Waspada! 4 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Diberikan Kepada Si Kecil

Wikimedan – Waspada! 4 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Diberikan Kepada Si Kecil

Ketika si kecil baru saja mulai belajar makan, maka tidak semua jenis makanan dapat diberikan. Jangankan makanan sembarangan, minuman dan makanan sehat ternyata juga ada yang sebaiknya tidak diberikan kepada anak.

Setelah melewati masa ASI, anak-anak memerlukan makanan sehat yang dapat menunjang kesehatannya. Pada usia 1.000 hari pertama kehidupan inilah yang menjadi penentu untuk mencetak anak sehat dan cerdas.

Maka dari itu, sebaiknya anda pandai-pandai dalam memberikan makanan si buah hati setiap hari. Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya anak-anak juga harus dihindarkan dari beberapa makanan ini.

  1. Sereal

Jika anda sudah mengenalkan sereal kepada anak sejak kecil, maka hal itu adalah kesalahan besar. Karena di dalam sereal terkandung natrium dan gula yang tinggi. Sebaiknya anda mengganti sereal dengan bubur yang dipenuhi buah dan sayur-sayuran.

Kurangi penambahant garam ketika anak masih di bawah satu tahun. Anda bisa menggantinya dengan tomat ataupun yang lain agar citarasanya semakin lezat.

  1. Kopi dan teh

Sebaiknya anda menghindarkan si kecil dari teh dan kopi. Pasalnya, kedua minuman ini memiliki kandungan tanin dan kafein. Tanin pada teh bisa memicu malabsorpsi zat besi.

Sebaiknya anda memberi mereka minum berupa jus buah asli, air kelapa dan susu formula ketika usianya lebih dari 6 bulan.

  1. Permen

Permen seringkali diberikan kepada anak-anak kecil, sebagai hadiah ataupun sebagai camilan mereka. Jika anda menginginkan anak-anak tumbuh sehat, sebaiknya jangan dikenalkan dengan permen sejak dini.

Permen memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan dan merusak gigi. Dibandingkan memberikan mereka permen, lebih baik memberinya susu saja.

  1. Madu

Pasti anda tidak menyangka, kenapa madu masuk dalam makanan yag dilarang diberikan pada anak. Perlu diketahui, anak-anak dibawah usia satu tahun sebaiknya tidak diberikan madu karna bisa memicu keracunan bagi si kecil. Alasannya karena terdapat kandungan botulisme di dalamnya.

Untuk menambah rasa manis kedalam makanan, anda bisa memanfaatkan pisang tumbuk atau saus apel saja, yang lebih sehat. Itulah 4 makanan ini sebaiknya tidak diberikan kepada si kecil . Semoga bernmanfaat

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Satu tanggapan untuk “Waspada! 4 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Diberikan Kepada Si Kecil

  • 22/12/2017 pada 10:47 am
    Permalink

    Permen yang bikin mangkel. Ponakan ompong gara gara permen. Betul ini artikel gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *