10 Foto Saat Flu Spanyol Ini Menggambarkan Keadaan Pandemi Seperti yang Sekarang Terjadi

Daftar Indodax

10 Foto Saat Flu Spanyol Ini Menggambarkan Keadaan Pandemi Seperti yang Sekarang Terjadi. Wabah Covid-19 yang menyerang dunia membuat manusia tak bisa beraktivitas dengan bebas. Semua orang harus memakai masker, menghindari kerumunan, dan tidak boleh bepergian apabila tak punya kepetingan mendesak. Namun, sebelum virus Corona, ternyata dunia sudah pernah dilanda wabah Flu Spanyol.

Pandemi yang terjadi di tahun 1918 ini merupakan wabah paling parah dan menyerang manusia di hampir seluruh belahan dunia. Kala itu, banyak potret yang menggambarkan kondisi yang terjadi seperti sekarang. Simak deretan foto yang berhasil dirangkum Wikimedan dari berbagai sumber.

Daftar Isi

1. Saat wabah melanda, semua orang diwajibkan menggunakan masker. Himbauan memakai masker juga ditemukan di koran-koran jaman dulu.

2. Ini akibatnya kalau tak mau memakai masker. Polisi akan langsung menegur. Bahkan kalau masih bandel, langsung diseret ke penjara.

3. Sama seperti sekarang, bioskop di berbagai kota juga ditutup demi mencegah penularan pandemi. Namun beruntung, sekarang kita masih bisa menonton film di layanan streaming online.

4. Para tenaga kesehatan selalu sigap memakai APD (Alat Pelindung Diri) saat merawat pasien yang terkena virus.

5. Wabah virus yang menyebar dengan cepat membuat sejumlah ranjang rumah sakit dipenuhi dengan pasien yang membutuhkan pengobatan.

6. Akibat membludaknya pasien, rumah sakit tak mampu menampung mereka lagi. Pemerintah mendirikan tenda-tenda di lapangan untuk membangun rumah sakit darurat demi memberikan pertolongan untuk para pasien.

7. Pekerja kala itu tak bisa menikmati work from home, mereka harus tetap pergi ke kantor untuk mencari nafkah. Namun mereka wajib memakai masker saat bekerja di kantor.

8. Berkumur pada saat itu, juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi virus yang ada di saluran tenggorokan.

9. Saat wabah berlangsung, pertandingan baseball masih tetap digelar. Namun para pemainnya tetap memakai masker. Meski agak pengap, seharusnya kita juga wajib memakai masker saat berolahraga.

10. Gambaran petugas kebersihan menyemprotkan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum, seperti bus, jalan raya, bangku taman, dan lain sebagainya, ternyata juga menjadi pemandangan lazim kala Flu Spanyol menyerang.

Itulah beberapa foto saat Flu Spanyol menyerang dunia, yang ternyata menggambarkan kondisi saat ini. Dalam kurun waktu dua tahun saja, wabah ini telah menewaskan 40 hingga 50 juta orang. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Oleh karena itu, patuhi protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, jangan lupa hindari kerumunan, dan tunda bepergian jika tak ada keperluan penting. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *