Pemasangan Kabel Bawah Laut Resmi Dimulai

Wikimedan.com . Pemasangan Kabel Bawah Laut  Resmi Dimulai . Kabel komunikasi bawah laut adalah kabel yang diletakkan di bawah laut untuk menghubungkan telekomunikasi antar negara-negara.

Komunikasi kabel bawah laut pertama membawa data telegrafi . Generasi berikutnya membawa komunikasi telepon , dan kemudian data komunikasi. Seluruh kabel modern menggunakan teknologi optik fiber  untuuk membawa data digital, yang kemudian juga untuk membawa data telepon, internet, dan juga data pribadi.

Operator telekomunikasi di Indonesia pada era 1990-an sudah menggunakan kabel laut untuk menghubungkan pulau-pulau di Nusantara. Penggunaan kabel laut serat optik memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan Digital Micro wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Penggelaran kabel laut dilakukan oleh kapal kabel (Cableship) yang dirancang khusus untuk menggelar kabel laut, Cableship memiliki keistimewaan, karena tidak dapat menggelar pada lokasi air dangkal, sehingga untuk area air dangkal (Shore End) biasanya menggunakan Barge Cable, yang mampu sampai pada ke dalam air 1 meter.

Pemasangan kabel serat optik bawah laut dalam proyek Palapa Ring Barat telah resmi dimulai. Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap pengerjaan.

Tahap pertama, total panjang kabel serta optik bawah laut yang digelar adalah sekitar 1.242 km. Kabel ini bakal meliputi segmen Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

Selanjutnya tahap kedua adalah pembangunan kabel serat optik bawah laut dari Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak serta segmen Daik Lingga – Kuala Tungkal.

“Dari pembangunan Palapa Ring Barat ada sisi darat dan sisi lautnya, saya diberitahu kalau sisi darat sepenuhnya telah selesai. Sekarang betul-betul kabel optik nya yang digelar di sisi laut, kabel optik di tarik  digelar di bawah laut sampai ke landing stasiun tujuan,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika .

Pemasangan kabel serat optik bawah laut tahap pertama dilakukan menggunakan kapal Limin Venture, berjenis vessel, yang memakai bendera Indonesia.

Tahap pertama itu ditargetkan selesai pada akhir Desember 2017 mendatang. Sedangkan pemasangan kabel serta optik bawah laut tahap kedua rencananya dilaksanakan pada awal September dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017.

Proyek Palapa Ring Barat telah mencapai financial close sejak sekitar setahun lalu. PT Palapa Ring Barat yang merupakan Badan Usaha Pelaksana diberi waktu 18 bulan untuk menyelesaikan seluruh pembangunan serta mulai beroperasi. Namun ada kemungkinan Palapa Ring Barat bakal lebih cepat memulai operasinya.

“Untuk Palapa Ring Barat secara kontrak seharusnya selesai pada bulan Februari 2018, tadi saya bicara dengan Pelaksana Palapa Ring Barat yang akan didorong untuk selesai di akhir 2017, Insya Allah bisa,” terang Rudiantara.

Palapa Ring merupakan program yang menghubungkan seluruh ibu kota kabupatan/kota dengan kabel optik  terutama untuk daerah yang saat ini belum dijamah dengan Internet berkecepatan tinggi. Semua harus selesai di tahun 2019.

Untuk pembangunan Proyek Palapa Ring Paket Barat terdapat beberapa tahapan (milestone) dalam pelaksanaannya, mulai dari proses akuisisi lahan, pekerjaan civil, mechanical dan electrical Network Operation Center (NOC) dan Beach Man Hole (BMH), penggelaran kabel serat optik darat, penggelaran kabel serat optik laut, instalasi perangkat aktif, dan Network Management System.

Pembangunan di sisi darat seluruhnya sudah selesai, sehingga sekarang dimulai pemasangan kabel serat optik bawah laut.

Pemasangan Kabel Bawah Laut Pemasangan Kabel Bawah Laut Resmi Dimulai Resmi Dimulai


Info Lainnya
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar