Munculnya Gambar Taman Nasional Bunaken Di Google Doogle

Wikimedan – Munculnya Gambar Taman Nasional Bunaken Di Google Doogle . Seperti biasa, Google selalu memperingati hari-hari penting dengan grafis yang dikenal dengan Google Doodle di halaman mukanya.

Selasa (14/8/2018) bertepatan dengan Hari Pramuka Indonesia ke-57, ternyata bukan menjadi hari istimewa untuk Google. Nyatanya Google mempersembahkan Google Doodle hari ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Taman Nasional Bunaken. Taman Nasional Bunaken terletak di Kecamatan Bunaken Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Mengutip laman Wikipedia, Taman Nasional Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, yang merupakan habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil, mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang, dan ekosistem pantai.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau, Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini kepada UNESCO untuk dimasukan kedalam Situs Warisan Dunia. Meskipun memiliki status taman nasional dan mendapat pendanaan yang cukup, taman ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah.

World Wildlife Fund (WWF) memberikan bantuan konservasi sebagai bagian dari “Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan”. Konservasi meliputi patroli, yang berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan.

Pariwisata di wilayah ini terus dikembangkan. Antara tahun 2003 hingga 2006, jumlah pengunjung di Taman Nasional Bunaken mencapai 32.000 hingga 39.000 jiwa, dengan 8-10.000 di antaranya merupakan turis asing.

Dikutip Tribunkaltim.co dari Tribunmanado.co.id, tarif wisata di Taman Nasional Bunaken ternyata tak semahal yang dibayangkan. Menurut kepala Resort Bunaken BTN Manado Fransiscus Frederik Mata ketika dihubungi TribunManado.co.id, Minggu (8/4/2018) tarif masuk untuk masyarakat lokal hanya Rp 5.000 saja.

“Kalau lokal hanya Rp 5 ribu, tapi kalo turis asing harganya Rp 150 ribu,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa kedatangan turis asing kian bertambah seiring dengan dibukanya jalur penerbangan langsung dari China.

“Kalo sekarang paling banyak memang dari China, mungkin karena jalur penerbangannya sudah dibuka langsung,” ucapnya.

Yang ingin melakukan snorkling, warga sekitar sudah menyiapkannya. “Untuk alat-alat snorkling satu jamnya Rp 150 ribu, nanti akan dipandu oleh masyarakat juga,” kata dia.

Guna mencegah berbagai pelanggaran, Balai Taman Nasional (BTN) Bunaken pun kian melakukan patroli. “Jadi kami cek langsung siapa saja yang belum bayar karcis, nanti akan diarahkan untuk bayar ke loket,” tandasnya.

Nah, sudah pernah ke Taman Nasional Bunaken?

Seperti ini sekilas keindahan laut, pantai, satwa dan terumbu karang di Taman Nasional Bunaken.

instagram.com/tamannasionalbunaken
instagram.com/tamannasionalbunaken
instagram.com/tamannasionalbunaken
instagram.com/tamannasionalbunaken

 

 

Simak juga video keindahan Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara , Indonesia.

 


Info Lainnya
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar