Waspada Bahaya Vision Computer Syndrome

Wikimedan – Vision Computer Syndrome adalah sebuah gejala kesehatan yang belakangan ini sering menyerang masyarakat modern. Terutama bagi mereka yang hidup berdekatan dan tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya Komputer atau pun Laptop. Apalagi di zaman modern ini hampir semua pekerjaan membutuhkan bantuan Komputer mau pun Laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka. Bukan hanya mereka yang bekerja saja yang membutuhkan Komputer dan Laptop. Tapi anak muda zaman sekarang juga sudah mengenal Komputer dan Laptop yang mereka gunakan untuk sekadar bermain game hingga berselancar di dunia maya hingga berjam-jam. Karena terlalu seringnya berhadapan dengan komputer maka seharusnya busa lebih waspada bahaya vision computer syndrome.

Gejala ini sering terjadi tanpa kita sadari. Mungkin bagi sebagian besar orang mengatakan bahwa gejala yang terjadi meskipun itu hanyalah hal kecil merupakan kejadian reflek yang biasa di proses oleh tubuh ketika mulai kelelahan. Jangan salah, seharusnya Anda lebih memahami gejala awal yang terjadi. Misalnya ketika pada saat Anda menghadap komputer namun pandangan mata mulai tidak nyaman dan terasa sakit artinya Anda sudah mengalami vision computer syndrom. Ya, Anda harusnya lebih mengenali gejala ini dari awal. Akan tetapi Anda tidak perlu takut. Karena gejala ini bersifat sementara dan alangkah baiknya dicegah lebih dini supaya tidak mengganggu kesehatan Anda sendiri.

Mau tahu apa saja gejala yamg terjadi pada seseorang yang terkena vision computer syndrome? Berikut jawabannya.

  • Mata pegal

Pernahkah Anda merasa bahwa pada lingkaran mata Anda terasa pegal ketika mata tidak siap menerima cahaya yang berlebihan. Misalnya, Anda baru saja keluar ruangan dan langsung bertatap dengan sinar matahari. Biasanya gejala ini sering terjadi pada sebagian kebanyakan orang.

  • Sakit kepala

Kepala terasa sakit akibat menghadap komputer setiap hari bahkan hingga sepanjang malam ketika Anda lembur pasti mudah membuat kepala Anda terasa sakit akibat kurang istirahat dan terkena pantulan dari blueray atau sinar biru dari Komouter atau Laptop.

  • Pandangan kabur

Lama-kelamaan sinar biru yang ada pada komputer dapat membuat pandangan mata Anda kabur akibat terlalu sering menghadap komputer. Karena memang sinar biru yang dipantulkan oleh komputer tidak baik untuk kesehatan mata jika Anda tidak menjaga kesehatan mata Anda sendiri.

  • Mata kering

Mata Anda akan mudah kering, akibatnya mata kelelahan karena sering menatap layar komputer.

  • Leher dan pundak sakit

Membuat leher pegal-pegal dan pundak sakit akibatnya dikarenakan kita didepan komputer tidak hanya menatap komputer selama berjam-jam. Melainkan kita juga duduk tanpa berpindah-pindah tempat.

Gejala diatas pasti sering Anda alami namun tidak pernah Anda sadari maka dari itu waspada bahaya vision computer syndrome sejak dini. Jangan anggap remeh. Karena semua gejala yang terjadi bisa Anda cegah sebelum menjadi parah.

 

Sedikit saran agar Anda lebih waspada bahaya vision computer syndrom, ialah pastikan cahaya lampu pada ruangan Anda tidak terlalu silau. Selain itu, mengatur posisi layar komputer sesuai dengan jarak yang seimbang supaya badan yang menghadap komputer tetap nyaman. Lalu, istirahatkan mata dengan cara berkedip. Dengan cara tersebut mampu melemaskan otot-otot pada mata yang terasa kaku akibat terlalu lama menatap komputer. Terakhir atur posisi dan jarak pandang kursi yang Anda duduki.

 

Nah, begitulah kira-kira waspada bahaya vision computer syndrom menurut kami. Silahkan mencoba bagi yang membutuhka  solusi yang tepat untuk kesehatan mata.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *