Ketahui Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dan 2 Bulan

Ketahui Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dan 2 Bulan – Tumbuh kembang bayi normalnya mengalami peningkatan setiap bulan. Sebagai orang tua, Anda pasti senang jika si kecil mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk itu, setidaknya Anda harus mengetahui apa saja yang bisa dilakukan si kecil di usianya.

Untuk bayi berusia tiga bulan, biasanya si kecil akan lebih sering tersenyum. Selain itu, si kecil juga akan mulai menirukan ekspresi di wajah ibu. Pada usia itu, si kecil juga mulai mencoba meraih benda di hadapannya.

Di bawah ini kami uraikan mengenai perkembangan bayi usia 3 bulan yang kami rangkum dari ahli di Nutriclub.

Tersenyum dan Mulai Mengajak Bicara

Pada usia 3 bulan, bayi akan mulai mengeluarkan suara, seperti “aa” dan “uu”. Di usia ini, si kecil juga mulai memberikan reaksi kepada orang lain dengan mengeluarkan suaranya. Anda dapat memberikan respon agar si kecil merasa disayangi dan diperhatikan.

Mengangkat Kepala

Di usia yang menginjak 3 bulan, Anda tidak perlu lagi menopang kepalanya. Sebab, si kecil sudah mulai bisa menegakkan, bahkan mengangkat kepalanya sendiri saat posisi tengkurap.

Belajar Meraih Mainan

Perkembangan bayi usia 3 bulan selain tersenyum dan mengangkat kepala adalah mulai berusaha meraih benda di dekatnya. Otot-otot si kecil akan semakin kuat jika sering ditengkurapkan di usia 3 bulan. Pada saat itu, letakkanlah mainan dengan bentuk dan warna yang menarik di dekatnya. Sehingga si kecil dapat berusaha meraihnya.

Belajar Interaksi dengan Orang Lain

Pada usia ini, bayi akan mulai senang memperhatikan ketika ibunya berbicara. Terkadang bayi melepas payudara ibu atau dot untuk memperhatikan ibu ketika berbicara kepadanya. Sering-seringlah mengajak bayi berbicara, dan perhatikan responsnya.

Demikian ulasan mengenai perkembangan bayi pada usia 3 bulan yang kami rangkum dari Tim Ahli Nutriclub. Kami juga akan merangkum tentang perkembangan bayi usia 2 bulan dari situs Nutriclub, yang bisa Anda jadikan referensi untuk memperhatikan tumbuh kembang si kecil.

Berikut rangkuman dari penjelasan Tim Ahli Nutriclub mengenai tumbuh kembang bayi usia 2 bulan.

Penglihatannya Mulai Berkembang

Awalnya, si kecil hanya dapat melihat warna hitam dan putih saja. Di usia 2 bulan, si kecil mulai bisa melihat berbagai warna. Anda bisa memperlihatkan berbagai mainan warna warni, seperti bola dengan aneka warna untuk merangsang kemampuan penglihatannya.

Pendengarannya Mulai Tajam

Di usia 2 bulan, si kecil mulai dapat membedakan berbagai suara yang sering ia dengar. Seperti suara ayah, ibu, kakak, atau pun suara mainannya.

Mengeces

Mengeces merupakan salah satu perkembangan bayi usia 2 bulan. Anda tak perlu khawatir jika si kecil mulai sering mengeces. Sebab, mainan yang masuk ke mulut bayi akan terlapisi dengan protein dari air liurnya, sehingga dapat melindungi si kecil dari penyakit.

Belajar Tengkurap

Bayi akan mulai memiringkan tubuhnya di usia 2 bulan. Jika ditengkurapkan, ia bisa memiringkan tubuh ke sisi kiri atau kanan.

Mengenali Pengasuhnya

Si kecil akan tersenyum kepada orang yang datang atau menggendongnya. Namun, tak semua bayi bisa dengan mudah menerima orang baru. Anda tidak perlu memaksa agar si kecil menerima pengasuhnya. Tetap temani bayi dan pengasuh sampai si kecil merasa nyaman dengannya.

Perkembangan bayi usia 3 bulan sebenarnya tidak bisa disamakan. Namun, beberapa hal di atas bisa menjadi patokan perkembangan normal bayi pada umumnya. Mungkin bayi Anda bisa lebih cepat atau lebih lambat dari kemampuan normal bayi pada umumnya. Konsultasikan dengan dokter atau Tim Ahli Nutriclub jika bayi Anda tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *