10 Aplikasi Edit Foto di PC yang Ringan dan Juga Berkualitas


Berita Teknologi – Mungkin kita mengira kalau aplikasi edit foto untuk PC yang berkualitas haruslah berat ukuran berkasnya, mengingat banyaknya tools dan fitur yang ada di dalamnya. Padahal, tidak semua aplikasi edit foto haruslah berat.

Lagipula, aplikasi edit foto yang berat justru bakal membuat PC kepunyaan kita cepat nge-hang. Untuk itulah, penggunaan aplikasi edit foto yang ukuran file-nya berat mulai mesti ditinggalkan.

Apalagi, sekarang sudah tersedia beragam aplikasi edit untuk PC yang berkualitas, serta ringan ukurannya. Jadi, kamu pun bisa mengedit foto di PC secara nyaman, tanpa takut PC-mu cepat nge-hang. Lalu, apa saja sejumlah aplikasi itu?

10 Aplikasi Edit Foto di PC

1. PhotoScape

Aplikasi bikinan MOOII Tech ini khusus buatmu yang mau mengedit foto dari kamera ponsel ataupun kamera digital. Dengan antarmuka yang sederhana, kamu bisa mengedit foto di sini dengan berbagai cara.

Entah dengan mengubah ukuran, mengubah warna, hingga merubahnya dalam format animasi GIF. Fiturnya sendiri terbilang lengkap. Photoscape memiliki ukuran 356,09 MB, sangat cocok dipakai untuk laptop berbasis Windows XP dan Mac. Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung kunjungi laman ini.

2. GIMP

Aplikasi yang bisa diakses secara gratis ini bisa membantumu mengedit foto dalam berbagai cara. Baik itu dengan mengubah resolusi, memotong foto, atau menggabungkan satu foto dengan foto lainnya. Foto yang kamu edit di sini bisa disimpan dalam format XCF. Namun, kamu juga bisa mengekspornya ke format lain, semisal JPG, PDF, hingga SVG.

GIMP mempunyai ukuran 85,4 MB. Aplikasi ini bisa dipakai untuk PC berbasis Windows XP, Vista, 98, hingga 2000. Silakan klik di sini, bila kamu tertarik mengunduh dan memakai aplikasi tersebut.

3. GIMPshop

Kalau yang satu ini merupakan modifikasi dari aplikasi sebelumnya, GIMP. Tools dan cara menggunakan aplikasi ini sama seperti halnya Adobe Photoshop. Pembuatan aplikasi ini sendiri dilakukan agar pengguna Adobe Photoshop bisa mengakses Gimpshop, bila mereka sedang tak bisa mengakses Photoshop.

Interface GIMPshop sama dengan Photoshop. Adapun fiturnya sendiri sebagian besar diadopsi dari GIMP. GIMPshop bisa dipakai untuk PC berbasis Windows, mulai dari Windows 10, 8, 7, hingga Windows XP dan Vista. Ukurannya sendiri tidaklah terlalu besar, yaitu 7,36 MB saja. Adapun jika ingin mendapatkannya, langsung saja kunjungi situs ini.

4. Affinity Photo

Reinkarnasi dari PhotoPlus ini juga punya kelebihan yang sama dengan Lightroom. Sama-sama menghasilkan editan foto berformat RAW, aplikasi ini tentu bisa menjadi alternatif bila kamu sedang tak bisa memakai Lightroom.

Kamu bisa mengedit di sini secara detail, karena Affinity sudah dilengkapi dengan 360-degree image editing. Masih ada beberapa fitur menarik lainnya yang ada di aplikasi ini. Mulai dari HDR merge, hingga tone mapping.

Ukuran Affinity Photo sendiri beragam tergantung sistem yang kamu pakai di PC-mu. Jika kamu pakai Windows, maka ukurannya adalah 866 MB. Adapun jika kamu pakai Mac OS atau iOS, maka ukuran aplikasi ini adalah 420 MB dan 994 MB. Tertarik memakai Affinity Photo? Langsung saja unduh di sini.

5. Artweaver

Selain sebagai salah satu aplikasi sketsa untuk PC, Artweaver rupanya juga bisa dipakai untuk mengedit foto. Kelebihan aplikasi ini adalah fitur filter efek yang beragam. Mulai dari blur, mosaik, hingga transparan.

Kamu pun juga bisa membantumu untuk memotong foto yang kamu edit. Hasil editanmu nani bisa disimpan dalam format BMP, JPEG, ataupun PSD. Artweaver bisa dipakai untuk PC berbasis Windows. Ukurannya pun tidaklah terlalu besar, yaitu hanya sekitar 7,5 MB. Untuk mendapatkannya, silakan kunjungi saja laman ini.

6. Firealpaca

Aplikasi asal Jepang ini tampilannya cukup mirip dengan Microsoft Paint. Meski begitu, fiturnya cukup canggih untuk mengedit foto, serta cocok untuk para pemula.

Selain untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk membuat komik. Pasalnya, Firealpaca punya fitur comic template yang cocok dipakai untuk membuat komik. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, yakni 27 MB saja. Aplikasi yang tersedia untuk Windows dan Mac OS ini bisa kamu unduh di sini.

7. PicturesToExe9

Seperti beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi satu ini juga bisa kamu unduh gratis. Walau gratis, aplikasi ini punya tools yang cukup banyak, layaknya aplikasi berbayar.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengatur sesuka hati tingkat kecerahan. Tak hanya itu, kamu pun bisa memanipulasi warna pada fotomu. Aplikasi ini hanya cocok untuk PC berbasis Windows, serta berukuran 3 MB saja. Jika pun ingin mengunduhnya, kamu bisa langsung ke sini.

8. Xara Photo & Graphic Designer

Aplikasi asal Inggris ini merupakan aplikasi yang menggabungkan alat pengeditan foto dengan ilustrasi vektor. Fitur untuk pengeditan foto di aplikasi ini cukup lengkap.

Selain edit foto, kamu pun juga bisa membuat desain tiga dimensi, serta web design lewat aplikasi ini. Xara punya kapasitas 300 MB (hard disk space), serta 500 MB (RAM). Xara bisa dipakai untuk PC berbasis Windows 7, 8, 10, dan juga Vista. Untuk mendapatkannya, bisa langsung saja ke laman ini.

9. Krita

Selain Artweaver, masih ada satu aplikasi sketsa lainnya yang bisa dipakai buat edit foto. Krita adalah aplikasi tersebut. Aplikasi berukuran 99 hingga 166 MB ini bisa membantumu memberi efek-efek menarik pada foto yang kamu edit.

Mulai dari blur, Gaussian blur, pixelate, hingga lens blur. Hasil foto yang kamu edit bisa disimpan dalam beragam format. Mulai dari PNG, TIFF, hingga JPEG dan TGA. Krita sangat cocok untuk PC berbasis Mac OS, Windows, dan Linux. Adapun untuk mendapatkannya, bisa kamu unduh gratis di sini.

10. Vintager 2

Kalau mau mengedit foto dengan gaya vintage, aplikasi edit foto ini layak kamu unduh. Aplikasi dengan tampilan simpel ini punya beragam efek vintage yang bisa kamu pakai.

Kamu pun juga bisa memakai efek bokeh dan blur via aplikasi ini. Vintagers bisa dipakai oleh PC berbasis Windows dan ukurannya anya sekitar 89,6 – 93 MB. Tertarik memakai aplikasi ini? Sila unduh langsung di laman ini!

Mungkin kita mengira kalau aplikasi edit foto untuk PC yang berkualitas haruslah berat ukuran file-nya. Mengingat banyaknya tools dan fitur yang ada di dalamnya. Padahal, tidak semua aplikasi edit foto haruslah berat.

Sepuluh aplikasi di atas adalah buktinya. Kesepuluh aplikasi itu cenderung ringan ukuran file-nya, serta tentunya berkualitas. Beberapa di antaranya punya interface yang simpel, sehingga kamu mudah untuk memakainya. Dari sepuluh aplikasi itu, mana yang akan kamu pakai nanti?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *