10 Ciri Teman Toxic yang Bisa Merusak Masa Depan Bila Terus Bersamanya

Daftar Indodax

10 Ciri Teman Toxic yang Bisa Merusak Masa Depan Bila Terus Bersamanya – Terlahir sebagai mahluk sosial membuat manusia membutuhkan orang lain, salah satunya teman. Manusia pasti memiliki teman walau dalam lingkup paling kecil sekalipun. Dengan berteman, kita bisa saling berbagi cerita, saling memberikan dukungan atau bahkan bantuan. Hidup pun akan terasa lebih berwarna.

Namun ternyata ada banyak orang yang justru merasakan dampak negatif saat berteman. Biasanya hal seperti ini tak langsung disadari sebab teman toxic menggunakan kebaikannya untuk memanipulasi keadaan. Kamu bisa dibutakan olehnya dan tak melihat kenyataan yang ia sembunyikan. Sifat-sifat tersebut lama-kelamaan akan merusak masa depanmu. Lalu bagaimana cara mendeteksi sifat teman toxic di lingkungan kita? Simak ciri-cirinya berikut ini ya.

1. Selalu membelamu meski kamu salah

Jika temanmu terus saja membelamu walaupun kamu melakukan hal yang salah, maka ia bisa memberikan pengaruh buruk. Kamu bisa berubah menjadi orang yang keras kepala karena selalu mendapat pembelaan. Kamu jadi malas untuk introspeksi diri akibat selalu dibohongi bahwa kamu benar. Teman yang baik tak akan segan untuk menegurmu saat kamu salah.

2. Menceritakan rahasiamu kepada orang lain

Berbagi rahasia dengan teman adalah hal yang biasa. Namun kamu harus berhati-hati dengan teman toxic. Teman seperti ini biasanya tak ragu untuk menyebarkan rahasiamu ke orang lain, walaupun kamu sudah melarang untuk menceritakannya kepada orang lain.

3. Manipulatif dan suka mengkritik

Tak mau kalah adalah salah satu sifat yang perlu diwaspadai. Teman yang selalu membuatmu menuruti kemauannya akan selalu memberikan kritikan negatif terhadap perbuatan maupun penampilanmu. Ia berusaha memanipulasimu agar selalu mengikuti keinginannya.

4. Selalu memberikan pujian

Teman yang selalu memujimu saat kamu sendiri sadar bahwa kamu tak layak menerima pujian, menjadi tanda bahwa temanmu punya sifat toxic. Pujian yang terus-terusan ia lontarkan terasa tak tulus dari hati. Bahkan lama-lama pujiannya terasa seperti menjilat.

5. Suka membeda-bedakan orang karena harta dan status sosial

Kamu bisa mendeteksi orang toxic dengan melihat bagaimana cara dia memperlakukan orang lain. Mungkin saja dia bersikap baik padamu karena kamu dianggap lebih atau setara dengannya dalam hal status sosial dan harta. Namun tak menutup kemungkinan ia bisa memutuskan hubungan pertemanan denganmu, saat ia merasa sudah lebih dari kamu.

6. Selalu menganggapmu sebagai saingannya

Hubungan pertemanan yang baik bisa membuatmu berkembang dan maju ke arah yang lebih baik bersama-sama. Tapi hubungan yang hanya menciptakan persaingan bukanlah pertemanan yang sehat. Jika dia selalu menganggapmu sebagai saingannya, maka sudah saatnya kamu mencari lingkungan pertemanan lain yang suportif.

7. Ingin selalu dipahami namun tak mau memahami

Teman yang toxic tak akan pernah peduli padamu. Kamu yang harus selalu memahami dirinya. Kamu yang selalu menghubunginya lebih dulu, bertanya kabar. Parahnya, kamu secara tak sadar selalu meminta maaf lebih dulu dan merasa bersalah meskipun kamu tak melakukan perbuatan yang salah.

8. Selalu memanfaatkanmu

Ini adalah ciri yang paling mudah dikenali. Teman toxic hanya akan datang padamu saat dirinya memerlukan bantuan. Setelah urusannya selesai, ia akan menghilang dan meninggalkanmu.

9. Selalu menimbulkan drama

Sifatnya yang berubah-ubah membuatmu harus selalu berhati-hati saat berada di dekatnya. Kamu merasa bertanggung jawab dengan kondisinya hingga membuatmu tak nyaman ketika bersamanya. Teman-teman yang toxic juga suka menimbulkan konflik atau drama tak penting antara kamu dengan orang-orang di sekitarmu.

10. Hanya menceritakan tentang dirinya

Mementingkan diri sendiri merupakan ciri-ciri teman toxic yang harus kamu kenali. Ketika sedang bercerita, dia akan menceritakan tentang dirinya. Ia tak peduli dengan hal yang terjadi di hidupmu. Dia akan mengembalikan topik ke dirinya sendiri agar tetap menjadi pusat perhatian.

Itulah ciri-ciri teman toxic yang harus kamu waspadai. Jika terus bersamanya, teman-teman dengan sifat merugikan seperti di atas bisa merusak masa depanmu. Sebaiknya carilah lingkungan pertemanan yang bisa membuatmu nyaman saat berada di dekat mereka dan bisa mengarahkanmu menjadi orang yang lebih baik dan positif.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *