Anies Minta Pejabat Eselon II Hasil Lelang Jabatan Jangan Manja!

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Pemprov DKI Jakarta telah selesai melakukan proses seleksi jabatan pada tingkat pimpinan pratama di lingkungan DKI Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan kriteria khusus bagi pejabat eselon II yang lolos dari lelang jabatan tersebut.

Pertama, Anies meminta agar para pejabat terpilih nantinya harus kompetensinya memadai agar dapat menjalankan tugas. Lalu, pejabat terpilih pun harus memiliki pengalaman yang relevan dengan tugas yang diemban.

“Yang ketiga mampu mengambil keputusan berani mengambil keputusan, yang keempat adalah track record keberhasilan dalam mengelola program itu,” jelas Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (5/12).

Anies dengan tegas menyatakan kepala badan atapun kepala dinas yang nantinya diangkat harus dengan tegas mengambil atau mengeksekusi program. Anies meminta semua kepala tidak tergantung dengan Gubernur.

“Kepala badan atau dinas harus berani ambil keputusan karena saya amati kebanyakan ingin melimpahkan semua keputusan kepada Gubernur meski wewenang ada di kepala dinas,” terangnya.

Dia membedakan dengan zaman menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dia menjelaskan level Kementerian keputusan ada pada level yang mengemban tugas. Sedangkan, di DKI Jakarta semua belum berani menganbil keputusan.

“Kalau tidak ada keberanian dalam mengambil keputusan maka program-program kita akan terbatas sekali pelaksanaannya. Itu saya lihat patern sudah lama jadi bukan satu tahun dua tahun itu sudah panjang,” ungkapnya.

Maka lewat rekrutmen yang baru, Anies meminta keberanian menjadi dasar dari pengambilan keputusan di tingkat daerah atau lembaga. Sebab, secara hukum Kepala Dinas atau Badan diizinkan untuk mengeksekusi keputusan.

“Padahal tidak melawan hukum, tidak. Justru karena hukumnya mengizinkan tapi tetep tidak mau mengambil keputusan itu yang sering jadi masalah,” jelasnya.

(rgm/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *