Penyebab dan Cara Mengatasi Minyak Yang Berlebih pada Wajah


Kulit wajah merupakan kulit yang wajib dijaga oleh semua orang karena wajah merupakan bagian yang paling sensitif dan biasanya bagian yang pertama kali diperhatikan oleh seseorang ketika sedang bertemu. Oleh karena itu banyak yang berlomba – lomba untuk merawat wajah agar nampak bersih dan bercahaya.

cara mengatasi minyak berlebih pada wajah

Cara Mengatasi Minyak Yang Berlebih pada Wajah

Kulit sendiri memiliki jenis yang berbeda beda sehingga memiliki perawatan yang berbeda – beda pula. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai kulit berminyak dari penyebabnya hingga cara mengatasinya.
Seseorang yang memiliki tipe jenis kulit berminyak biasanya rawan terkena jerawat dan meproduksi minyak yang sangat banyak sehingga sangat rawan memiliki komedo juga. Berikut saya akan menjelaskan penyebab dan cara merawat kulit yang berminyak silahkan simak penjelasannya berikut dibawah ini ya.

 

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Minyak yang Berlebih pada Wajah

#1. Penyebab Kulit Berminyak

Penyebab pertama yang menjadi faktor kulit menjadi berminyak adalah karena stres yang dialami oleh banyak orang. Stres yang berkepanjangan sangat tidak baik bagi kesehatan dan tenyata bisa juga mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak. Perlu anda ketahui kondisi stres bisa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak karena stres sangat mempengaruhi respon diri kita terhadap tubuh kita.

 

Hal ini disebabkan oleh remaja yang sedang mengalami pubertas biasanya saat seseorang telah mengalami pubertas akan meningkat hormon yang ada didalam tubuhnya sehingga meningkatnya hormon bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak.

 

  • Makan Makanan Berlemak Secara Berlebihan

Makan makanan yang berlemak selain dapat berdampak buruk ke tubuh juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak. Maka dari itu kurangilah makan makanan yang berlemak apalagi jika dihindari itu lebih baik.

 

Perubahan cuaca memang bisa sangat berdampak bagi tubuh manusia. Jika biasanya kulit kalian biasa saja namun karena perubahan cuaca yang ekstrim bisa saja membuat tipe jenis kulit anda berubah. Sehingga sangat disarankan untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

 

Hormon itu diturunkan sehingga bersifat turun temurun. Jika ibu anda atau ayah memiliki kulit yang berminyak maupun memiliki wajah yang berjerawat dan anda pun seperti itu bisa jadi itu keturunan dari orang tua anda.
Itu tadi diatas merupakan contoh dari beberapa macam penyebab kulit yang berminyak. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah secara alami agar kulit tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Berikut adalah caranya siahkan simak baik – baik ya.

 

#2. Cara Mengatasi Wajah Yang Berminyak

1. Mencuci Muka Secara Rutin dan Teratur

Membersihkan wajah merupakan hal utama yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Karena kulit yang bersih akan terlihat bersih, sehat, dan debu atau kotoran yang menempel di pori – pori jika sudah dibersihkan tidak akan menimbulkan jerawat. Rajinlah membersihkan wajah 2 sampai 3 kali sehari agar kebersihan wajah tetap terjaga. Untuk memilih sabun muka, pilihlah yang cocok dan sesuai dengan anda karena sabun muka yang salah bisa menyebabkan kulit anda gatal, merah dan lain sebagainya. Disini sabun muka yang terbuat dari bahan herbal sangat di rekomendasikan.

 

2. Daun Seledri

Seledri sudah tidak asing lagi di telinga kita kan ? seledri biasa digunakan untuk tambahan bumbu masak oleh ibu rumah tangga dan juga sudah biasa terdapat di makanan makanan yang kita makan sehari – hari. Namun apakah kalian sudah tahu bahawa seledri mampu menghilangkan minyak di wajah ? caranya sangat mudah berikut saya akan menjelaskan caranya.

Pertama kalian siapkan seledri secukupnya kemudian iris seledri sampai halus jika sudah rendam lah dalam air panas sekitar 20 sampai 30 menit jika sudah air rendaman di oleskan ke wajah sampai meresap dan mengering kurang lebih sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.
Lakukanlah cara diatas selama 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga lakukan secara rutin supaya wajah berminyak dapat diatasi dan kulit selalu terawat.

 

3. Menggunakan Masker Putih Telur

Putih telur merupakan bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan minyak di wajah berikutnya. Putih telur merupakan bahan alami sehingga sangat jelas bahwa putih telur itu aman dan tidak berbahaya. Selain bisa menghilangkan minyak di wajah putih telur juga bisa mengangkat komedo yang membandel di wajah. Cara pemakainnya pun sangat mudah berikut adalah caranya.

Siapkan telur yang ingin dijadikan masker wajah setelah itu pisahkan kuning telur dan putih telur lalu kocoklah putih telur sampai berbusa kemudian oleskan ke wajah sebagai masker diamkan sampai benar – benar meresap ke kulit kira kira sekitar 20 sampai 35 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika proses menggunakan masker sudah selesai maka langsung saja bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukanlah secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

4. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis diyakini memiliki kandungan yang mampu mengurangi kulit wajah yang berminyak tidak hanya itu ada mitos juga yang menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Cara penggunannya juga sangat mudah dan tidak ribet.

Cara memakainnya adalah siapkan satu buah jeruk nipis kemudian iris dan peraslah jeruk nipis buang airnya karena masker jeruk nipis hanya digunakan kulitnya saja. Jika sudah diperas maka oleskan kulit jeruk nipis tadi ke kulit wajah dengan memberikan pijatan yang lembut di kulit wajah diamkan sampai benar benar meresap ke kulit kira kira sekitar 25 – 30 menit. Lakukan cara ini selama 3 kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering dan juga jangan terlalu jarang.

 

5. Menggunakan Masker Apel

Apel adalah buah yang sudah sering orang konsumsi sebagai pencuci mulut atau hanya sekedar rutinitas saja. Tapi tahukah kamu kalo apel itu bisa juga untuk mengurangi bahkan menghilangkan minyak yang ada di wajah. Caranya juga sangat mudah tidak seribet yang dibayangkan. Berikut adalah caranya simak baik baik ya.

Pertama siapkan buah apel satu buah saja cukup kemudian sediakan juga madu sebanyak 4 sampai 5 sendok jika sudah campur rata. Ketika semua bahan sudah tercampur langsung saja oleskan ke wajah yang berminyak setelah itu diamkan selama 25 atau 30 menit kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Masker apel berguna untuk mengurangi minyak berlebih di wajah dan juga mampu mengurangi resiko adanya jerawat yang timbul di wajah.

Demikian artikel mengenai Cara Mengurang dan Memgatasi Kulit Wajah Yang Berminyak semoga bermanfaat dan semoga membantu jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah ya. Selamat mencoba !



Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *