP ini juga ternyata tidak dibekali slot khusus untuk microSD. Slot yang dimiliki oleh HP ini hanya dikhususkan untuk ditempati oleh dua buah SIM Card saja. Jadi, Anda harus mengandalkan memori internal dari HP ini.

4. Tidak Dilengkapi Sistem Stabilisasi Foto

* sumber: www.expertreviews.co.uk

Satu kekurangan lagi yang dimiliki oleh HP ini adalah, tidak adanya sistem stabilisasi foto atau optical image stabilization pada kamera yang dimiliki HP Xiaomi Mi 9, sehingga, jika Anda ingin mengambil foto yang bagus, Anda harus benar-benar berhati-hati saat mengambil foto, agar tidak ada efek buram yang tercipta karena goncangan.

Simpulan

Kalau Anda membutuhkan HP dengan performa super kencang, layarnya lebar, bisa digunakan untuk main game berat, kameranya mumpuni hingga sudah mengantongi teknologi wireless charging, Anda bisa memilih HP ini.

Namun, jika Anda menginginkan HP yang tahan air dan debu, ada audio jack 3.5 mm dan juga teknologi stabilisasi gambar, Anda dapat memilih HP keren lainnya seperti Samsung Galaxy S10 series yang juga dirilis belum lama ini.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 9. Nah, gimana, setelah menyimak pembahasan di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli HP flagship terbaru dari Xiaomi ini?