Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak, Pentingkah?

Daftar Indodax

Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak, Pentingkah?  – Setiap orang tua selalu menginginkan pendidikan yang terbaik untuk putra putrinya. Karenanya menyiapkan dana pendidikan jauh-jauh hari wajib dipertimbangkan.

Alih-alih bisa bersekolah gratis, nyatanya anak-anak tetap membutuhkan pendidikan tambahan yang biayanya pun tidak sedikit. Dan ini juga yang mrmbuat rencana dan persiapan dana pendidikan tidak boleh lepas dari catatan keuangan.

Lantas karena alasan apa sajakah orang tua harus menyiapkan dana atau biaya khusus untuk pendidikan, ini alasannya.

Biaya Pendidikan Tinggi

Setiap tahun, biaya untuk masuk ke sekolah favorit terutama sekolah swasta mengalami peningkatan. Dalam satu tahun saja, biayanya bisa berubah beberapa ratus ribu hingga bilangan juta.

Jika dana pendidikan anak tidak dipersiapkan, sementara kondisi keuangan tidak memungkinkan. Bukan tidak mungkin, buah hati bisa saja gagal masuk sekolah tersebut karena tidak siapnya dana, tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Karena bagaimanapun juga anak merupakan aset yang sangat berharga di masa depan dan merupakan tanggung jawab Anda sebagai orang tua.

Terhindar dari Hutang

Siapa pun pasti tidak mau bila terlibat hutang, apalagi hutang dana pendidikan pada pihak sekolah. Meskipun biaya tersebut mungkin bisa Anda bayar dengan cara dicicil, namun bisa jadi hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar pada buah hati Anda.

Belum lagi rencana lain yang mungkin saja terpaksa dibatalkan karena harus mendahulukan pembayaran hutang.

Melihat alasan-alasan di atas, maka sebaiknya Anda tidak berpikir panjang lagi, untuk segera menyiapkan dana pendidikan anak. Kemudian apa yang perlu Anda lakukan agar dana tersebut biaa terkumpul tepat pada waktunya, ini tipnya.

Mulai dari Sekarang

Jangan menunda lagi untuk memulai menyiapkan dana pendidikan. Semakin cepat maka akan semakin baik, dan kemungkinan menyekolahkan anak di sekolah yang sudah Anda rencanakan, semakin berpeluang besar.

Dana yang Harus Disisihkan

Buat perkiraan berapa biaya pendidikan yang akan Anda bayar dalam satu atau dua tahun ke depan. Mulai dari biaya pendaftaran, biaya spp, biaya pendidikan dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk menghitung juga biaya lain terkait pendidikan, seperti perlengkapan sekolah. Dari situ baru Anda bisa mengkalkulasikan berapa dana yang harus disisihkan setiap bulannya.

Disiplin

Jangan berhenti menyiapkan dana pendidikan anak meskipun mereka telah masuk di jenjang pertama sekolahnya, karena anak-anak pastinya akan terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di mana biaya pun akan menjadi lebih besar lagi, sehingga Anda tidak perlu risau lagi karena dana sudah siap, dan ini berkat kedisiplinan yang Anda lakukan sejak lama.

Memilih Instrumen yang Tepat

Banyak cara untuk memulai menyiapkan dana pendidikan anak. Mulai dari menabung secara konvensional, hingga menggunakan berbagai instrumen perbankan. Anda bisa menentukan mana yang paling tepat dan sesuai dengan rencana keuangan Anda.

Hal lain yang juga sebaiknya tidak Anda abaikan adalah, memilih menggunakan penawaran yang kerap diberikan oleh pihak sekolah, terutama untuk meringankan beban biaya pendidikan. Seperti mendaftarkan anak di awal pendaftaran siswa baru, di mana biaya akan jauh lebih murah bila dibandingkan pendaftaran di bulan terakhir penerimaan siswa baru.

Begitu juga jika Anda hendak mendaftarkan anak kedua atau ketiga. Manfaatkan penawaran dari sekolah yang sama dengan anak pertama yang biasanya akan memberikan keringanan biaya pendidikan.

Itulah alasan mengapa menyiapkan dana pendidikan anak sangatlah penting. Disertai dengan tip bagaimana sebaiknya Anda memulainya. Bagi Anda yang masih kebingungan menentukan instrumen perbankan mana yang akan Anda gunakan, bisa berkonsultasi dengan pihak bank untuk mendapatkan yang paling sesuai.

Share :