Jenis-Jenis Keyboard Komputer yang Paling Populer Saat Ini

Salah satu bagian penting yang harus ada pada sebuah perangkat komputer adalah keyboard atau papan ketik. Alat ini bisa dalam bentuk fisik maupun non fisik/virtual. Keyboard fisik pada PC adalah jenis keyboard eksternal yang biasanya dijual terpisah. Sedangkan keyboard fisik pada laptop adalah bagian integral dari perangkat tersebut.

Bagaimana dengan keyboard non fisik (on-screen keyboard)? Jenis keyboard ini kemungkinan sudah terpasang di semua sistem operasi yang ada. Pengguna OS Windows dapat dengan mudah mengaktifkan keyboard non fisik di komputer mereka dengan cara pergi ke Setting >> Easy of Access >> Keyboard. Setelah itu tinggal aktifkan on-screen keyboard di layar.

Jadi, ada berapa banyak jenis-jenis keyboard komputer yang dapat kita gunakan? Yuk, langsung dapatkan saja informasi menariknya di bawah ini.

Keyboard Fisik

Jenis yang pertama adalah berupa keyboard fisik. Nah, keyboard fisik ini juga masih terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk mengetahuinya, simak langsung ulasannya di bawah ini.

1. Keyboard Standar

Keyboard standar adalah jenis keyboard yang paling umum digunakan pada perangkat komputer. Di antara beberapa variasinya, keyboard QWERTY adalah yang paling populer di dunia. QWERTY sendiri merupakan enam huruf Q, W, E, R, T, dan Y yang diletakkan di baris pertama.

Selain QWERTY, ada juga keyboard AZERTY di mana huruf-huruf di baris pertamanya diganti dengan A, Z, E, R, T, dan Y. Keyboard AZERTY digunakan terutama di negara-negara berbahasa Perancis. Untuk variasi keyboard lainnya adalah QWERTZ dan Dvorak.

Keyboard QWERTZ biasanya digunakan di beberapa negara di kawasan Eropa Tengah. Sedangkan keyboard Dvorak yang namanya diambil dari penciptanya bukan urutan kuncinya, dirancang pada tahun 1936 untuk meningkatkan kecepatan mengetik sebagian besar pengguna keyboard QWERTY berbahasa Inggris.

Hal itu dilakukan dengan memastikan bahwa sekitar 70 persen penekanan tombol terjadi pada “baris rumah” (huruf-huruf, dimulai dengan A, S, D,  dan F (di bawah QWERTY) di mana jari-jari kita secara alami beristirahat ketika mengetik).

Beberapa keyboard standar di negara-negara non-Latin memerlukan tata letak yang sepenuhnya khusus untuk simbol alfabet mereka sendiri, seperti keyboard JCUKEN Rusia. Keyboard Jepang dan China yang menampilkan simbol asli bahasa mereka masing-masing tetap dibuat dengan tata letak keyboard QWERTY.

Meskipun desain keyboard standar telah mengalami perubahan besar dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, tata letak dasarnya tetap sama. Jumlah rata-rata tombol pada keyboard standar adalah 105, meskipun beberapa versi yang lebih lama memiliki jumlah tombol di kisaran 95-103.

Keyboard standar bisa dikoneksikan dengan komputer kita melalui kabel USB dan jaringan nirkabel, seperti Bluetooth, Inframerah, and Frekuensi Radio.

  • Keyboard Bluetooth. Keyboard yang terhubung menggunakan teknologi Bluetooth ini memiliki jangkauan kerja yang sangat baik hingga 10 meter. Keyboard Bluetooth umumnya kompatibel dengan perangkat lain yang telah mendukung teknologi Bluetooth.
  • Keyboard yang terhubung dengan jaringan Frekuensi Radio biasanya memiliki jangkauan kerja 2 meter saja. Keyboard nirkabel jenis ini biasanya dijual lebih murah dibanding keyboard Bluetooth, tetapi penggunaannya bisa lebih efektif daripada keyboard Inframerah.
  • Keyboard Inframerah. Kelemahan utama keyboard ini adalah harus ditempatkan segaris dengan transceiver. Hal ini membuatnya cukup sulit digunakan dan tidak efektif. Meskipun demikian, keyboard jenis ini memiliki banderol harga yang lebih murah dibanding keyboard nirkabel lainnya.

Semua keyboard nirkabel di atas membutuhkan daya eksternal agar berfungsi. Umumnya mereka ditenagai dengan 2 atau 3 baterai AA atau AAA. Beberapa model keyboard nirkabel mungkin sudah mendukung teknologi pengisian ulang baterai menggunakan kabel USB.

Beli produk ini di Bukalapak (klik di sini).

2. Keyboard Gaming

Keyboard gaming pada dasarnya adalah jenis keyboard standar yang dibuat dengan fitur-fitur yang mendukung aktivitas bermain game. Karena industri gaming tumbuh begitu cepat di berbagai pelosok dunia, produsen alat-alat komputer menghadirkan keyboard jenis ini untuk mempermudah kontrol permainan dan kinerja yang lebih baik.

Keyboard gaming biasanya memiliki desain yang mencolok sehingga mudah dibedakan dari keyboard biasa. Tombol-tombol pada keyboard gaming dibuat menyala sehingga terlihat sangat keren dan menarik.

Beberapa fitur tambahan yang terdapat pada keyboard gaming adalah tombol multimedia, layar LED, dan palmrest (komponen keyboard yang berfungsi sebagai dudukan pergelangan tangan kita agar lebih nyaman saat menggunakan keyboard).

Desain keyboard gaming dibuat sebaik mungkin agar pergelangan tangan pengguna tidak mudah lelah dan mengurangi kemungkinan terjadinya cedera pada pergelangan tangan saat para gamer bermain dalam jangka waktu yang cukup lama.

Beli produk ini di Bukalapak (klik di sini).

3. Keyboard Laptop

* sumber: www.pexels.com

Keyboard laptop juga pada dasarnya merupakan keyboard standar yang diminimalisir tanpa menghilangkan keefektifannya. Ciri utama keyboard ini adalah jarak antar tombol yang lebih dekat dan jumlah tombol yang lebih sedikit. Meskipun lebih kecil, keyboard laptop tetap pengaturan keyboard QWERTY universal.

Kamu tidak akan menemukan tombol numerik pada sebagian besar keyboard laptop, tetapi beberapa tombol yang ada dimaksimalkan kerjanya sebagai tombol kontrol, seperti tombol untuk mengatur volume, kecerahan layar, dan lain sebagainya.

Jika keyboard laptopmu rusak, maka opsi yang paling baik adalah menggantinya dengan yang baru. Hanya saja hal tidak dapat kamu lakukan sendiri, melainkan harus datang ke pusat servis laptop (kecuali jika kamu sudah mahir mengotak-atik laptop). Harga dan biaya perbaikan/pergantian keyboard laptop sendiri berbeda-beda tergantung merk yang kamu pakai.

Beli produk ini di Bukalapak (klik di sini).

4. Keyboard Gulung

Pada dasarnya keyboard gulung atau fleksibel merupakan perpaduan antara keyboard standar dan keyboard laptop, baik dalam fungsi maupun tujuannya. Keyboard gulung biasanya memiliki ciri khas tombol-tombol yang berukuran besar dengan jarak antar tombol yang pendek.

Sebagian besar keyboard ini terbuat dari bahan silikon, yang membuatnya tahan terhadap debu dan air. Tombol-tombol keyboard gulung dibuat tidak taktil sehingga kita tidak perlu menekannya dengan keras saat mengetik. Seperti namanya, keyboard gulung dapat digulung sehingga mudah disimpan di banyak tempat tanpa memakan banyak ruang.

Agar berfungsi dengan baik, keyboard gulung harus ditempatkan di atas permukaan yang keras dan halus. Keyboard ini umumnya terhubung dengan komputer kita menggunakan kabel USB. Sebagai informasi, agar sirkuit dan kabel di dalam keyboard gulung tidak rusak, kita tidak boleh melipat keyboard ini.

Beli produk ini di Bukalapak (klik di sini).

5. Keyboard Ergonomik

Bisa dikatakan kalau keyboard ergonomik adalah jenis keyboard standar yang didesain seergonomik mungkin. Keyboard ini dibuat khusus untuk tujuan-tujuan tertentu seperti untuk mengurangi ketegangan otot, nyeri punggung, dan risiko sindrom lorong karpal (mati rasa dan kesemutan di tangan dan lengan yang disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan).

Keyboard ergonomis umumnya memiliki desain berbentuk V yang memungkinkan kedua tangan tetap pada posisi yang lebih natural saat mengetik. Keyboard ergonomis memiliki beberapa sub tipe termasuk keyboard split (keyboard dibuat menjadi dua bagian) dan keyboard handheld / genggam (dibuat mirip dengan gamepad).

Tertarik membeli keyboard jenis ini? Siapkan dulu uang yang cukup banyak karena banderol harga keyboard ergonomik cukup mahal alias kurang terjangkau.

Beli produk ini di Bukalapak (klik di sini).

Keyboard Non-Fisik / Virtual

Keyboard virtual adalah jenis keyboard yang muncul di layar komputer. Jika layar komputer kita sudah touch screen, keyboard virtual bisa dimanfaatkan dengan baik. Jika belum, maka kita harus menggunakan mouse untuk memilih setiap huruf atau angka yang ingin diketik.

Jika kamu menggunakan OS Windows, kamu bisa mengaktifkan keyboard virtual (disebut dengan on-screen keyboard) dengan mudah. Selain langkah yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat menekan tombol Windows + R dan mengetik “osk” di kotak pencarian. Kemudian tekan enter dan keyboard virtual pun akan muncul.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis keyboard yang bisa kamu beli di pasaran. Langsung klik di atas jika sudah siap membeli. Tapi, kalau kamu tahu jenis keyboard lainnya, beri tahu kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *