10 Antivirus Lokal Gratis dan yang Paling Mudah Digunakan


Berita Teknologi – 10 Antivirus Lokal Gratis dan yang Paling Mudah Digunakan. Komputer adalah perangkat yang kita gunakan setiap hari. Baik itu untuk bekerja, browsing, belajar, mencari entertainment, kita bisa mendapatkan semuanya melalui komputer. Tak luput dari bahaya, komputer di kantor, sekolah, bahkan milik pribadi kita di rumah bisa terkena virus. Yang dilakukan virus komputer bermacam-macam, bisa menambah folder yang aneh-aneh, bisa menghilangkan file, sampai merusak hardware komputer kita.

Makanya, ada banyak software antivirus di pasaran, mau yang berbayar atau gratis, itu pilihan kamu. Namun, jika kamu sedang mencari antivirus buatan Indonesia yang kebetulan gratis juga, Wikimedan sudah merangkum 10 aplikasinya di bawah ini.

10 Antivirus Lokal Gratis dan yang Paling Mudah Digunakan

1. SMADΔV

SMADΔV (dibaca Smadav) adalah antivirus buatan orang Indonesia yang paling populer. Smadav pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Smadav dibuat oleh Zainuddin Nafarin saat ia masih duduk di bangku SMA, loh! Nama Smadav merupakan perpaduan dari ‘Smad’ yang merupakan singkatan dari SMA Negeri 2 Palangka Raya Kalimantan Tengah, dan ‘av’ yang berarti antivirus.

Karena Zainuddin mendapatkan pelajaran Visual Basic, ia pun membuat antivirus tersebut. Dan, ia kembangkan lagi pada tahun 2008 saat berstatus sebagai mahasiswa di UGM. Perangkat lunak ini dapat membantu kamu mengatasi berbagai macam virus lokal maupun internasional. Smadav ada versi gratis maupun berbayar, dengan konten yang lebih lengkap jika kamu membelinya tentu saja. Silakan klik link ini untuk mengunduhnya.

2. ANSAV

Siapa yang baru tahu kalau ANSAV buatan dalam negeri? ANSAV sendiri merupakan singkatan dari Ans AntiVirus. ANSAV adalah utilitas antivirus gratis yang dirancang untuk mengidentifikasi, menggagalkan, dan menghilangkan virus komputer dan malware (perangkat lunak berbahaya) lainnya.

Antivirus ANSAV gratis dan berlisensi freeware. Aplikasi yang berjalan di Windows dan Linux ini dibuat khusus untuk menangani berbagai malware seperti virus, Trojan dan Spyware. Baik itu virus lokal atau dari luar negeri, bisa diatasi oleh ANSAV. Klik link ini untuk mendownload software-nya.

3. PCMedia AntiVirus

PCMedia AntiVirus, atau bisa disebut PCMAV untuk singkatnya, merupakan OS antivirus yang dibuat oleh PCMedia, perusahaan majalah komputer di Indonesia. Aplikasi ini bisa berjalan di Microsoft Windows XP, Vista, dan 7 ke atas.

Walaupun buatan lokal, antivirus ini bisa mendeteksi virus yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri. Antivirus ini dibuat di Delphi, bukan di Microsoft Visual C++ seperti kebanyakan antivirus lokal lainnya, sehingga bahasa pemrogramannya berbeda.

4. ARTAV

ARTAV dibuat oleh anak muda asal Bandung. Mereka masih pelajar SMP pada waktu itu, nama mereka adalah Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama yang merupakan kakak beradik. Dari situ, kamu mungkin bisa menebak asal nama “ARTAV”.

Betul, gabungan dari nama Arrival dan Taufik, hihi. Arrival membuat program, sedangkan Taufik membuat desain antivirusnya. Mereka membuat ARTAV dengan Visual Basic 6.0 dan Visual C ++. Psst, mereka membuatnya di warnet, loh, pada waktu itu.

Dipublikasikan pada April 2010, ARTAV masih banyak digunakan hingga sekarang. Antivirus kecil ini mudah digunakan dan akan membantu mencegah dan melindungi PC dari virus, Trojans, dan worm. ARTAV memiliki fitur lengkap seperti Hybrid Scan, Registry Repair, Realtime Protection, dan Lock Drives dari Virus.

5. Blue Atom

Blue Atom Antivirus adalah aplikasi yang kecil, namun kuat. Ia akan membantu melindungi komputer dari serangan virus dan infeksi. Ia mampu mencegah berbagai macam ancaman seperti spyware, virus, dan jenis malware lainnya. Program ini tidak membebani sumber daya sistem komputer dan menawarkan perlindungan lengkap untuk file penting.

Blue Atom Antivirus hadir dengan antarmuka yang intuitif dan bebas gangguan. Aplikasi tidak memerlukan konfigurasi yang rumit atau operasi penyesuaian lainnya. Program ini juga menawarkan perlindungan waktu nyata dan akan menjauhkan ancaman dari file di komputermu. Bisa klik di sini untuk mengunduhnya.

6. Codenesia Malware Cleaner

Codenesia Malware Cleaner lebih sering disebut CMC. Ini antivirus buatan tim Codenesia. Pada awalnya, CMC merupakan scanner malware sederhana, tapi sekarang sudah lengkap fiturnya dan menjadi antivirus buatan lokal yang unggul. Antivirus CMC dikenal cepat, akurat, aman, dan nyaman.

Kelebihannya, CMC ada metode ceksum ringkas yang maksimal, sehingga file-file yang terinfeksi virus yang menipu atau menyamar bisa terdeteksi juga. CMC juga tidak akan berani menyentuh file system, walaupun file tersebut terinfeksi oleh virus.

Karena, jika dihapus, sistem akan bekerja kurang normal. Terkecuali CMC gagal melakukan enumerasi terhadap file system saat load, namun kamu akan mengetahui kegagalan tersebut karena CMC akan memberi peringatan.

7. AVIGEN

Di posisi selanjutnya ada AVIGEN. Antivirus ini dibuat oleh seorang dosen visual basic. Antivirus ini dibuat menggunakan Microsoft Access 2003, loh! Sedangkan untuk main core-nya dibuat dengan Visual Basic (VB) 6. Walaupun terdengar simpel, aplikasi ini memiliki banyak utility yang akan membuat komputer kamu bebas dari virus.

Kamu juga bisa melakukan Registry Tweak, Scan Running Process, Process Viewer, Setting File Type, Setting Attribut File & Folder, Scan AutoRun Locations, dan masih banyak lagi. Serunya lagi, aplikasi ini adalah freeware (open source), jadi gratis! Kamu bisa men-download app ini di Softpedia.

8. Gucup Antivirus (GAV)

Kita menggunakan komputer setiap hari, maka kemungkinan komputer terinfeksi malware sangat riskan. GAV atau Gucup Antivirus adalah aplikasi yang antarmukanya ramah pengguna, jadi pemula pun tidak akan pusing menggunakannya. Selain mendeteksi virus, pengguna juga bisa memverifikasi status keamanan komputer.

GAV secara otomatis akan melakukan pemindaian cepat ketika dijalankan untuk pertama kalinya dan menganalisis registri dan area penting lain di PC. Ini bertujuan untuk memastikan komputer berfungsi dengan benar.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memindai seluruh drive atau memilih satu folder saja dan memverifikasi isinya secara menyeluruh. Jika ditemukan file yang terdeteksi terinfeksi virus, mereka akan dibersihkan atau dikarantina.

9. SigmaAV

Di posisi ke-9 ada SigmaAV. Aplikasi antivirus ini akan melakukan pembersihan manual. Virus-virus yang ada pada library komputer, semua bisa di-scan olehnya. Bahkan, waktu scanning-nya lebih cepat. Ia juga bisa mendeteksi kalau-kalau ada registry yang rusak atau hilang, terus langsung di’obati’ juga. Walaupun begitu, antivirus ini memiliki kelemahan, yaitu tampilannya biasa banget dan masih memerlukan file dukungan VB.

10. Morphost

Morphost Accords atau Morphost saja adalah salah satu dari enam antivirus yang diproduksi oleh MorphostLab. Morphost dirilis pada Agustus 2009. Uniknya, Morphost dibuat untuk bekerja sama dengan antivirus lokal lainnya, jadi dia akan kompatibel dengan kebanyakan antivirus buatan Indonesia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendeteksi virus executable, virus macro, virus script, mendeteksi semua file yang terinfeksi virus, file pemicu virus, dan file yang component (bisa mendukung) adanya virus.

Tidak harus selalu menggunakan produk luar karena ada juga software antivirus lokal yang ternyata cukup recommended digunakan di PC/laptop. Dari kesepuluh aplikasi yang kami sebutkan, adakah salah satu software yang ingin kamu coba?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *