Tips Memilih Sampo yang Cocok dan Sesuai Jenis Rambut


Seperti hal nya sabun, dalam memilih sampo seseorang wajib memperhatikan hal hal yang berkaitan dengan bagaimana cara memilih sampo yang benar. Cara memilih sampo yang benar juga tidaklah terlalu sulit ada poin poin penting yang wajib diperhatikan ketika memilih sampo seperti jenis rambut, tipe kulit kepala, dan lain sebagainya.

Jika kalian menganggap sampo yang mahal efeknya akan bagus maka kalian salah, yang menentukan sampo cocok atau tidak saat digunakan itu tergantung apa jenis rambut dan kulit kepala kita serta kebutuhan kita. Tidak semua barang yang mahal itu bagus dan tidak pula barang yang murah itu khasiatnya jelek.

tips memilih shampo yang cocok dengan jenis rambut dan aman

Tips Memilih Sampo yang Cocok dan Sesuai Jenis Rambut

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara memilih sampo yang baik dan benar dan tentunya cocok dengan kulit kepala dan rambut kita.

Sebelum kita masuk ke pembahasan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu sebelum membeli sampo hal yang sangat penting diperhatikan yaitu pahami jenis rambut anda lalu pilih kandungan yang sesuai. Berikut saya akan menjelaskan tipe rambut dan kandungan yang sesuai untuk mengatasi simak baik baik ya.

Tips Memilih Sampo yang Cocok dan Sesuai Jenis Rambut

#1. Rambut Berminyak

Jika rambut anda tipe rambut yang berminyak alias lembap maka sampo yang baik dibeli dan kandungannya sesuai adalah sampo yang banyak mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, dan selenium sulfida. Hal ini dikarenakan rambut yang berminyak otomatis karena kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga jika dibiarkan akan menimbulkan ketombe juga. Oleh karena itu kandungan tadi mampu meminimalisir adanya ketombe.

Selain memperhatikan kandungan yang ada di sampo, saat proses penggunannya pun tidak boleh terlalu sering dan tidak boleh juga terlalu jarang. Lakukan sewajarnya saja biasanya keramas yang benar dan baik adalah sehari selama 1 atau 2 kali saja. Jika memang rambut kalian memang tipe berminyak jangan gunakan sampo yang mengandung minyak.

 

#2. Rambut Kering

Berbanading terbalik dengan jenis rambut sebelumnya, jika seseorang memiliki rambut jenis ini maka pori pori nya justru tidak memproduksi minyak yang banyak sehingga rambut menjadi kering dan biasanya susah diatur. Untuk memilih sampo yang digunakan rambut jenis ini maka pilihlah sampo yang memiliki kandungan melembapkan.

Contohnya adalah argan, avokad, minyak kelapa, dan biji anggur. Jangan memilih sampo yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya karena sampo yang mengandung alkohol mampu membuat rambut anda semakin kering. Pilihlah sampo yang sifatnya melembutkan dan memgandung sedikit deterjen di dalamnya, karena deterjen ini memiliki fungsi untuk membersihkan rambut. Jika rambut anda kering sudah sukar diurus lagi pilihlah sampo yang mengandung kondisioner agar rambut tetap lembap.

 

#3. Rambut Tipis

Seseorang yang memiliki tipe jenis rambut ini, rambutnya sangat tipis dan tidak bervolume. Sampo yang cocok digunakan adalah sampo yang mengandung panthenol atau sampo yang berlabel volumizing, hal ini di karenakan kandungan tadi mampu membuat rambut sedikit lebih bervolume. Bisa juga dengan menggunakan sampo yang memiliki kandungan protein karena sampo yang memiliki kandungan protein mampu membuat rambut menjadi terlihat lebih tebal dan banyak.

Rambut tipis ketika menggunakan kondisioner disarankan hanya menggunakan di ujung rambutnya saja karena dampak dari kondisioner yaitu membuat rambut menjadi lemas dan tidak bervolume.

 

#4. Rambut yang Diwarnai

Jika kalian memiliki rambut yang sudah diwarnai dan ingin menjaga agar warnanya tetap awet dan tidak pudar, maka pilihlah sampo yang memiliki ph yang rendah dan tingkat keasaman yaitu antara 4,5 sampai 5,5 hal ini dikarenakan jika kalian memilih sampo yang memiliki kandungan seperti itu maka warna di rambut akan tetap terjaga.

Jika kadar sampo tidak dicantumkan maka kalian bisa membeli nya secara online dengan menggunakan keyword sampo ph level. Selain tingkat keasaman membeli sampo yang memiliki kandungan rumput laut juga diyakini mampu melindungi warna rambut anda supaya tetap awet.

Mungkin itu saja tips memilih sampo jika dilihat dari tipe jenis rambutnya, namun untuk secara universal atau umumnya pilihlah sampo yang tidak mengandung formaldehyde, cocamide diethanolamine ( cocamide DEA ), dan 1,4-dioxine atau mengandung kandungan ini namun masih dalam batas yang aman karena bahan ini jika penggunaannya terlalu berlebihan sangat berbahaya karena kandungan tadi merupakan kimia yang dapat memicu kanker.



Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *