10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15


Berita Teknologi – 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15. Selain OPPO A11k, OPPO juga mengeluarkan produk lain di seri A pada November 2020, yaitu OPPO A15. Ponsel ini masih di level entri dan memiliki harga awal Rp 1,9 jutaan untuk satu varian memori yang tersedia. Di harga tersebut, OPPO A15 harus mampu bersaing dengan beberapa kompetitor yang cukup kuat.

Jika Anda ada rencana untuk membeli ponsel ini, Anda bisa membaca bahasan di bawah mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan HP ini menurut kacamata kami. Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui spesifikasi OPPO A15 berikut ini.

Spesifikasi OPPO A15

  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh

Kelebihan OPPO A15

Apakah OPPO A15 layak untuk dibeli dengan harga Rp 1,9 jutaan? Beberapa kelebihannya berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan sebelum membeli.

1. Bodi Ringan dan Elegan

Ini adalah salah satu keunggulan utama OPPO A15. Dibanding beberapa pesaing utamanya, OPPO A15 lebih unggul dalam hal desain dan bangunan. Ia memiliki bobot yang ringan (175 gram) dengan ketebalan hanya 7,9 mm, membuatnya nyaman digenggam selama pemakaian sehari-hari.

Desainnya juga bisa masuk kategori banyak orang. Alih-alih dibuat hidup dengan gradasi atau desain bertekstur, OPPO A15 lebih memilih tampil dengan desain solid yang tampak elegan dalam dua pilihan warna dasar: hitam dan putih. Desain kameranya juga tampak seirama dengan desain ponsel secara keseluruhan, sehingga mampu memberikan sedikit kesan premium.

2. Tampilan Cerah

Tampilan OPPO A15 juga sedikit lebih unggul dalam hal kecerahan dibandingkan dengan beberapa produk kompetitor. HP ini menawarkan kecerahan tipikal 480 nit, yang membuatnya memiliki keterbacaan yang bagus saat pemakaian di siang hari yang cerah. Kecerahan OPPO A15 didukung oleh kecerdasan buatan, yang mempelajari preferensi penggunanya dan menyesuaikan kecerahan secara otomatis.

3. Baterai Tahan Lama

OPPO A15 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4230 mAh yang tahan lama. Baterai tersebut bisa mendayai perangkat sepanjang hari dalam satu kali pengisian penuh.

OPPO mengklaim kalau baterai OPPO A15 mampu bertahan hingga 16 jam untuk menonton video HD online atau hingga 6 jam untuk bermain game. Sementara itu, fitur Super Nighttime Standby-nya akan mempelajari kebiasaan tidur pengguna dan mengurangi konsumsi daya pada malam hari.

4. Sistem Operasi yang Nyaman

OPPO A15 berjalan dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Dalam OS tersebut pengguna bisa menemukan beberapa fitur yang dibuat lebih baik untuk kenyamanan pengguna, seperti Mode Gelap baru, Smart Sidebar, dan Icon Pull-Down Gesture.

Fitur Mode Gelap-nya yang baru membuat informasi utama menonjol dan lebih nyaman dilihat. Lalu ada Smart Sidebar yang mempermudah pengguna untuk mengakses file, mengambil tangkapan layar, dan lainnya, dari aplikasi yang sedang digunakan. Sedangkan Icon Pull-Down Gesture mempermudah pengoperasian dengan satu tangan.

5. Performa Lumayan Kencang

Secara keseluruhan, performa OPPO A15 cukup baik. Ia menggunakan prosesor delapan inti yang lumayan kencang di kelasnya. Disandingkan dengan RAM 3 GB, OPPO A15 mampu memberikan kinerja yang baik untuk pekerjaan ringan sehari-hari, seperti main sosial media, penelusuran web, dan menonton video HD secara online.

Fitur Hyper Boost 2.1 yang tertanam di dalamnya membantu meningkatkan kinerja game dan respons sentuh. Namun, karena prosesornya bukan spesialis gaming, OPPO A15 bukan produk yang tepat untuk bermain game dalam intensitas tinggi.

6. Memiliki Sensor Sidik Jari

Sensor sidik jari memang sudah sepatutnya hadir di OPPO A15. Dengannya Anda bisa mengakses perangkat hanya dalam satu sentuhan. Selain itu, OPPO A15 juga mendukung fitur Face Unlock yang mampu mengidentifikasi penggunanya berdasarkan 128 fitur wajah. Ini memang tidak bekerja secepat sensor sidik jari, namun sewaktu-waktu bisa diandalkan.

7. Performa Kamera Utama Layak

OPPO A15 memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Kamera utamanya berupa sensor 13 MP dengan performa yang layak untuk menangkap momen-momen indah setiap harinya. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan dua kamera lain, seperti kamera makro untuk fotografi close-up dan kamera bokeh untuk fotografi potret.

Kekurangan OPPO A15

Meski tampil cukup meyakinkan, OPPO A15 nyatanya memiliki sejumlah kelemahan di beberapa sektor penting. Dengan cukup banyaknya produk pesaing yang menawarkan parameter yang lebih baik, OPPO harus bekerja keras meyakinkan calon pelanggan kalau produk mereka layak dimiliki.

Dengan mengacu pada perbandingan dengan beberapa produk kompetitor di harga yang sama, seperti realme C15 (3/64 GB) dan Redmi 9 (4/64 GB), berikut adalah beberapa kekurangan OPPO A15.

1. Memori Penyimpanan Kecil

Dibandingkan dengan dua lawannya di atas, OPPO A15 hadir dengan memori penyimpanan yang paling kecil, yakni 32 GB. Meski mendukung slot tambahan untuk microSD, hal ini jelas bisa menjadi salah satu penentu utama bagi calon pengguna untuk memperimbangkan.

Dengan meningkatnya pemakaian gadget di masa sekarang, idealnya sebuah ponsel memiliki memori penyimpanan minimal 64 GB. Ini sudah tergolong cukup untuk menyimpan beragam data yang dibutuhkan, seperti aplikasi, media, dan lain-lain.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

OPPO A15 juga sedikit kurang kompetitif di bagian kamera dibanding realme C15 dan Redmi 9. Dalam pengaturannya ia tidak menyertakan lensa ultrawide yang mampu menangkap lebih banyak keseruan. Sedangkan realme C15 dan Redmi 9 yang masing-masing menawarkan satu sensor kamera lebih banyak menawarkan sebuah lensa ultrawide 8 MP.

3. Tidak Mendukung Pengisian Cepat

Ukuran baterai OPPO A15 memang sudah terbilang bagus, di atas standar saat ini. Namun, baterai tersebut hanya mendukung pengisian 10W, yang artinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisinya dari kosong hingga penuh. Sebagai ilustrasi Anda dapat melihat perbandingan pengisian pada gambar di atas.

Di sisi lain, realme C15 dan Redmi 9 hadir dengan baterai yang lebih besar, masing-masing 5020 mAh dan 6000 mAh. Mereka juga mendukung pengisian cepat 18W dengan kecepatan yang dapat diandalkan.

Simpulan

OPPO A15 adalah ponsel yang menarik secara desain. Bodinya yang ramping, warna yang solid, dan desain yang elegan membuatnya cocok digunakan oleh semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Sementara itu, layarnya yang cerah, performa dapur pacu yang memadai, dan baterai yang tahan lama menjadikan OPPO A15 perangkat yang andal untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Namun, ketika masuk ke dunia perbandingan, OPPO A15 tidak sepenuhnya perangkat yang menarik. Di dalam persaingan yang semakin ramai, Anda bisa menemukan beberapa produk di kelas harga yang sama yang menarik parameter yang lebih baik, yang artinya bisa memberi Anda benefit yang lebih banyak.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *