Gejala Alergi Susu Untuk Bayi

Alergi susu yaitu kondisi yang diakibatkan dari respons tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi setelah mengkonsumsi susu atau produk olahan yang susu. Alergi susu yang biasa anak alami yaitu pada susu sapi. Tidak hanya terjadi pada anak-anak. Alergi ini bisa juga terjadi pada orang dewasa yang dibawa sejak kecil, yang membedakan hanya persenan kejadiannya saja yang tergolong rendah. Pelajari alergi susu yang banyak menimpa anak-anak.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan alergi susu biasa terjadi sebelum usia 16 tahun. Gejala alergi susu bervariasi, dan didasarkan pada waktu terjadinya serta intensitas kemunculannya. Gejala dapat muncul pada hitungan menit, jam hingga berhari-hari setelah mengkonsumsi susu.

Gejala Alergi Susu Yang Wajib Diketahui

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang menjadi gejala setelah Anda mengonsumsi susu yang menimbulkan alergi. Berikut ulasannya:

Kulit Sensitif

Alergi Susu

Reaksi alergi susu yang satu ini diawali dengan timbulnya bintik atau bisul berwarna kemerahan. Biasanya bintik ini terdapat pada pipi, telinga atau daerah yang tertutup dengan popok pada bayi. Maka dari itu, kenali sang bayi apakah ia mengalami alergi susu sapi idai atau tidak.

Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan

Dengan Anda memahami gejala yang satu ini merupakan tanda-tanda terkena alergi susu. Dengan ini Anda bisa mudah mengetahui cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Gangguan pencernaan yang biasa dialami berupa muntah-muntah, perut kembung, cegukan, dan diare yang kotorannya disertai darah.

Sesak Napas

Sesak Napas

Tidak hanya terjadi pada anak kecil. Gejala alergi susu sapi pada orang dewasa juga bisa dilihat dari tanda-tanda yang sama dengan gejala pada anak kecil. Gejala alergi susu yang satu ini berhubungan dengan saluran pernapasan, dimana penderita akan mengalami sesak napas yang dirasakan.

Selain sesak napas, penderita alergi susu juga pada napasnya akan berbunyi grok-grok. Terkadang bunyi tersebut juga disertai dengan batuk terutama di malam dan pagi hari. Dengan tanda-tanda tersebut, maka akan lebih sering terkena batuk dan pilek.

Bibir dan Tenggorokan Bengkak

Bibir dan Tenggorokan Bengkak

Gejala alergi susu sapi pada bayi 1 bulan ditandai dengan adanya pembengkakan yang terdapat di bibir dan tenggorokan. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal ini Anda perlu memeriksa secara detail apakah terjadi pembengkakan yang cukup besar atau hanya batas wajar. Jika terjadi pembengkakan yang besar, maka Anda bisa menuju ke dokter terdekat.

Pada daerah sekitar mulut atau bibir juga akan mengalami ruam kemerahan yang disertai dengan rasa gatal. Tanda ini biasanya akan memberikan sinyal bahwa sang bayi telah terkena alergi terhadap susu yang baru saja ia konsumsi.

Gejala Lainnya

Gejala Lainnya

Jika alergi ini mengenai bayi, maka ia akan memberikan gejala yang membuat Anda perlu memeriksanya. Gejala atau tanda-tanda lainnya yaitu bayi akan selalu menangis tanpa henti tanpa sebab. Hal ini dikarenakan rasa gatal yang tidak nyaman dan mungkin saja terasa perih.

Di atas merupakan pembahasan mengenai Alergi susu yang perlu Anda ketahui. Untuk pengobatannya sendiri, alergi susu akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia. Namun, dalam kasus lain ada anak yang tetap memiliki alergi tersebut hingga dewasa. Anda perlu menghindari susu atau produk dengan olahan susu agar tidak lagi terkena alergi. Obat-obatan yang bisa Anda gunakan yaitu antihistamin dan adrenalin.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *