Satoshi Nakamoto, Sang Penemu Bitcoin Misterius Terungkap?

Satoshi Nakamoto, Sang Penemu Bitcoin Misterius Terungkap?

Wikimedan – Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, dunia dihebohkan dengan keberadaan suatu sistem keuangan digital yang menggunakan teknologi Blockchain. Sebuah kecanggihan yang mampu menjamin tingkat kesulitan yang tinggi terhadap hacking dan serangan virus. Adalah Bitcoin, cryptocurrency pertama di dunia yang mengadopsi teknologi tersebut dimana ternyata masih menyimpan misteri hingga sekarang.

Apa misteri Bitcoin hingga menjadi pembicaraan yang tiada habisnya? Tak lain adalah sang penemu mata uang digital ini yang tidak diketahui rupa maupun keberadaannya. Padahal kita tahu sekarang ini pasar bitcoin semakin meluas hingga menjadi tren investasi digital. Berbagai teori pun muncul seperti tebak-menebak tentang siapa Satoshi ini. Sebelum itu, mari kita mengenal lebih jauh tentang Satoshi dan penemuan geniusnya.

Pioner Keuangan Digital

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 (kurang lebih) , Bitcoin langsung mendapat cemooh dan dipandang sebelah mata. Jalan yang dilalui mata uang digital tertua di dunia ini tak mulus di awal. Banyak pihak tidak menyetujui adanya revolusi dalam bidang keuangan ini. Namun tak dapat dipungkiri, animo masyarakat sudah terbentuk dilihat dari adanya berbagai prediksi masa depan bitcoin.

Bitcoin ini kemudian menginspirasi berbagai pihak untuk melakukan langkah serupa. Mengembangkan konsep digital dalam sistem keuangan maupun perbankan. Hingga muncullah banyak sekali mata uang digital baru dengan kegunaan dan harga yang bermacam-macam. Saat ini koin digital tertua ini harganya sudah melambung tinggi hingga ratusan juta rupiah.

Lalu orang pun bertanya-tanya, siapa orang atau pencipta dibalik bitcoin ini. Disebut-sebut dalam berbagai media internasional bahwa bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, yang kemudian mundur dari posisinya sebagai CEO bitcoin. Masih belum diketahui alasan kemunduran tersebut namun sebuah email yang disinyalir dikirim oleh Satoshi menyebutkan bahwa dirinya tengah sibuk menjalankan kegiatan baru.

Penemu yang Misterius

Pemrakarsa Bitcoin ini menjadi sorotan dunia karena yang pertama kali menerapkan teknologi blockchain kemudian melepas dan menyebarkan cryptocurrency untuk pertama kalinya. Darimana ia berasal, bagaimana rupa, dan di mana ia sekarang tidak ada orang yang tahu. Berbagai berita prediksi dan hoax pun meramaikan internet tentang siapa orang yang berjasa menciptakan perubahan dalam bidang keuangan ini.

Mengapa Satoshi bisa sampai begitunya dicari? Banyak orang menyangka Satoshi bukan perseorangan melainkan team. Namun tak sedikit yang mengatakan Satoshi adalah satu orang. Diperkirakan Satoshi lahir sekitar tahun 1974 hingga 1977. Beberapa ahli kriptografi disinyalir salah satunya merupakan orang di balik nama ini. Lalu muncullah seorang ahli programmer yang mengaku adalah Satoshi.

Adalah Craig Steven Wright, seorang ahli programmer asal Australia yang mengaku sebagai pemrakarsa koin digital pertama di dunia ini. Namun sayangnya belum ada bukti yang cukup kuat mengenai hal tersebut.

Sejumlah pengguna dark web pernah melakukan peretasan akun email milik Satoshi ini. Dalam peretasan akun email [email protected] dan juga [email protected], ditemukan sejumlah foto tokoh pencetus kode binari rumit itu namun hanya tampak belakang dan samping. Dan ditemukan fakta bahwa Satoshi Nakamoto adalah seorang berketurunan Asia. Sehingga pengakuan Steven pun tidak terbukti.

Percarian pun masih berlanjut. Satoshi sempat terdeteksi pernah mengunjungi Swiss, Rusia, dan bahkan Bali oleh badan intelijen sejumlah negara. Negara-negara ini ternyata memiliki urusan dengan Satoshi salah satunya berdasarkan temuan sebuah email yang belum terhapus dari akun emailnya.

Dalam email tersebut diketahui bahwa pendanaan riset bitcoin pertama kali oleh National Security Agency. Dalam prosesnya kemudian terciptalah bitcoin yang sebenarnya berasal dari anomali dari kode alogaritma. Hingga akhirnya diketahui sebagai suatu kelebihan yang dimiliki SMA-256 atau bitcoin.

Pada tahun 2008, nama Satoshi diumumkan di makalah penelitian. Di sana tertulis tujuan dan latar belakang tercipta dan tersebarnya bitcoin. Saat itulah namanya mulai tenar seketika. Namun ketenaran itu berbanding lurus dengan lenyapnya seorang bernama Satoshi ini pada tahun 2010. Padahal berbagai komunitas pengumpul uang digital banyak bermunculan hingga terciptakan cryptocurrency yang lain.

Beberapa Orang yang Diduga sebagai Satoshi Nakamoto

Setelah Craig Steven Wright yang mengaku sebagai pemilik sebutan Satoshi Nakamoto sebagai pencipta mata uang elektronik tertua di dunia, banyak sekai dugaan mengarah ke beberapa orang. Tak sedikit dugaan itu diberikan lantaran latar belakang maupun kesamaan nama. Namun banyak dari mereka yang terang-terangan menolak dugaan itu. Berikut ini beberapa nama yang diduga adalah Satoshi.

  1. Dorian Satoshi Nakamoto

Dorian memiliki nama belakang yang hampir sama dengan Satoshi Nakamoto. Karena hal tersebut, Dorian diduga sebagai pencipta Bitcoin. Namun secara terang-terangan Dorian menolak bahwa dirinya adalah Satoshi. Pasalnya Dorian adalah seorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap selama 10 tahun. Sedangkan Satoshi yang dimaksud adalah seorang berlatar belakang teknik dan pemrograman. Jadi dugaan ini tidak terbukti.

  1. Hal Finney

Siapa Hal Finney? Nama ini muncul dalam list karena ia adalah orang kedua setelah Satoshi yang menjalankan Bitcoin Node. Finney membantu pengembangan bitcoin dengan meneliti celah keamanan serta bug. Menariknya lagi, tempat tinggalnya berjarak beberap blok dengan Dorian bahkan memiliki tulisan yang sangat mirip dengan Satoshi.

Dalam tulisan yang diterbitkan di situs Forbes, Hal Finney merupakan orang yang melakukan transaksi bitcoin setelah Satoshi Nakamoto, tepatnya tahun 2009. Tepat seperti apa yang dituliskannya dalam forum di Bitcointalk. Tulisannya yang mirip menguatkan dugaan bahwa Finney dan Satoshi adalah orang yang sama.

  1. Michael Clear

Michael Clear adalah nama selanjutnya yang diduga merupakan pemrakarsa bitcoin. Ia berkebangsaan Irlandia yang bekerja di Irish Bank yang juga ahli dalam ilmu komputer. Dugaan mengarah kepadanya karena latar belakang pendidikan Clear dari jurusan Cryptography dari College of Trinity. Ia pun merancang perangkat lunak mengenai perdagangan mata uang, mirip dengan konsep P2P Bitcoin. Namun ia secara tegas menolak dugaan itu.

Selain ketiga nama di atas, masih banyak nama yang masuk kedalam list dugaan orang dibalik nama Satoshi. Tak lain adalah karena latar belakang hidup dan pendidikannya juga karya-karyanya dibidang pemrograman maupun ilmu komputer. Namun hingga kini belum ada kabar yang jelas mengenai siapa dan di mana Satoshi Nakamoto berada, pun, belum ada fakta yang kuat dalam setiap perkiraan dan dugaan.

Incoming search terms:

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

2 tanggapan untuk “Satoshi Nakamoto, Sang Penemu Bitcoin Misterius Terungkap?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *