5 Cara Membuat Pola Baju Gamis Bagi Pemula

Daftar Indodax

5 Cara Membuat Pola Baju Gamis Bagi Pemula – Gamis merupakan salah satu jenis pakaian wanita yang banyak digemari. Jumlah penjual jenis pakaian ini pun sudah sangat banyak dan mudah ditemukan. Jenis pakaian ini memang sangat anggun dan mudah digunakan. Sehingga, hampir semua wanita menyukai dan bahkan sudah memiliki gamis ini.

Namun, terkadang beberapa wanita lebih menyukai gamis dengan model sesuai keinginan mereka. Bahkan beberapa diantaranya sering membuat model gamisnya sendiri agar bisa lebih puas dan pas digunakan. Sebenarnya, tak hanya membuat modelnya saja sendiri. Anda juga bisa membuat atau menjahitnya sendiri.

Sebelum menjahit, tentunya Anda harus membuat polanya terlebih dahulu.  Cara membuat pola tentunya tidak sembarangan. Anda harus melakukan cara yang tepat sesuai. Terlebih jika Anda merupakan seorang pemula.

5 Cara membuat pola baju gamis berikut ini bisa Anda praktikkan sendiri

1. Siapkan Alat

Alat yang diperlukan untuk membuat pola gamis ialah pensil, pita meteran, kertas pola atau kertas lainnya, penggaris, penghapus dan gunting. Pastikan setiap alat masih berfungsi dengan baik agar tidak menghambat proses pembuatan pola gamis tersebut. Sebab, Anda masih pemula sehingga usahakan tidak memiliki hambatan yang mengganggu.

2. Proses Pengukuran

Cara membuat pola baju gamis berikutnya ialah melakukan pengukuran. Alat yang sangat dibutuhkan tentunya pita meteran. Lakukan pengukuran untuk panjang gamis dari ujung pundak atas hingga mata kaki. Untuk lingkar dada, Anda bisa mengukur dari bagian bawah ketiak hingga bagian dada yang menonjol. Pada bagian ini lebihkan ukurannya selebar 5 jari tangan agar gamis tidak terlalu sempit di bagian dada.

Ukur pula bagian lingkar leher dari bagian leher terkecil hingga terbesar. Lanjutkan dengan mengukur bagian lengan mulai dari pundak bagian bawah hingga ke pergelangan tangan. Untuk lebar bahu ukurlah dari titik bahu dekat leher tertinggi hingga titik bahu terendah di ujung bahu pada bagian lengan. Anda juga perlu mengukur lingkar pinggul yang berada 20 cm dari lingkar pinggang.

Berikutnya, ukur lingkar pinggang dari bagian pinggang atau bagian yang terkecil. Pergelangan tangan dan lingkar kerung tangan harus diukur melingkar dengan meteran. Anda bisa memulai mengukurnya dari titik bahu dengan memasukkan meteran melalui ketiak hingga kembali lagi ke titik bahu awal. Cara membuat pola baju gamis paling awal ini harus Anda dipastikan sudah Anda lakukan dengan benar agar hasilnya lebih baik.

3. Membuat Pola Depan

Pola depan bisa dimulai dengan membuat garis lurus yang panjangnya sama dengan ukuran yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Kemudian gambar lingkar leher setengah ukuran lingkar leher dan gambarkan pula lebar bahu sesuai ukuran. Anda juga harus menggambar lingkar kerung lengan dengan ukuran setengahnya dari pengukuran yang sudah dilakukan. Tambahkan 2 cm untuk ruang jahitan sehingga lebih mudah saat menjahitnya dan ukuran tetap sesuai.

Untuk cara membuat pola baju gamis depan berikutnya Anda bisa menuju ke bagian bawah. Untuk bagian lebar baju Anda bisa mengukur seperempat dari lingkar pinggang. Anda juga akan melakukan pengukuran lingkar pinggul yang terletak 20 cm dibawah lingkar pinggang. Ukuran yang digunakan pada pola ini ialah seperempat lingkar pinggul. Untuk Ukuran tersebut harus ditambah 1 cm. Bagian bawahnya harus memiliki lebar yang berukuran seperempat lingkar pinggul dan tambahkan 4 cm.

Buatlah seperempat pola untuk bagian lingkar pinggul, pinggang, dan kerung lengan dengan cara menarik garis tersebut. Gunakan pola yang baru saja Anda buat tersebut untuk memotong kain khusus bagian depan baju. Buatlah setiap garis pada pola depan ini dengan yakin dan sesuai ukuran tadi agar hasilnya sesuai.

4. Pola Belakang

Untuk cara membuat pola baju gamis bagian belakang ini pada dasarnya hampir sama dengan pola sebelumnya. Anda perlu membuat garis lurus yang sesuai dengan panjang gamis yang sudah Anda ukur sebelumnya. Berikutnya, gambar lingkar leher dengan ukuran setengahnya ditambah 3 cm. Jangan lupa untuk menggambarkan lebar bahu dan kerung lengan setengah ukurannya ditambah 2 cm.

Bagian pinggang gunakan lebar yang sama dengan pola depan. Ukurannya yaitu seperempat lingkar pinggang. Bagian ini harus digambarkan 20 cm dari atas lingkar pinggang. Ukurannya ialah seperempat lingkar pinggul dan kemudian Anda harus mengurangi 1 cm. Sementara untuk bagian bawah ukurlah dengan ukuran sebesar seperempat lingkar pinggul. Ukuran ini harus dikurangi 1 cm lalu ditambah 3 cm.

5. Membuat Pola Lengan

Cara membuat pola baju gamis pada bagian ini bisa dimulai dengan menggunakan ukuran lengan yang sudah ada. Gambarlah lengkungan sesuai ukuran pada bagian atasnya. Sesuaikan lingkar kerung yang sudah diukur sebelumnya. Hal itu juga berlaku untuk bagian bawah atau pergelangan tangan. Buatlah pola sebanyak 2 potong untuk lengan kiri dan lengan kanan.

Cara membuat pola baju gamis bagian lengan ini bisa Anda buat dengan cermat dan teliti. Pastikan ukurannya tidak terlalu lebar. Jangan membuat model yang terlalu rumit saat membuat model baju gamis. Hal ini agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan Anda sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Untuk membuat pola baju gamis tersebut Anda bisa sambil berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli. Hal ini bisa membuat Anda lebih merasa aman dan terhindar dari kegagalan dalam pembuatan baju gamis. Pola tersebut juga bisa Anda lihat langsung pada internet untuk cara menggambarkannya.

Setelah cara membuat pola baju gamis tersebut selesai dibuat, berikutnya Anda bisa menggunting kain menurut pola yang tadi dibuat. Pastikan pola tersebut Anda buat sesuai dengan ukuran dan bentuk yang benar. Gunting kain dengan tepat dan sesuai garis pola. Jangan sampai tidak berhati-hati dalam melakukannya karena hasilnya bisa tidak sesuai dengan semestinya.

Pembuatan pola yang Anda lakukan harus tepat dan penuh perhitungan. Catat setiap ukuran dengan benar dan sesuai agar hasilnya pas untuk tubuh Anda. Ukuran pola khususnya bagian tangan harus sama antara satu sama lainnya. Dengan begitu, hasilnya tidak akan panjang sebelah atau lebarnya yang berbeda.


Cara membuat pola baju gamis bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan para ahli agar hasilnya lebih sesuai. Pola baju gamis yang dibuat merupakan penentu dari hasil baju yang akan dibuat. Kemudian, pola tersebut harus dipadukan dengan penjahitan yang sangat rapih dan tepat. Minimal Anda sudah mengetahui dasar dari cara menjahit.

Kemudian, jahitkan dengan cara yang benar sesuai dengan garis pola. Biasanya pola tersebut akan dilebihkan ukurannya sebanyak 2 cm untuk jahitannya. Dengan begitu, ukurannya bisa sangat pas dengan badan Anda yang sudah diukur sebelumnya. Pastikan Anda memperhatikan hal tersebut. Sebab, jangan sampai Anda merasa kesulitan dalam menjahit baju gamis tersebut.

Cara membuat pola baju gamis ini bisa Anda mulai dengan kehati-hatian dan ketelitian. Anda harus memastikan hal tersebut sebagai landasan dan dasar untuk hasil yang sangat sesuai untuk badan dan ukuran yang dibuat. Anda bisa menciptakan pengalaman membuat pola tersebut agar Anda bisa membuat baju gamis yang memuaskan bagi Anda. Hal ini tentu bisa melatih kemampuan Anda untuk bisa membuat gamis berikutnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *