Terlalu Lama Duduk di Kantor? Waspadai Resiko Diabetes

Berita medan – Terlalu Lama Duduk di Kantor? Waspadai Resiko Diabetes . Minimnya aktivitas fisik saat di kantor ternyata memiliki dampak yang tidak jauh berbeda dengan makan berlebih. Ketika kita duduk selama 5-8 jam sehari di depan komputer, maka beresiko mengalami masalah toleransi glukosa ( glucose intolerance) bersama dengan komplikasi diabetes.

terlalu lama duduk di kantor

image by: totalhealthofwesleychapel.com

 

dr Sumarjati Arjoso, SKM dari IAKMI ( Ikaran Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ) mengungkapkan jika terlalu lama duduk bisa memicu asupan gula berlebih yang sebenarnya tidak digunakan oleh tubuh.

Duduk bisa mengacaukan kadar gula darah. Duduk berjam-jam tanpa bergerak bisa mematikan otot-oto besar pada tubuh, terutama di bagian punggung dan kaki, yang menyebabkan terjadinya perubahan metabolik berbahaya.
Disaat anda duduk, batang otot dan kaki menjadi tidak aktif. Kondisi ini memicu penumpukan lemak dan gula yang sangat berbahaya di dalam darah.

Maka dari itu, dr Farid Kurniawan, SpPD dari UI-RSCM merekomendasikan seseorang agar mengurangi duduk dan memperbanyak aktivitasnya. Ia juga mengatakan jika risiko kematian orang yang terlalu lama duduk juga semakin besar, dibandingkan seseorang yang sedikit duduk.

Langkah efektif untuk memerangi epidemi diabetes yaitu dengan mengurangi jumlah duduk di kantor maupun rumah, demi menjaga kesehatan. Sangat disarankan supaya berdiri dari tempat duduk setiap 30 menit sekali.

Bagi pekerja kantoran, duduk selama berjam-jam sudah menjadi aktivitas harian yang tidak pernah bisa dilepaskan. Belum lagi ketika dirumah duduk santai bersama keluarga, sehingga jam duduk terus bertambah.

Jika kita tidak bisa mengatur jam duduk ini, maka kesehatan tubuh bisa menjadi ancamannya. Penyakit diabetes adalah salah satu ancaman bagi pekerja kantoran yang setiap harinya terlalu lama duduk.

Kemudian berjalanlah di sekitar lingkungan kantor supaya terhindari dari ancaman penyakit diabetes. Dengan membiasakan diri untuk berdiri setiap 30 menit sekali, kita tidak hanya bisa menghindari ancaman diabetes namun juga bisa merefreshing otak.

Ketika kita hanya duduk di depan komputer melihat setumpuk tugas yang harus diselesaikan, pastinya otak akan merasa stress dan terbebani. Oleh karena itu, refresh otak agar bisa menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan lancar dan maksimal. Itulah beberapa keterangan tentang waspadai resiko diabetes . Mencegah lebih baik daripada mengobati guys.

 

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *