Penanganan Mandiri Ketika Mengalami Sakit Perut Sebelah Kanan

Daftar Indodax

Penanganan Mandiri Ketika Mengalami Sakit Perut Sebelah Kanan – Rasa sakit di bgian perut sebelah kanan merupakan masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, baik ringan hingga berat. Sakit perut sebelah kanan tidaklah terlalu berbahaya, namun tentu saja Anda tidak boleh juga menghiraukannya jika sakitnya tak kunjung membaik dan terasa semakin menyakitkan. Hal tersebut dikarenakan sakit perut sebelah kanan bisa mengindikasikan sejumlah penyakit serius. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai sebagai penyebab nyeri perut sebelah kanan.

  • Penumpukan gas atau distensi usus

Hal ini dapat menjadi penyebab nyeri perut sebelah kanan yang dapat dialami siapa saja mulai dari anak-anak atau bayi hingga orang tua. Untuk mengatasi cukup mudah adalah dengan cara minum air putih untuk mengatur fungsi usus dan memperlancar pencernaan.

  • Batu Empedu

Pada umumnya, sakit perut sebelah kanan dialami oleh penderita batu empedu sesaat setelah makan terutama setelah mengkonsumsi makanan berlemak atau dalam porsi besar. Sakit perut tersebut dapat menjalar hingga ke dada, punggung bagian atas, dan bahu yang disertai gejala mual dan muntah.

  • Kolesistitis

Kolesistitis merupakan peradangan yang terjadi pada kantong empedu. Kondisi ini dapat terjadi karena saluran yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari kantong empedu terhalang oleh batu empedu. Hal inilah yang membuat cairan dari empedu mengalamai penumpukan dan menyebabkan peradangan.

  • Hepatitis

Penyakit hepatitis terjadi ketika organ hati atau liver mengalami peradangan akibat infeksi virus maupun hal lainnya, seperti efek samping obat-obatan, konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang, pelemakan ha ti dan penyakit autoimun.

  • Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan dapat terjadi di indung telur, tuba falopi dan leher rahim. Gejala yang ditimbulkan dari kehamilan ektopik adalah sakit di bagian bawah perut sebelah kanan, namun juga dapat terasa di sebelah kiri perut, tergantung lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.

 

Beberapa penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan pada umumnya memiliki gejala yang sama, termasuk yang disertai mual dan muntah. Tetapi, kondisi tersenut juga dapat disebabkan oleh hal yang berbeda-beda. Oleh karenanya, gangguan kesehatan yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan perlu diperiksakan langsung oleh dokter.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa tes urine, tes darah, hingga pemeriksaan radiologi seperti USG, foto rontgen, dan CT Scan untuk dapat mendiagnosis penyebab sakit perut sebelah kanan. Ketika dokter sudah memastikan diagnosis penyebab sakit perut sebelah kanan, dokter akan menentukan jenis penanganan yang tepat. Misalnya, jika sakit perut sebelah kanan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotic.

Penanganan lainnya mungkin saja akan dilakukann tindakan operasi, jika sakit perut sebelah kanan disebabkan oleh radang usus buntu atau kehamilan ektopik. Namun, jika mual dan muntah yang menyertai sakit perut telah membuat Anda sulit makan dan minum, dokter juga akan memberikan terapi cairan melalui infus. Karenanya jika ANda mengalami sakit perut sebelah kanan dnegan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, terlebih jika memang memiliki resiko untuk terkena penyakit tersebut, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sesuai penyebab sakit perut sebelah kanan yang Anda alami.

Dikarenakan penyebab sakit perut sebelah kanan bermacam-macam, maka pengobatannya juga harus disesuaikan. Nah, sebelum Anda mengunjungi dokter, ada beberapa cara mengobati sakit perut sebelah yang bisa dilakukan sebagai tindakan awal, adalah :

  • Perbanyak minum air putih hangat
  • Kompres dengan handuk hangat
  • Makan dengan perlahan-lahan
  • Hindari berbaring setelah makan
  • Konsumsilah makanan sehat, bebas pedas, bebas pengawet, dan bebas kafein
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Untuk meredakan nyeri semnetara dapat minum paracetamol
Share :