10 Anti Malware Terbaik Di PC Dan Laptop Tahun 2020


Wikimedan.com – 10 Anti Malware Terbaik Di PC Dan Laptop Tahun 2020 . Malware atau malicious software adalah sebuah program yang dibuat untuk merusak sistem komputer pengguna. Keberadaan malware sendiri memang patut diwaspadai karena dapat mengacaukan, melumpuhkan, atau mengambil paksa data dan informasi penting yang dimiliki oleh pengguna. Malware sering digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk sebuah kejahatan.

Hal tersebut tentu bisa sangat merugikan. Malware biasanya menyebar ketika sistem pengguna terhubung dengan internet atau koneksi langsung dengan data yang sudah terinfeksi dalam penyimpanan data.

10 Anti Malware Terbaik untuk Melindungi PC dan Laptop

Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Norton 360

Anti Malware Terbaik pertama adalah norton. Norton 360 merupakan anti malware yang banyak digunakan untuk melindungi komputer dari sejumlah malware, ransomware, spyware, dan banyak virus lainnya. Selain dapat mendeteksi malware dengan cepat, Norton 360 juga memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk menjaga komputer dengan aman.

Beberapa fitur tambahan yang dimiliki oleh antimalware ini adalah memblokir situs sensitif, serta memantau aktivitas browsing pengguna, melindungi data saat komputer terkoneksi ke internet, menyediakan privacy manager agar sistem pengguna tidak mudah untuk dibobol, dan menyediakan penyimpanan dengan keamanan tinggi untuk dokumen penting yang dimiliki pengguna.

2. BitDefender

Anti malware selanjutnya yang banyak digunakan untuk melindungi komputer adalah BitDefender. BitDefender sendiri dapat mendeteksi malware atau virus dengan melakukan scanning virus pada komputer. Setelah mendeteksi keberadaan malware, program ini akan langsung menghapus virus yang telah terinfeksi.

BitDefender juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti management password, melakukan transfer password dari browser pengguna, menghapus file sensitif yang mengganggu secara permanen, serta melindungi komputer yang kamu miliki dari ransomware.

3. Norman Malware Cleaner

Berikutnya ada Norman Malware Cleaner. Anti malware yang satu ini juga sering digunakan untuk menjaga sistem komputer dari serangan malware yang bersifat merusak. Norman malware Cleaner sendiri dapat menghapus malware yang ada di komputer secara langsung tanpa memerlukan konfirmasi penghapusan.

Meskipun demikian, antimalware ini mampu me-recovery registry yang sudah terinfeksi seperti semula. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh software ini adalah membersihkan sistem yang sudah terinfeksi malware atau virus, melakukan kill process malware yang mulai menyebar, menghapus malware secara permanen, dan memperbaiki fungsi firewall.

4. McAfee

McAfee bukanlah nama baru di dunia cyber security. McAfee sendiri selalu menjadi pilihan masyarakat untuk melindungi komputer dari berbagai serangan malware atau virus karena mudah untuk digunakan, memiliki keamanan tingkat tinggi, dan dapat disesuaikan oleh pengguna itu sendiri.

McAfee dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja komputer, memiliki manajemen password, menyediakan penyimpanan data, dan memblokir situs yang rentan terhadap infeksi virus atau malware.

Nah, bagi kamu yang menginginkan sistem komputer tetap aman serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan, maka McAfee bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Cybereason Ransom

Cybereason Ransom adalah program selanjutnya yang biasa digunakan pengguna komputer untuk melindungi keamanan komputer dari serangan virus atau malware. Software ini dikenal cukup ampuh untuk melindungi komputer dari berbagai virus dan malware berbahaya seperti trojan.

Seperti yang kita ketahui, trojan sendiri merupakan jenis malware yang dapat mencuri data dan file penting yang dimiliki pengguna. Virus ini biasa digunakan untuk kejahatan kartu kredit melalui internet. Cybereason sendiri lebih memfokuskan untuk mengamankan sistem komputer pengguna dari program berbahaya ransomware.

6. Sophos Home

Sophos Home merupakan antimalware yang dapat melindungi sistem komputer yang menggunakan Windows dan Mac. Software ini mampu mencegah komputer pengguna dari berbagai serangan malware, virus, ransomware dan adware berbahaya dan bersifat merusak.

Kemampuan dalam melindungi keamanan komputer dari software ini memang telah diakui oleh para ahli yang berkutat dalam dunia cyber security. Sophos Home sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk menganalisa segala aktivitas yang mencurigakan yang disebabkan oleh malware dari file dan program yang sudah terinfeksi.

Nah, sebelum virus, atau malware mulai menyebar, software ini bisa mendeteksi hal tersebut terlebih dahulu dan menghentikannya. Kelebihan lain dari software ini adalah fitur anti phishing yang dimilikinya.

7. eScan AV AntiVirus Toolkit

Berikutnya ada eScan AV AntiVirus Toolkit. Salah satu software gratis yang cukup efektif dan mudah digunakan. eScan mampu melakukan deteksi pada sistem komputer serta menghapus virus, spyware, atau malware yang telah menyerang komputer.

Pengguna sendiri tak perlu menginstal program ini terlebih dahulu untuk melakukan proses scanning. Nah, untuk menggunakannya sendiri cukup praktis, kamu hanya perlu melakukan scan manual untuk mendeteksi dan menghapus malware atau virus sudah menginfeksi data dalam komputer.

Meski tidak bisa realtime seperti antimalware lainnya, namun program ini cukup membantu bagi kamu yang ingin melindungi komputer di rumah.

8. Emsisoft Emergency Kit

Selanjutnya Anti Malware Terbaik ke delepan adalah Emsisoft Emergency Kit. Meskipun software ini bisa didapat pengguna secara gratis, namun Emsisoft memiliki fungsi yang cukup lengkap dibandingkan dengan software lain yang sejenis. Program ini memang cukup efektif untuk melindungi komputer karena proses monitoring dilakukan secara realtime.

Emsisoft sendiri diketahui dapat mencegah komputer dari berbagai serangan berbahaya seperti malware, virus, worm, spyware, adware, tracking cookies, bots, keyloggers, backdoors, rootkits, sampai trojan, yang sering dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan.

9. MalwareBytes

Nah, jika perangkat komputer yang kamu miliki mengalami gangguan akibat serangan malware dan virus, maka MalwareBytes adalah software yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. MalwareBytes sendiri diketahui memiliki sistem scanning yang cukup baik.

Software ini biasanya digunakan untuk mengatasi sistem pada perangkat komputer yang telah terinfeksi oleh berbagai macam malware dan semacamnya. Nah, bila kamu menginginkan fitur yang lebih lengkap serta tingkat keamanan yang tinggi, maka kamu pun bisa membeli versi lengkap dari software anti malware yang satu ini.

10. Microsoft Safety Scanner

Anti malware berikutnya yang juga banyak digunakan oleh pengguna adalah Microsoft Safety Scanner. Microsoft Safety Scanner tersedia dalam bentuk portable. Kamu sendiri bisa mendapatkan software ini secara gratis dengan mengunduhnya.

Dibandingkan dengan anti malware yang lain, Microsoft Safety Scanner memang lebih sederhana dan praktis untuk digunakan. Meskipun cukup efektif untuk mencegah gangguan malware, namun software ini memiliki batas waktu penggunaan, yaitu sekitar 10 hari. Nah, jika kamu memerlukan software ini kembali, maka kamu hanya perlu mengunduh ulang softwarenya.

 

Demikianlah, 10 Anti Malware Terbaik Di PC Dan Laptop Tahun 2020 yang telah Wikimedan rangkum untuk kamu. Komputer memang menjadi salah satu perangkat berteknologi yang cukup rentan terhadap serangan virus atau malware yang mengganggu. Semoga informasi yang telah kami bahas di atas bisa bermanfaat dan membantu kamu dalam memilih software anti malware terbaik.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *