Kelebihan dan Kekurangan 5 Platform Bitcoin Exchange

Untuk melakukan suatu transaksi, tentunya kita membutuhkan alat dan tempat juga pelaku transaksi. Sama halnya seperti pasar di dunia nyata, jika kita ingin membeli sayur maka kita membutuhkan alat berupa uang, tempat membelinya, dan orang yang menjual sayur tersebut. Hal ini berlaku di bitcoin exchange yang berfungsi sebagai wadah bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan ini.

Apa itu Bitcoin Exchange ?

Bitcoin exchange atau juga disebut dengan bursa bitcoin merupakan suatu platform yang dibuat agar pengguna dapat melakukan transaksi menggunakan koin digital (cryptocurrency) atau pertukaran mata uang flat ke mata uang digital juga sebaliknya. Sederhananya, platform untuk exchange ini berfungsi sebagai ‘pasar’. Seseorang bisa melakukan proses jual-beli atau tukar-menukar koin yang tersedia di platform tersebut.

Di dalam bitcoin exchange terdapat banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam aktivitas market cryptocurrency. Terdapat informasi berupa beberapa cryptocurrency mengenai volume transaksi dalam 24 jam, harga terendah dan tertinggi dalam 24 jam, list penawaran berupa penjualan dan pembelian, grafik cryptocurrency, harga masing-masing koin (biasanya dalam dollar, rupiah, atau BTC), dan chat room.

Aktivitas yang dilakukan para pengguna ini sangat beragam. Selain itu juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan exchange di platform tersebut agar terus mendapatkan profit. Beberapa di antaranya yaitu teknik yang dilakukan apabila pasar sangat kondusif atau ketika sangat negatif. Pasar juga terkadang mengalami stagnansi hingga perkiraan harga pasar juga wajib dikuasai.

Pemilihan platform bitcoin exchange juga perlu diperhatikan. Karena masing-masing platform ini pasti mempunyai keunggulan dan kekurangan. Hal ini penting untuk diketahui siapa saja, tak peduli ia pemula atau sudah memiliki pengalaman. Karena platform terus berkembang, oleh karena itu informasi ini bisa digunakan untuk perkiraan jangka panjang maupun jangka pendek.

5 Platform Bitcoin Exchange berserta Kekurangan dan Kelebihannya

Begitu banyak platform bitcoin exchange hadir di Indonesia. Sebagian merupakan pendatang baru, sebagian lagi sudah mempunyai nama. Tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing platform memberikan sesuatu yang berbeda, baik dari segi kemudahan, keamanan, maupun fitur. Keunggulan dan kelemahan beberapa platform ini bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum memulai exchange.

  1. Indodax.com ( dahulu bernama vip.bitcoin.co.id )

Platform yang pertama adalah bitcoin.co.id, di dalamnya terdapat vip untuk pengguna yang ingin melakukan investasi maupun jual beli cryptocurrency. Di awal pendafataran anda diharuskan menngirimkan bukti persetujuan dan secara sadar memilih melakukan trading di platform ini berserta konsekuensinya. Bukti tersebut berupa foto pribadi dan surat yang ditulis tangan dan ditandatangani.

Keuntungan menggunakan Indodax.com ini adalah mereka memberikan layanan berupa kemudahan proses pembayaran. Banyak sekali pilihan pembayaran yang bisa dilakukan, pengguna bisa membayar melalui jaringan Alfa, transfer bank, Doku, Veritrans, maupun EasyPay selama 24 jam penuh. Proses pendepositan saldo pun sangat cepat.

Namun anda perlu mengetahui kekurangannya yaitu rendahnya kerahasiaan karena platform ini membutuhkan data pribadi anda. Selaun itu penggunaannya juga tidak mudah, anda perlu belajar terlebih dahulu untuk menguasainya terutama sebelum melakukan trading bagi pengguna baru.

  1. Coinmama

Patform satu ini menerima pembayaran bitcoin menggunakan kartu kredit atau kartu debit dengan biaya admin sebesar 6% dalam setiap pembayaran. Jika pengguna membeli bitcoin di bawah $150, pengguna tidak dimintai identitas sehingga coinmama dipilih karena pembelian rendah berjalan sangat cepat sekaligus mudah.

Keutungan lain dari Coinmama adalah penggunaannya dapat dilakukan hampir di semua negara, termasuk Indonesia, memiliki batasan yang tinggi dalam pembelian bitcoin menggunakan kartu kredit, fee yang akan diterima pun lebih besar, dan juga mudah digunakan. Namuan Coinmama rendah tingkat privacy-nya,

  1. Localbitcoins

Platform untuk melakukan exchange selanjutnya adalah localbitcoins. Platform ini memberikan layanan escrow sehingga memungkinkan pembeli terhubung ke penjual bitcoin dengan cocok. Metode pembayaran dari pembelian yang sudah dilakukan adalah berupa setoran tunai atau deposit. Pengguna juga dapat melakuan pengiklanan untuk perdagangan mereka sesuai dengan metode pembayaran yang mereka sukai.

Keunggulan Localbitcoins adalah tingkat keamanan yang tinggi, cepat, dan memiliki reputasi yang terpercaya. selain itu tidak diperlukan informasi personal pengguna. Namun anda tetap harus berhati-hati terhadap adanya scam. Kekurangan platform ini adalah tingkat kemudahannya sangat rendah dan harga koin yang lebih mahal daripada exchange lain.

  1. Luno

Luno, merupakan platform baru di Indonesia. Luno menawarkan kemudahan mendapatkan fee untuk para trader di Indonesia. Maker akan mendapatkan keuntungan sebesar 0,2% sedangkan taker mendapat potongan sebesar 0,2%. Luno merupakan salah satu bitcoin exchange yang terpercaya di Asia dengan biaya deposit yang gratis dan potongan untuk penarikan yang rendah.

Selain terpercaya dengan fee yang tinggi, Luno sangat mudah digunakan dan reputasi yang bagus. Kecepatan proses juga bisa dibilang cepat. Namun tingkat privasi rendah oleh karena itu beberapa orang tidak menggunakan wallet di Luno, hanya menggunakannya sebagai exchange. Pilihan depositnya punya juga terbatas dan hanya melalui transfer antar dari bank, tidak melayani kartu kredit maupun debit.

  1. Mycelium Local Trader

Selanjutnya terdapat Mycelium Local Trader yang termasuk platform populer di dunia. Dengan menggunakan bitcoin exchange yang satu ini pengguna akan lebih mudah menemukan penjual bitcoin lokal di sekitar mereka. Pengguna dapat saling bertemu untuk melakukan transaksi dan trading. Potongan di Mycelium untuk setiap pembayaran bisa dikatakan hampir tidak ada.

Keruntungan menggunakan Mycelium Local Trade ini adalah kemudahan yang ditawarkannya sangat baik dan sangat murah bahkan untuk membeli bitcoin dengan uang cash. Kerahasiaan pengguna sangat terjada karena tidak membutuhkan informasi privasi sehingga proses sangat cepat. Namun Mycelium tidak efektif digunakan oleh pengguna yang berasal dari daerah yang populasinya tidak tinggi karena akan kesulitan mencari penjual/pembeli lokal.

  1. Changelly

Di Changelly pengguna bisa membeli berbagai koin digital seperti LiteCoin, Dogecoin, Ethereum, Ripple, dan lain sebagainya. Pertukaran dilakukan dengan sangat cepat di semua negara karena Changelly tidak terlalu mengontrol token anda, namun hanya menukarkannya. Oleh karena itu Changelly dipilih karena proses yang cepat. Namun membutuhan altcoin atau cryptocurrency lain untuk digunakan.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *